Lifestyle

10 Tempat Paling Berkuman yang Kamu Sentuh Setiap Hari

  by: Kezia Calesta       24/3/2020
  • Germs are everywhere. Bakteri, virus, dan kuman-kuman lainnya berada di sekitar kamu, mulai dari dalam rumah, kantor, hingga dalam mobil. Untungnya, 99% tidak berbahaya… namun sisanya dapat mengakibatkan iritasi ringan hingga penyakit mematikan. Di tengah pandemi virus corona ini, kamu perlu mencuci tangan dengan benar dan menghindari kebiasaan menyentuh wajah saat beraktivitas, karena secara tidak sadar kamu menyentuh area berkuman setiap hari.

    Biasanya, orang berasumsi bahwa area paling kotor adalah tempat sampah, gagang pintu, tempat olahraga umum, dan kloset duduk dalam toilet. Namun ternyata, ada berbagai area lainnya yang merupakan hot spot untuk kuman. Berikut 10 tempat paling berkuman yang kamu sentuh setiap hari dan solusi yang bisa kamu terapkan.




    1. Keran air

    Yup, untuk mencuci tangan, semua orang harus menyalakan dan mematikan keran air menggunakan tangan. Maka dari itu, jika ingin mematikan air setelah mencuci tangan, gunakan tisu bersih untuk menutup keran agar kamu tidak mencemarkan tanganmu dengan bakteri lagi. (Jika bisa, gunakan keran motion sensor yang tidak perlu disentuh.)

    Selain itu, bagian mulut di ujung keran juga merupakan tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri. Karena air keran tidak steril dan terus keluar lewat ujung keran tersebut, bakteri dapat berkembang biak… khususnya jika mulut keran seringkali terkena sentuhan tangan yang belum bersih dari kuman. Maka dari itu, bersihkan bagian mulut keran menggunakan bleach atau cairan antiseptik setiap minggu untuk meminimalisir pertumbuhan kuman. Last but not least, sebisa mungkin jangan sentuh pegangan pintu toilet… karena menurut riset oleh Centers for Disease Control (CDC), hanya 65% wanita mencuci tangan setelah membuang air kecil. Ew!


    2. Gagang troli supermarket

    Pikir dua kali sebelum menempatkan seorang anak di kursi troli. Gagang troli supermarket dapat menyimpan sekitar 11 juta bakteri, termasuk bakteri yang berasal dari daging mentah atau virus influenza. Bawalah tisu antiseptik dalam tas sehari-hari agar kamu bisa membersihkan area gagang, termasuk area top seat dalam troli jika kamu akan menempatkan makanan di atasnya.


    3. Menu makanan restoran

    Tak disangka, menu restoran bisa menyimpan kuman 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kloset duduk dalam toilet, karena kloset seringkali dibersihkan sebelum digunakan… namun menu restoran dapat berpindah tangan ratusan kali sebelum kamu menyentuhnya. Lindungi dirimu dengan mencuci tangan setelah membaca menu, bukan sebelumnya.


    4. Smartphone

    Salah satu hal yang paling sering kamu pegang setiap hari adalah… yes, smartphone kamu! Meskipun sudah sering cuci tangan, percuma saja bila kamu langsung menyentuh smartphone yang tidak pernah dibersihkan. Jika bisa, bersihkan HP kamu setiap malam sebelum tidur dengan tisu basah antiseptik atau tisu yang disemprot dengan alcohol sanitizer.


    5. Kolam renang umum

    Sering membawa anak atau keponakanmu ke kolam renang umum? Sebaiknya hindari aktivitas ini, khususnya di musim virus. Riset oleh CDC mengungkap bahwa 70% kolang renang umum, 66% taman bermain air alias water park, dan 49% kolam renang dalam klab privat sudah terkontaminasi oleh bakter E. coli yang biasanya ditemukan dalam tinja (tidak, klorin tidak selalu membasmi bakteri secara efektif). Kolam yang sering dikunjungi oleh anak-anak biasanya mengandung lebih banyak kuman, karena tidak semua memiliki kebiasaan yang bersih. Selain itu, popok yang dirancang untuk kegiatan renang tidak dapat selalu menampung kotoran dengan rapat, maka urin dan tinja dapat bocor ke dalam air kolam. No thanks.





    6. Tombol lift

    You should know this by now. Tombol-tombol dalam lift kantor atau mal dipencet oleh ratusan hingga ribuan tangan yang tidak bersih setiap hari, maka gunakan siku lenganmu untuk memencetnya atau ujung pulpen. Jika tidak bisa, ingat untuk menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebelum dan sesudah menggunakan lift.


    7. Remote TV dalam hotel

    Yes, lantai kamar hotel sering dibersihkan, dan seprai bantal dan kasur memang selalu diganti setelah digunakan… namun bagaimana dengan remote TV? It’s either not much, or never. Maka dari itu, gunakan tisu antiseptik sebelum menggunakannya, atau masukkan ke dalam kantong plastik yang bersih. Jika ingin lebih aman, bersihkan juga tombol lampu, mesin kopi, telepon, pengering rambut, hingga keran air dalam toilet.


    8. Keyboard komputer

    Jika kamu bekerja menggunakan komputer setiap hari, keyboard dan mouse adalah alat-alat yang sangat kotor… karena bakteri yang singgah di tangan, kuku, dan kulitmu akan berpindah ke keyboard setiap hari. Selain itu, memakan diatas komputer juga dapat mengakibatkan kontaminasi.


    9. Mesin ATM

    Satu lembar uang kertas dapat menyimpan sekitar 3000 macam bakteri, termasuk virus flu yang bisa menempel hingga 17 hari. OMG. Selain itu, tombol angka di ATM juga merupakan area yang disentuh oleh banyak tangan-tangan kotor, maka ingat untuk menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh uang dan meninggalkan ATM.


    10. Dashboard mobil

    Selain setir mobil dan bekas tumpahan makanan, dashboard mobil juga tempat umum untuk pertumbuhan bakteri dan jamur, khususnya karena area tersebut selalu hangat dari sinar matahari. So, ingat untuk membersihkan bagian dalam mobil menggunakan tisu antiseptik, khususnya pada musim pancaroba.


    Ingin meningkatkan sistem imun? Berikut 6 makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari di virus corona.


    (Image: doc. Freepik.com)