Love & Sex

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Mengecek Ponsel Pasangan

  by: Alexander Kusumapradja       26/3/2020
  • Cosmo Babes, kalau boleh jujur rasanya semua orang pasti pernah punya keinginan untuk mengintip ponsel milik pasangan, entah karena murni penasaran maupun didasari oleh rasa curiga dan cemburu. Dorongan tersebut walaupun adalah hal yang manusiawi, namun tentu tidak disarankan. Kenapa? Selain karena masalah privacy Si Dia, berikut adalah lima alasan kenapa kamu sebaiknya menahan diri untuk tidak mengintip ponsel pasanganmu:

    via GIPHY



    1. Kamu Mengkhianati Rasa Percaya Si Dia

    Bila pasangan bisa dengan mudah meninggalkan ponsel mereka di dekatmu, itu artinya mereka menaruh rasa percaya pada dirimu. Hal itu menunjukkan gestur rasa percaya dan respek atas hubungan kalian, jadi alangkah baiknya bila kamu membalas kepercayaan tersebut dengan tidak usil mengecek ponselnya, terutama kotak pesan, chat, dan emailnya meskipun kamu mengetahui password miliknya. Bila kamu diam-diam mengecek ponsel mereka, itu artinya kamu mengkhianati rasa percaya dan respek yang mereka berikan.


    2. Dapat Merusak Hubungan Kalian

    Dengan mengkhianati rasa percaya yang ada di antara kamu dan pasangan, itu berarti hubungan kalian bukannya maju tapi malah mundur. Tak jadi soal apakah kamu akhirnya benar-benar menemukan hal mencurigakan dalam ponselnya, tapi bila kamu menyimpan rasa curiga pada pasangan hingga berniat mengecek ponselnya, hal ini berarti kamu belum siap melangkah ke arah selanjutnya dengan Si Dia. Perasaan insecure dan meragukan komitmen pasangan adalah pertanda bahwa hubungan kalian masih goyah. Dengan melakukan hal ini, hubungan kalian bukannya membaik namun berpotensi besar justru akan memburuk.

    via GIPHY

    3. Konsekuensi yang Bisa Berujung Konflik

    Bila kamu memutuskan untuk mengintip ponsel pasangan, kamu harus siap untuk menghadapi konsekuensi yang mungkin tidak terduga. Misalnya, pasangan mengetahui tindakanmu dan tak hanya hal ini berbuah situasi yang awkward tapi juga berpotensi menimbulkan konflik. Tak ada orang yang suka bila orang lain diam-diam mengintip benda pribadi mereka, sekalipun pasangan sendiri. Bila pasangan menangkap basah tindakanmu ini, bukan tak mungkin hal ini menjadi drama yang berujung perpisahan.


    4. Kamu Menemukan Hal-hal yang Sangat Pribadi Baginya

    Alih-alih menemukan pesan mencurigakan yang membuktikan rasa cemburumu, kamu mungkin malah menemukan hal-hal pribadi yang pasanganmu belum atau tidak siap membagikannya ke orang lain, termasuk dirimu. Dari mulai foto –foto memalukan yang ia tak ingin dilihat orang lain hingga pesan-pesan pribadi yang berhubungan dengan keluarga atau teman-temannya. Seberapa pun intimnya hubungan sebuah pasangan, semua orang berhak memiliki sisi pribadi yang ingin mereka simpan dari orang lain.



    via GIPHY

    5. Kamu Tak Ingin Berada di Posisi Itu

    Sebelum memutuskan mencuri kesempatan untuk diam-diam mengintip ponsel pasangan, coba bayangkan bila dirimu yang berada di posisi tersebut. Apakah kamu tak akan keberatan atau marah bila pasangan diam-diam mengintip ponselmu? Bila jawabannya iya, maka jangan lakukan hal itu. Treat others as you would like to be treated, babes.

    Dibanding diam-diam mengintip ponsel pasangan saat mereka tidak ada, kenapa kamu tak berusaha jujur saja tentang hal-hal yang membuatmu risau dan kecurigaan yang mungkin menumpuk di benakmu? Bila kamu merasa pasangan menyembunyikan sesuatu, tanyakan langsung pada dirinya. Pendekatan yang jujur dan terbuka ini jauh lebih sehat dibanding mengendap diam-diam mencari tahu hal-hal privat saat mereka tidak ada.  

    Bila kamu masih dihantui penasaran dan curiga untuk mengecek ponsel pasangan, mungkin sebaiknya kamu memikirkan ulang posisi hubungan kalian saat ini. Tindakan ini adalah puncak gunung es dari masalah yang lebih besar dalam hubungan kalian. Dan percaya deh, tak ada hal positif yang akan kalian dapat dari tindakan ini.


    (Alex.K/Image: Gilles Lambert on Unsplash )