Better You

12 Bahan Makanan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Paru-paru

  by: Alexander Kusumapradja       27/3/2020
  • Seperti yang mungkin kita semua sudah tahu, virus Corona alias COVID-19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan kita, khususnya paru-paru. Karena itu, selain tindakan preventif menghindari kontak dengan orang lain agar tak tertular alias karantina diri sendiri, hal yang bisa kita lakukan adalah mulai menjaga kesehatan paru-paru kita dengan lebih serius.

    Untuk menjaga kesehatan paru-paru tetap prima, yang harus kita perhatikan adalah berolahraga secara rutin, menjauhi rokok, dan menjalani diet yang sehat. Apa yang kita konsumsi mungkin tak memengaruhi paru-paru kita secara langsung, namun ada beberapa nutrisi yang berguna menjaga saluran pernapasan lebih optimal dan menjaga kesehatan paru-paru.

    Bukan rahasia lagi bila diet yang seimbang akan menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Mengonsumsi nutrisi yang tepat mampu membuat sistem pernapasan kita lebih bagus dan mengurangi gejala asma.



    Menurut American Lung Association, bagi beberapa penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), memiliki pola makan yang rendah karbohidrat dapat membantu mereka bernapas lebih baik sementara pola makan kaya lemak seperti lemak pada daging olahan dihubungkan dengan risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi. Di sisi lain, mengonsumsi buah-buahan dapat menurunkan risiko tersebut.

    Pola makanan yang sehat dengan bahan makanan yang diolah sealami mungkin menjadi kunci untuk mendapatkan asupan enzim, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berguna untuk tubuh kita. Berikut adalah 12 bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru kita:

    via GIPHY

    1. Air putih

    Walaupun terlihat sederhana, namun air putih memang punya peranan penting bagi kesehatan tubuh kita. Air minum yang jernih menjaga darah tetap mengalir lancar dari dan ke paru-paru, menghidrasi, dan mencegah penumpukan lendir. Karena sebagian besar tubuh kita adalah air, ketika kita mengalami dehidrasi, tubuh kita akan merasakan efek negatif. Asupan air minum yang cukup membantu mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, menjaga temperatur, dan menghilangkan kotoran seperti toksin, mikroba, dan polutan dari tubuh.


    2. Bawang-bawangan

    Bahan makanan beraroma kuat ini bagus untuk jantung dan juga paru-paru. Mereka mampu meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, dan melawan infeksi. Sebuah riset yang dirilis di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa perokok yang mengonsumsi bawang putih mentah memiliki risiko kanker paru yang lebih rendah 40% dibanding yang tidak. Namun, jelas kamu harus menghindari rokok sama sekali kalau ingin punya paru-paru yang sehat.


    3. Jahe

    Rempah-rempah ini memiliki khasiat anti peradangan dan mampu membersihkan polutan dari paru-paru. Selain itu, jahe juga dapat menghilangkan penghambatan saluran napas dan itu sebabnya mengonsumsi minuman jahe atau permen jahe dapat membuat napas kita lebih lega seketika.

    via GIPHY

    4. Sayuran Cruciferous

    Sayuran cruciferous merujuk pada sayuran dari genus Brassica seperti kubis, kembang kol, brokoli, selada air, kale, dan sejenisnya. Mereka semua dipercaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular karena mengandung banyak serat, vitamin C, E, dan K. Sayur-sayuran hijau ini juga kaya akan klorofil yang membantu membersihkan darah dan mengandung antioksidan yang dapat mengurangi dan menghambat risiko kanker paru-paru. So, don’t forget to eat those green veggies, ladies!


    5. Cabai

    Cabai kaya akan capsaicin, zat aktif yang menjadi sumber dari rasa pedas dan panas saat kita makan cabai. Namun, capsaicin ini juga punya khasiat sebagai antinyeri yang mampu memperlancar aliran darah. Menstimulasi membrane mucus, dan melawan infeksi dalam tubuh.


    6. Buah Pomegranate

    Buah pomegranate alias delima memiliki kandungan antioksidan tinggi yang termasuk asam ellagic, sebuah senyawa antioksidan kini banyak diteliti dan diyakini mampu memerangi berbagai kanker, mulai dari kanker payudara, kulit, kandung kemih, hingga paru-paru. Meminum jus pome secara rutin dipercaya mampu memperlambat pertumbuhan tumor paru-paru.



    via GIPHY

    7. Apel

    Flavonoid, vitamin E, dan vitamin C dalam buah apel mampu menjaga kesehatan paru-paru tetap optimal. Buah ini juga kaya antioksidan yang membantu paru-paru tetap sehat.


    8. Kunyit

    Rempah-rempah ini memiliki khasiat yang mirip dengan jahe dan juga mengandung kurkumin, sebuah zat bersifat antitumor dan antioksidan yang mampu mendorong sel kanker mati dengan sendirinya, meredakan peradangan dan sesak dada yang berkaitan dengan asma.

    Sebuah riset yang melibatkan 77 partisipan dengan penyakit asma medium yang mengonsumsi kapsul kurkumin selama 30 hari mengungkap suplemen tersebut mampu membersihkan saluran pernapasan dan menjadi perawatan pelengkap untuk penderita asma.


    9. Anggur

    Naringin, sebuah flavonoid yang ditemukan pada anggur dipercaya dapat menghambat enzim penyebab kanker. Buah anggur juga direkomendasikan untuk membersihkan paru-paru bagi mereka yang memutuskan berhenti merokok. Buah ini terdiri dari 92% air sehingga ideal untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi.

    via GIPHY

    10. Wortel

    Kaya akan vitamin C, vitamin C, serta likopen sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit paru-paru, peneliti menemukan bahwa meminum jus wortel dapat mengurangi risiko kerusakan yang mengarah pada kanker paru-paru bagi para perokok.


    11. Jeruk

    Jeruk kaya akan vitamin C dan vitamin B6 yang membantu paru-paru mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh selain tentu saja melawan infeksi dan peradangan. Riset yang dipublikasikan di Allergy, Asthma & Clinical Immunology menemukan bahwa vitamin C punya peranan penting dalam mengurangi risiko asma akibat olahraga sebesar 52%. Terkadang bila kita berolahraga terlalu keras dan dalam kondisi yang tak ideal kita bisa mengalami serangan asma akibat penyempitan saluran udara di paru-paru.


    12. Labu

    Labu juga termasuk bahan makanan yang kaya akan beta karoten dan vitamin C seperti wortel. Selain itu, labu juga mengandung banyak serat, potassium, dan antioksidan yang membantu melawan kanker, khususnya kanker prostat dan kanker paru-paru.


    (Alex.K/Image: Brooke Lark on Unsplash)