Better You

How To: Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Secara Alami

  by: Kissy Aprilia       26/3/2020
  • Sementara masih belum ditemukan penangkal virus COVID-19, cara terbaik untuk melindungi diri adalah dengan meningkatkan sistem imun, menjaga kebersihan diri, dan menghindari kontak fisik dengan orang lain. Selain itu, kamu dapat mencoba keenam hal berikut ini untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan terhindar dari virus COVID-19. Keep reading.


    Perhatikan Pola Diet

    Kamu tetap dapat menjalankan pola diet, dengan catatan harus memerhatikan penjelasan ini. Berdasarkan penelitian klinis, fungsi sitem imun yang sehat akan berada dalam kualitas terbaiknya setelah diberi kombinasi asupan vitamin dan mineral secara teratur. Jadi selain mengonsumsi suplemen vitamin C, berikan tubuhmu makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan asam folat ke dalam pola dietmu. 




    Tingkatkan Probiotik

    Menurut studi dalam European Journal of Nutrition, sejumlah kandungan probiotik dapat membantu meningkatkan fungsi imun tubuh dan mengurangi risiko infeksi dari penyakit flu. Jadi, probiotik apa yang dapat kita konsumsi? Menurut Dr. Frank Limpan, MD, mengonsumsi suplemen probiotik yang mengandung 10-20 miliar senyawa organisme dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. 


    Belajar Mengurangi Stres

    Ada satu trik sederhana yang dapat membantu tubuh tetap sehat yaitu bernapas. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Profesor Psikologi dari Robert E. Doherty University di Carnegie Mellon University, stres psikologis memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur peradangan. Jika kamu dapat mengatur pikiran dengan baik, maka hal ini juga dapat menjadi pencegahan pilek atau flu, dan tentu saja: sistem imun tubuh menjadi lebih baik. 




    Banyak Bergerak (Meski Di Rumah Saja)

    Berolahraga secara rutin dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Selain itu, suhu panas yang dihasilkan saat berolahraga dapat membunuh patogen (mikroorganisme parasit dalam tubuh yang menyebabkan penyakit), dan juga memberi energi pada sel-sel serta metabolisme untuk meningkatkan kesehatan. Make exercise a priority!


    Tidur Berkualitas

    Alright.. Mungkin kamu sudah bosan melakukan hal yang satu ini selama self-quarantine. Tapi sudahkah kamu mendapatkan waktu tidur yang benar-benar berkualitas? Faktanya, orang yang tidak cukup tidur lebih mudah sakit jika terpapar oleh virus, seperti pilek. Kurang tidur juga dapat membuat proses penyembuhan di dalam tubuh menjad lebih lambat. Jadi, coba putar musik favorit, nyalakan lilin aroma terapi, dan nikmati waktu tidurmu tanpa gangguan.


    (Kissy Aprilia, images: bruce mars on Unsplash)