Beauty

Menurut Ahli, Ini Cara Merawat Kulit Selama Pandemi Corona

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/3/2020
  • Dengan adanya pandemi virus corona yang sedang berlangsung, negara-negara dari seluruh dunia bersatu dalam menerapkan social distancing untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Selagi kita menunda beberapa kegiatan sehari-hari untuk sementara dan bekerja dari rumah, ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk merawat diri masing-masing. Perawatan kulit kita, contohnya, tak perlu dikompromikan hanya karena kita tidak pergi ke luar rumah.

    Sebenarnya, kita bisa menggunakan waktu luang untuk melakukan rutinitas skincare yang tepat dan memastikan bahwa kesehatan, kelembutan, dan kecerahan kulit terjaga. Cosmo berbicara pada dermatolog Dr. Rashmi Shetty, yang memberi tips dan petunjuk untuk diikuti selama kita menghabiskan waktu di rumah. Mau tahu apa saja yang ia katakan? 




    Rutinitas skincare apa yang harus kita lakukan selama social distancing?

    Dr. Rashmi Shetty (RS): Penting untuk mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang biasanya kamu lakukan. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan pada masa-masa ini adalah memastikan bahwa wajahmu bersih. Cuci wajahmu secara teratur dan melembapkannya. Namun, kamu harus berhati-hati untuk tidak over wash (mencuci terlalu sering) dan menyebabkan kulit kering.



    Sisir rambutmu lalu ikat. Ini adalah hal yang biasanya kita lakukan ketika pergi ke luar rumah pada hari, tapi mengingat [pandemi ini] adalah situasi jangka panjang dan kita harus berada di rumah untuk waktu yang lama, penting untuk mengikuti mengikuti rutinitas dandan yang biasanya dilakukan. Yang paling penting, ingat untuk menggunakan sunscreen. Meskipun kamu berada di dalam rumah, jendela tidak memblokir sinar UV, dan masih bisa menyebabkan kerusakan pada kulitmu. Ingat untuk minum banyak air putih selama di rumah, dan konsumsi suplemen tepat waktu.


    Suplemen apa yang harus kita konsumsi saat ini?

    RS: Kamu harus menambahkan suplemen yang akan membantu kulit dan sistem kekebalan tubuh ke dalam diet, untuk melawan virus corona yang meresahkan kita akhir-akhir ini. Pastikan asupan vitamin D optimal. Minum suplemen yang mengandung dosis harian yang kamu butuhkan. Ini penting, terutama jika kamu sudah tahu bahwa ada kekurangan.



    Suplemen antioksidan selalu merupakan pilihan yang bagus, sama halnya dengan suplemen peningkat imunitas. Ada beberapa bahan antioksidan alami seperti astaxanthin, zeaxanthin, glutathione, dan Q10 yang bisa kamu konsumsi. Semua ini bagus, dan bekerja lebih baik sebagai kombinasi. 

    Mengonsumsi vitamin C juga membantu. Namun pastikan kamu mengonsumsi suplemen organik, bukan yang berbahan dasar kimia. Perlu diingat bahwa suplemen yang meruap biasanya mengandung banyak gula. Coba cari yang tidak memiliki gula. Kamu tak ingin mengonsumsi gula tambahan yang tidak berguna selama beraktivitas di rumah, dan tidak bisa menjadi aktif secara fisik. Kamu pun bisa menambahkan suplemen anti-inflamasi atau peningkat imunitas yang mengandung ekstrak kunyit, jahe, pithorin, dan milk thistle.




    Apakah ada tips DIY yang bisa diikuti?

    RS: Manfaatkan waktu ini dan manjakan dirimu dengan facial setiap hari jika ingin! Kamu bisa melakukannya pada pagi hari begitu kamu bangun. Pastikan kamu mencuci wajah dengan benar, karena seluruh cairan yang disekresikan kulit pada malam hari, plus krim malam, masih menempel pada kulit. Setelah itu, gunakan handuk hangat untuk merilekskan wajah selama satu atau dua menit, kemudian bilas dengan air hangat. Akhiri rutinitas ini dengan mengoleskan es batu pada wajah dan voila! Facial DIY-mu selesai!

    Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jade roller untuk memperlancar sistem limfatik. Hal yang sedang ngetren saat ini adalah menggunakan tongkat Ayuverda Kansa (sebuah tongkat kayu dengan kepala tembaga atau perunggu). Kamu bisa mengusapnya pada wajah dengan arah pijatan yang sama layaknya memakai jade roller. Teknik ini juga mengurangi wajah yang bengkak di pagi hari.



    Untuk segala permasalahan kulit, pasta cenda adalah hal terbaik yang bisa kamu gunakan. Plus, Multanni Mitti alias Fuller's earth bisa membantu mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Ini juga bisa membantu melawan minyak berlebihan yang disebabkan oleh cuaca panas.

    Sedikit kelapa parut atau kunyit sangat bagus untuk memijat dan mengeksfoliasi kulit wajah. Kunyit juga bisa digunakan sebagai masker, karena memiliki sifat antiseptik yang ideal pada masa-masa ini. Kamu yang memiliki kulit berminyak bisa menambahkan sedikit lemon (ingat, sedikit saja, ya!). Satu sendok makan madu dicampur dengan sedikit gula pun bisa menjadi hydrating exfoliant yang sangat bagus. Ini adalah bahan-bahan simpel dan DIY super efektif yang bisa dicoba. Percaya, deh, kamu tak ingin membuat terlalu banyak masker dan scrub yang rumit, karena kamu harus membersihkan dapur atau kamar mandi setelahnya!

    ===♡♡♡===

    So there you have it, segala hal yang kamu butuhkan untuk memberi kulit kasih sayang selama menjaga diri di rumah. Dengan mengikuti tips simpel dari Dr. Rashmi, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah dengan kulit yang segar, sehat, dan cerah.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Andrea Piacquadio from Pexels / Images: lexie janney on Unsplash (ponytail), Anna Shvets from Pexels (vitamins))