Lifestyle

Film Ghibli yang Harus Ditonton Berdasarkan Zodiak Kamu

  by: Alexander Kusumapradja       29/3/2020
  • Bagi pecinta film animasi, khususnya yang berasal dari Jepang, nama Studio Ghibli mungkin sudah tak asing di telinga. Studio animasi yang didirikan di tahun 1985 oleh animator kawakan Hayao Miyazaki ini bisa disebut sebagai Walt Disney dari Jepang yang telah melahirkan banyak judul film animasi yang mendapat penghargaan dan penggemar fanatik dari seluruh dunia karena tema-temanya yang inspiratif dan humanis.

    Baru-baru ini, filmografi Studio Ghibli pun sudah tersedia di Netflix dan bisa menjadi opsi seru untuk menghabiskan waktu social distancing kamu di rumah. Kamu mungkin sudah menonton atau setidaknya mendengar beberapa judul yang paling terkenal seperti My Neighbor Totoro, Spirited Away, Princess Mononoke, namun bila kamu masih bingung harus mulai menonton yang mana terlebih dahulu, kamu bisa mulai dari yang judul yang direkomendasikan untuk zodiak kamu. Yup, berikut adalah rekomendasi film Ghibli yang harus ditonton berdasarkan setiap zodiak. Enjoy!





    Baca Juga: 10 Lagu Ghibli Pilihan Untuk Membuatmu Betah Kerja di Rumah


    Aries (21 Maret – 19 April): Porco Rosso

    Film produksi 1992 ini berkisah tentang seorang pilot Perang Dunia I yang secara misterius berubah menjadi babi setelah perang usai dan menjadi pemburu bayaran. Porco Rosso dipenuhi banyak adegan petualangan dan aksi kejar-kejaran pesawat di udara dengan sentuhan elemen mistis dan romansa yang akan membuat Aries tidak bosan menontonnya sampai selesai. Aries yang suka cerita kepahlawanan pasti akan menikmati aksi si tokoh utama Porco yang pemberani.


    Taurus (20 April 20 – 20 Mei): Pom Poko

    Pom Poko bercerita tentang sekumpulan rakun Jepang alias tanuki yang mampu berubah wujud dan bekerjasama menggunakan kemampuan magis mereka demi menyelamatkan hutan mereka dari rencana pembangunan manusia. Perjuangan mereka tak mudah dan walaupun terlihat lucu, namun film ini punya pesan yang cukup sedih tentang kerusakan lingkungan akibat manusia. Taurus si pecinta lingkungan dan pekerja keras pasti bisa ikut terhanyut dalam tema cerita ini dan kegigihan para rakun yang terkadang juga bertingkah konyol.




    Baca Juga : 10 Film Animasi Paling Sukses Sepanjang Masa

    Gemini (21 Mei – 20 Juni): Ponyo

    Dalam Ponyo, diceritakan seorang putri kerajaan air melarikan diri dari istananya dan bertemu dengan anak laki-laki manusia bernama Sosuke yang membuatnya belajar tentang kehidupan manusia di darat. Sayangnya, aura magis dalam dirinya menyebabkan ketidakseimbangan dalam alam yang mengancam baik dunia air maupun darat. Gemini yang sering merasa terjebak di dua dunia dan punya banyak sisi akan merasa relate dengan Ponyo yang harus memilih namun berusaha mempertahankan pertemanan di atas segalanya.


    Cancer (21 Juni – 22 Juli): My Neighbor Totoro

    Salah satu judul film Studio Ghibli paling ikonik ini berkisah tentang dua kakak-beradik perempuan yang baru pindah ke pedesaan dan akhirnya berteman dengan para makhluk penjaga hutan yang lucu termasuk Totoro yang sosoknya sudah tak asing lagi bagi kita. Menonton film ini menimbulkan perasaan nyaman dan hangat di hati karena walaupun ceritanya sederhana namun dapat membuat Cancer yang pemikir untuk melupakan sejenak masalah mereka.



    Baca Juga: 5 Serial Animasi Dewasa Terbaik di Netflix


    Leo (23 Juli – 22 Agustus): Howl's Moving Castle

    Dalam cerita Howl's Moving Castle, kehidupan seorang gadis bernama Sophie yang tadinya biasa saja berubah 180 derajat ketika bertemu dengan seorang penyihir pria bernama Howl dan berhadapan dengan kutukan penua diri dari seorang penyihir wanita yang cemburu. Leo akan menemukan cerminan kepribadian mereka baik dari Sophie yang riang dan baik hati maupun Howl yang keras kepala dan bangga pada kemampuan diri sendiri.





    Baca Juga: 5 Film Animasi Terbaik Karya Legenda Hayao Miyazaki


    Virgo (23 Agustus – 22 September): Whisper of the Heart

    Whisper of the Heart bercerita tentang seorang penulis dan kutu buku bernama Shizuku yang mendambakan hubungan percintaan penuh hasrat dengan seorang laki-laki yang namanya selalu ia temukan di kartu perpustakaan. Ketika keduanya akhirnya bertemu, ia harus belajar menerima bahwa kenyataan tak sesuai dengan imajinasinya. Namun, keduanya tetap menjalin hubungan yang didorong oleh passion dan mimpi yang sama. Cerita tentang kerja keras dengan bumbu romantis ini akan cocok ditonton oleh Virgo yang perfeksionis.


    Libra (23 September – 22 Oktober): My Neighbors the Yamadas

    Tidak seperti film Studio Ghibli lain yang umumnya cerita panjang, My Neighbors the Yamadas merupakan kumpulan kisah pendek tentang keluarga Yamada. Mungkin banyak yang tidak mengira film ini termasuk karya Studio Ghibli atau belum menontonnya karena melihat visualnya kurang semenarik film Ghibli pada umumnya, namun Libra yang eksentrik dan suka cerita bertema keluarga akan sangat menikmati film ini yang berpesan untuk tetap menyayangi keluarga atau orang terdekat lain meskipun kita tahu mereka tidak sempurna.


    Scorpio (23 Oktober – 21 November): When Marnie Was There

    Scorpio yang suka film dengan bumbu misteri akan menyukai film ini. When Marnie Was There bercerita tentang Anna yang didiagnosa menderita penyakit menghabiskan musim panas dengan keluarga kerabat ibunya di sebuah kota pinggir pantai di mana ia bertemu dan menjalin pertemanan dengan seorang gadis misterius bernama Marnie yang memintanya berjanji untuk merahasiakan hubungan di antara mereka. Scorpio akan menikmati bagaimana rahasia-rahasia dalam film ini mulai terungkap satu per satu dan ikut merasakan persahabatan di antara Anna dan Marnie.


    Sagittarius (22 November – 21 Desember): Princess Mononoke

    Dalam Princess Mononoke kita diajak mengikuti petualangan seorang pemuda bernama Ashitaka yang harus mencari obat untuk menangkal kutukan yang menimpanya setelah bertarung dengan iblis. Dalam perjalanannya, ia pun terjebak di antara pertempuran antara dewa-dewa hutan dengan manusia di kota penambang. Ia pun bertemu dengan seorang gadis misterius yang dibesarkan oleh serigala dan siap membela hutan yang ia cintai. Film ini termasuk film dengan muatan filosofis antara benar dan salah sehingga Sagittarius yang suka topik tersebut akan ikut memikirkan konflik moral antara dua pihak yang sedang bertikai.


    Capricorn (22 Desember – 19 Januari): Kiki's Delivery Service

    Kiki's Delivery Service adalah cerita tentang penyihir belia bernama Kiki yang pindah ke kota dekat pantai dan membuka usaha kurir demi melatih kemampuannya mengendarai sapu terbang. Awalnya periang, Kiki pun mengalami banyak kesulitan hingga akhirnya kehilangan kepercayaan diri dan mengakibatkan kemampuan sihirnya luntur. Capricorn si pekerja keras akan ikut merasakan perjuangan Kiki untuk bangkit kembali lewat dedikasi dan semangatnya yang pelan-pelan tumbuh kembali dan pantang menyerah.


    Aquarius (20 Januari – 18 Februari): Nausicaä of the Valley of the Wind

    Dalam Nausicaä of the Valley of the Wind, dunia telah porak-poranda akibat sebuah kejadian serupa kiamat yang mengubahnya menjadi hutan belantara yang penuh racun. Seorang putri bernama Nausicaä memberanikan diri untuk datang ke hutan untuk mencari cara berkomunikasi dengan para penghuni hutan demi perdamaian antara mereka dengan manusia yang tersisa. Sama seperti Nausicaä, Aquarius punya sifat pemberontak, pemberani, dan optimis yang tidak takut untuk berpikir outside the box dan melanggar beberapa aturan demi mewujudkan apa yang menurut mereka benar.


    Pisces (19 Februari – 20 Maret): Spirited Away

    Spirited Away adalah salah satu film Ghibli paling populer di seluruh dunia dan hal itu tentu ada alasannya sendiri. Setelah kedua orangtuanya bertransformasi menjadi babi setelah menyantap sesajen untuk para dewa, Chihiro harus menyelam ke dunia supernatural dan bekerja keras untuk membebaskan orangtuanya dari kutukan tersebut. Ia pun menjalin pertemanan dengan seorang anak laki-laki yang bisa berubah menjadi naga, sosok misterius No-Face, dan makhluk-makhluk ajaib lainnya. Pisces yang kreatif dan punya daya imajinasi tinggi pasti akan dimanjakan oleh cerita dan visual dari film ini.


    (Alex.K/Image: Outnow.ch)