Lifestyle

Apakah Film “I Care A Lot” Didasarkan pada Kisah Nyata?

  by: Givania Diwiya Citta       2/3/2021
  • Rosamund Pike kembali dengan nuansa Gone Girl miliknya di film terbaru, I Care A Lot. Film yang juga dibintangi oleh Eiza Gonzalez ini tayang di Amazon Prime dan Netflix, lalu sejauh ini, internet tak henti-hentinya membicarakan tentang semua yang ada di film ini, baik itu tentang akhir ceritanya hingga penasaran apakah film ini terinspirasi dari kisah nyata. Ini jawaban yang perlu kamu tahu.


    *Spoilers*




    Apakah I Care A Lot didasarkan pada kisah nyata?

    Plot cerita dimulai dari Marla Grayson, seorang perempuan yang tampak penuh misteri, menjalankan bisnis guardianship legal untuk kaum lansia nan rentan, demi mengelola kontrol finansial terhadap aset mereka. Ketika ia membidik targetnya pada OAP Jennifer Peterson (diperankan oleh Dianne West) yang ternyata punya ikatan kuat dengan gangster berkuasa (diperankan oleh Peter Dinklage), Marla yang tak tahu menahu tentang fakta ini menjadi terlibat dalam permainan petak umpat kucing-dan-tikus.



    Singkatnya, tidak, ini tidak didasarkan pada kisah nyata. Tapi sutradara J Blakeson sebelumnya mengungkap pada Collider bahwa inspirasi untuk tokoh Marla muncul dari situasi mirip yang kerap terjadi sehari-hari. “Itu benar terjadi dalam hidup, tentang fakta bahwa ada banyak guardian predator yang ingin memangsa kaum lansia nan sudah rentan, dan mereka kerap menjebak para lansia ke dalam guardianship hanya untuk menguras kehidupan mereka,” jelasnya.



    “Bagian kisah kehidupan yang nyata tersebut cukup menakutkan dan mengkhawatirkan, ya, itu sungguh terjadi.”


    Blakeson menyebutkan bahwa ia pernah 'Google mendalam' untuk proses riset film. “Saya sangat ketakutan. Bayangkan suatu hari Anda membuka pintu rumah untuk seseorang yang siaga berdiri dan menyajikan beberapa dokumen sambil menyatakan bahwa mereka punya kekuatan legal terhadap diri Anda. Dari penelusuran itu, saya menemukan banyak tema yang menarik perhatian saya, seperti ambisi, sebuah konsep Impian Amerika, dan manusia yang dijadikan komoditas. Jadi, cerita film pun berangkat dari sini. Saya duduk dan menulisnya seorang diri, dan dengan cepat bisa menjadi I Care A Lot yang sekarang.”


    Akhir cerita I Care A Lot pun mampu dijelaskan.


    Setelah usaha Roman Lunyov untuk membunuh Marla gagal, Marla pun membalaskan aksinya dengan cara menculik Roman dan meninggalkannya terdampar di tengah-tengah jalan. Ketika Roman dilarikan ke rumah sakit, Marla muncul dan mengungkapkan bahwa dirinya adalah guardian legal untuk Roman, dengan kontrol penuh terhadap semua aset Roman.




    Agar Roman bisa mendapatkan asetnya kembali, Marla pun meminta biaya $10 juta dolar.


    Namun Roman justru menawarkan alternatif lain: Keduanya bekerja sama untuk membangun bisnis rumah perawatan global, dengan Marla sebagai wajah di publik, dan Roman menjaga dari balik layar, agar keduanya bisa sangat kaya raya.


    Rencana tersebut pun sukses: Roman dan ibunya kembali punya kontrol untuk aset mereka, dan tak lagi berada di bawah guardianship legal, sementara itu, Marla dan Roman menjadi miliuner. Tapi perjalanan tersebut tak selalu seru dan main-main saja: Akhir cerita film memperlihatkan Marla ditembak di dada oleh pria yang tak bisa mengunjungi ibunya karena peraturan guardianship, hingga ibu tersebut meninggal di salah satu rumah perawatan milik Marla.


    Kepada USA Today, Rosamund Pike berkomentar, “Dalam kepala saya, Marla tak pernah percaya bahwa ia akan mati. Maksud saya, sampai pada titik Marla terakhir bernapas, saya rasa ia masihlah berpikir bahwa ia bisa memenangkan permainan ini dan kabur dari kekacauan ini. Saya sungguh berpikir ia seperti itu.”




    Tonton sendiri untuk menyaksikan keseruan dan ketegangannya, girls!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Images: Dok. Instagram.com @netflixfilm, @primevideouk / Dusty Baxter-Wright)