Celebrity

Ini Alasan Mengapa Sejumlah Lagu K-Pop Favoritmu Hilang di Spotify!

  by: Giovani Untari       1/3/2021
    • Tercatat pada minggu malam tanggal 28 Februari 2021, sejumlah penggemar musik Korea mengeluhkan lagu dari musisi Korea favorit mereka mendadak tidak bisa diputar dan menghilang di Spotify.
    • Hal ini ternyata berkaitan erat dengan keputusan yang dibuat oleh pihak Spotify dan Kakao M.


    Jika kamu adalah seorang fans K-Pop di mana nyaris setiap harinya kamu selalu mendengarkan playlist lagu Korea melalui Spotify, maka kamu pasti menyadari bahwa... mendadak sejumlah lagu K-pop favoritmu hilang secara misterius!

    Bukan, ini bukan karena permasalahan koneksi internetmu yang buruk atau karena kamu tidak menggunakan Spotify Premium, babes!



    Ternyata hal ini terjadi karena kontrak lisensi antara Spotify dan perusahaan distribusi musik terbesar di Korea Selatan Kakao M sudah berakhir.


    Menurut artikel Soompi, Spotify sempat merilis pernyataan resmi terkait dengan isu yang sedang hangat ini: "Terkait dengan berakhirnya perjanjian lisensi resmi bersama pihak Kakao M tertanda 1 Maret 2021, maka kami tidak bisa lagi memutarkan sejumlah katalog lagu dan album musik kepada para fans dan pendengar di seluruh dunia. Kami sudah berusaha selama satu setengah tahun terakhir untuk kembali memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga kami tetap bisa membuat musik milik para musisi yang berada di bawah naungan distribusi Kakao M didengar oleh penggemar di seluruh dunia, termasuk 345 juta pengguna Spotify di 170 negara. Tetapi, kami tidak bisa mencapai kesepakatan terkait dengan pembaruan lisensi global kami."


    Banyak fans yang berspekulasi bahwa isu ini bermula dari Spotify yang akhirnya resmi diluncurkan di Korea Selatan pada awal bulan Februari 2021 silam. Yang mana Spotify dinilai menjadi kompetitor berat dari platform streaming milik Kakao M, Melon. Namun, pihak Spotify mengklarifikasi bahwa ini semua terjadi karena masalah perjanjian lisensi global dan tidak ada hubungannya dengan perilisan layanan mereka di Korea Selatan.




    Kakao juga memberikan pernyataan mengenai masalah satu ini. Pihak Kakao menyebut bahwa mereka sudah meminta proses perpanjangan, namun pihak Spotify menolak hal tersebut: "Hal ini tidak terkait soal perjanjian lisensi global kami yang sebelumnya sudah ada kepada pihak Spotify. Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify mengenai kontrak domestik untuk penyediaan musik. Masalah tersebut tidak terkait dengan kontrak domestik yang saat ini masih kami negosiasikan. Kami secara terpisah pun menerima pemberitahuan berakhirnya lisensi kami pada tanggal 28 Februari. Dan kami sudah meminta perpanjangan kontrak global yang ada."


    Atas isu tersebut banyak musisi K-Pop yang terkena dampaknya. Deretan idol dan penyanyi yang lagunya terhapus dari Spotify di antaranya:  IU, NU’EST, SEVENTEEN, MAMAMOO, GFriend, Epik High, MOMOLAND, CL, BTOB, PENTAGON, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, lagu dari penyanyi di bawah naungan SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, dan Big Hit Entertainment (kecuali yang berasal dari Big Hit Labels) tetap tersedia di Spotify. Sejumlah soundtrack drama Korea juga masih bisa diakses pendengar. G



    Album musik dan lagu yang hilang pun bervariasi untuk setiap penyanyinya. Contohnya, hanya lagu-lagu IU dari tahun 2012 – 2013 yang masih bisa didengarkan di Spotify, sedangkan yang lainnya terhapus. Sementara itu grup MAMAMOO nyaris kehilangan seluruh album mereka dan hanya 'tersisa' sejumlah single Jepangnya saja.



    Salah satu grup K-Pop yang juga terkena imbas besar dari berakhirnya perjanjian lisensi global ini adalah SEVENTEEN. Grup pelantun Left & Right tersebut sebelumnya memiliki 1 milyar streaming di Spotify dan sekarang turun menjadi 290 juta streams.





    Para fans K-Pop jelas menyampaikan kesedihannya atas masalah yang terjadi di antara Spotify dan Kakao M ini. Sehingga tak heran topik terkait hilangnya lagu di Spotify masih ramai diperbincangkan sampai detik ini. Tidak hanya fans, Tablo selaku musisi dan anggota grup Korea legendaris, Epik High juga ikut menyampaikan kekecewaanya terhadap isu tersebut.





    Saat ini pihak Spotify dan Kakao M diberitakan kembali bernegosiasi terhadap masalah ini.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Twitter @pledis_17, Instagram @mamamoo_official)