Fashion

10 Gaya Fashion Estetik yang Bisa Kamu Coba di 2021

  by: Redaksi       3/3/2021
  • Okay, saya tahu ini akan terdengar seperti orang tua, tapi di zaman saya, estetika dalam fashion tidaklah sebanyak ini! Saya memang bukan termasuk gerombolan anak-anak populer, jadi mungkin ada beberapa style estetik yang saya lewatkan. Dahulu, sebagian besar orang dapat dikategorikan menjadi goth, horse girls, emo, preppy, dan Y2K




    Sekarang, di tahun 2021, dengan melonjaknya popularitas Instagram dan TikTok, mulai banyak style estetik bermunculan dan menjadi bagian dari fashion kalangan muda. Kalau kamu bingung, yang saya maksudkan di sini adalah seperti cottagecore yang baru muncul saat masa karantina dan soft girl dengan jutaan tagarnya di TikTok.


    Tapi, tentu saja, ada beberapa estetika lama yang ikut terangkat kembali. Bagaimana pun, fashion merupakan sebuah topik yang terus berputar. Tetapi, di bawah ini adalah 10 estetika terpopuler untuk kamu yang ingin mengganti suasana pakaian atau, yah, sekadar menambah pengetahuanmu tentang tren saat ini.


    P.s.: Ini bukan daftar yang lengkap dan komprehensif mengenai tipe-tipe estetika dalam dunia fashion (karena memang sudah terlalu banyak untuk saya sebutkan semuanya), tetapi dijamin daftar ini dapat membantu untuk menemukan jati diri fashion-mu


    1. E-Girl


    Terinspirasi dari gaya karakter di anime, “e-girl” biasanya memiliki rambut yang diwarnai (sebagian besar difokuskan pada dua bagian depan seperti Dua Lipa di atas) serta riasan yang membesarkan bagian mata dan pipi. Untuk menambah kesan kawaii, banyak juga yang menggambar hati kecil atau freckles di wajah mereka dan menumpuk blush-on hingga merah merona. Item penting yang tidak pernah dilupakan antara lain seperti jepit rambut, fishnet, kalung model choker, dan perhiasan berwarna silver. Ya, walaupun orang yang bergaya seperti ini banyak diasosiasikan sebagai gamer, tapi kamu tidak harus, kok, bermain World of Warcraft untuk bisa ikuti tren ini.


    2. VSCO Girl


    Jika kalian belum sadar, nama ini berasal dari aplikasi pengeditan foto (dibaca “visko”). Untuk bisa mencapai gaya ini, penting untuk kamu menyediakan sepatu kets putih atau sandal Birkenstock, celana jeans atau high-waisted shorts, botol minum Hydroflask, oversized t-shirt, dan ikat pinggang lucu. Ditambah lagi kalau kamu menata rambut menjadi messy bun dengan scrunchie dan mengenakan kalung kerang, jujur saja, tampilan ini cocok untuk kamu yang ingin terlihat sederhana, effortless, dan sedikit basic.

    3. Soft Girl


    Penampilan yang satu ini sedikit mirip dengan VSCO girls tapi lebih condong pada penggunaan jepit rambut yang cerah dan warna-warna pastel. Pakaian yang dikenakan biasanya terlihat sangat romantis dengan warna bernuansa merah muda dan ungu, rok lipit, motif bunga, sweater vest, dan cardigan. Tetapi, beberapa orang juga menyelipkan unsur edgy seperti sepatu boots bersol tebal, tas baguette hitam, serta sunglasses. Meski begitu, kamu akan tetap terlihat “lembut” karena yang penting adalah aura keseluruhan yang kamu pancarkan. 


    4. Grunge


    Pikirkan kembali ke akhir era ‘80-an dan awal ‘90-an ketika band seperti Nirvana dan Pearl Jam masih berkuasa dan kemeja flanel menjadi fashion staple semua orang. Bahkan, di tahun 1992, Marc Jacobs merilis sebuah koleksi grunge, terinspirasi dari perkembangan dunia musik di Pacific Northwest, yang kini menjadi ikon Perry Ellis. Tampilan yang didapat dari estetika ini adalah penggunaan rantai yang digantung, motif kotak-kotak, outfit dengan motif yang bertabrakan, sepatu boots, dan kalung stacked choker. Nilai plus kalau kamu menggunakan satu atau dua gitar sebagai properti foto.  


    5. Cottagecore


    Bayangkan kamu memakai prairie dress atau nightgown dan tinggal dalam sebuah pondok mungil yang dikelilingi oleh taman yang kamu rawat sendiri. Terdengar sangat damai dan membahagiakan, bukan? Okay, penggunaan gambaran pondok mungil dan tanaman mungkin terlalu berlebihan, tapi setidaknya kamu mendapat konsep dari style yang satu ini.




    6. Normcore


    Mengutip dari The Cut, estetika ini “melepaskan kebutuhan seseorang untuk tampil berbeda.” Pakaian orang yang memiliki prinsip mode seperti ini biasanya sangat sederhana dan menggunakan capsule colletion. Biasanya, mereka juga tidak didorong oleh tren dan berusaha untuk terlihat senormal mungkin. Sebagai referensi, kamu bisa menyontek gaya Jerry Seinfeld. Pokoknya, semakin mendasarnya pakaian yang kamu kenakan, semakin baik.


    7. Artsy AF


    Gerakan ini diawali oleh komunitas african-american dan LGBTQ+ di Tumblr yang mengekspresikan diri melalui seni dan kolase. Warna kuning sering dikaitkan dengan estetika ini, demikian pula dengan pakaian bergaya vintage yang menyalurkan suasana alam atau budaya.


    8. Baddie



    Tampilan ini sepertinya sengaja dibuat untuk postingan Instagram kamu. Pakaian ketat, riasan lengkap, dan item desainer adalah inti dari estetika ini. Beauty blogger dan klan Kardashian/Jenner sering terlihat menyalurkan gaya baddie masa kini.


    9. Dark Academia


    Blazer berbahan dasar wol, sweater vest, dan apapun yang mengingatkanmu pada seragam sekolah swasta atau universitas di East Coast yang mewah (dan kemungkinan terlalu mahal) adalah elemen pokok untuk membangun estetika ini. Kata “gelap” disini menandakan nuansa warna yang kamu pilih akan condong ke sisi yang lebih gelap seperti coklat atau hitam.


    10. Light Academia


    Secara sederhana, pengertian estetika ini sama dengan dark academia namun dengan warna-warna yang lebih terang! Warna putih, krem, dan beige wajib menghiasi lemari pakaianmu kalau ingin mencapai penampilan ini.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida/ EDT DA / Image: Instagram @oakandfort, @bellahadid, @kyliejenner, @houseofsunny, @everlane, @shopdoen, @radvxz, @milliebobbybrown, @emmachamberlain, @dualipa)