Beauty

Sedang Alami Jerawat? Coba Gunakan Jenis Riasan Ini!

  by: Astriana Gemiati       4/3/2021
  • Ada kalanya kita ingin menutupi jerawat untuk membuat diri kita merasa lebih baik dan percaya diri —Yup, Cosmo sangat setuju! Namun, Cosmo khawatir kosmetik bisa menyumbat pori-pori dan bahkan bisa lebih berbahaya. Untungnya, ada teknik dan produk yang tidak akan memperparah jerawat. Simak rekomendasi Cosmo di bawah ini!


    Tips riasan untuk kulit rawan berjerawat!



    1. Pilih produk makeup non-comedogenic.

    Selalu baca labelnya! Periksa apakah produk mengatakan “non-comedogenic” atau “oil-free”. Foundation dan alas dasar lainnya dengan formula semacam ini tidak akan memperburuk jerawat kamu atau mengubah rona kulit menjadi berminyak pada tengah hari.

    Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Normal to Oily

    Harga: Rp124.000,-.

    Beli di: shopee.co.id


    2. Persiapkan kulit terlebih dahulu.

    Sebelum merias wajah, penting untuk menyiapkan kanvas terlebih dahulu. Pijat lembut lapisan tipis pelembap oil-free untuk bantu menjaga keseimbangan kelembapan minyak dan mencegah T-zone kamu terlalu berkilau. Kamu juga dapat menerapkan perawatan di tempat untuk beberapa jerawat aktif jika diperlukan.

    Kiehl’s Ultra Facial Oil-Free Gel Cream

    Harga: Rp540.000,-.

    Beli di: kiehlsid


    Opsional: Setelah produk skincare kamu terserap dengan baik oleh kulit, aplikasikan lapisan tipis pore-blurring atau mattifying primer. Kamu juga bisa menggunakan alas bedak berwarna hijau untuk menghilangkan kemerahan. 


    Waso by Shiseido Poreless Matte Primer

    Harga: RP430.000,-.

    Beli di: www.sephora.co.id


    3. Bekerja dengan lapisan tipis.

    Kamu mungkin tergoda untuk mengaplikasikan foundation atau concealer tebal untuk menutupi jerawat dengan cepat. Namun, kenyataannya ini akan berlawanan dengan intuisi. Ini akan terlepas begitu saja dan hasil akhirnya akan terlihat tidak alami.


    4. Belajar untuk menyembunyikan.

    Untuk jerawat yang membutuhkan lebih banyak coverage, gunakan concealer warna hijau untuk mengoreksi warna area tersebut. Kemudian, oleskan tipis-tipis concealer berpigmen. Setelah itu, atur dengan translucent powder untuk mengunci semuanya.

    Make Over Powerstay Color Correcting Primer Green

    Harga: Rp83.000,-.

    Beli di: shop.makeoverforall.com


    Urban Decay Naked Skin Weightless Complete Coverage Concealer

    Harga: Rp460.000,-.

    Beli di: www.sociolla.com


    ESQA Cosmetics Flawless Setting Powder

    Harga: Rp165.000,-.

    Beli di: www.esqacosmetics.com




    5. Cuci muka setiap malam.

    Apapun jenis kulit, kamu harus selalu mencuci kulit wajah sebelum tidur! Hapus makeup dengan berbahan dasar minyak (yang dibuat untuk kulit berjerawat) atau micellar water. Kemudian, lanjutkan dengan facial wash sulfate-free.

    Garnier Micellar Water

    Harga: Rp Rp81.500,- / 400ml

    Beli di: www.sociolla.com


    The Body Shop Tea Tree Facial Wash 

    Harga: Rp169.000,-.

    Beli di: www.thebodyshop.co.id


    6. Bersihkan kuas dan spons makeup kamu setiap minggu.

    Untuk mencegah iritasi dan penyebaran bakteri, bersihkan alat riasan kamu setiap minggu. Produk dan kulit mati menumpuk di kuas makeup dan spons kamu. Untuk tahu cara bersihkan kuas makeup agar terlihat seperti baru, klik, di sini! 



    7. Biarkan kulit kamu bernapas.

    Agar ‘benar-benar’ menyembuhkan jerawat, kulit kamu harus membiarkannya bernapas. Gunakan riasan hanya jika diperlukan. Jika kamu sadar akan jerawat, coba pimple patches. Ini akan bantu menutupi, melindungi, dan menyembuhkan jerawat kamu!

    Mad For Makeup Star Pimple Patch

    Harga: Rp29.000,-.

    Beli di: www.madformakeup.co










    (Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], Dok. Instagram )