Love & Sex

7 Tips Agar Foto di Aplikasi Kencan Kamu Dapat Banyak 'Swipe Right'!

  by: Giovani Untari       4/3/2021
  • Here’s the thing: tak bisa dipungkiri bahwa faktanya sebagian besar dari kita memilih menekan fitur swipe right berdasarkan ketertarikan fisik. Contohnya, jika seseorang di aplikasi kencan terlihat begitu memenuhi syarat atas kategori pria hot versi kamu (atau kamu yang terlihat sesuai dengan tipe mereka), tentu saja aksi match pun begitu potensial untuk terjadi.

    Well friends, Cosmo memberi tahu kamu bahwa ternyata hal ini tidaklah sepenuhnya benar! 

    Paling tidak menurut Snappr, sebuah bisnis yang menyediakan jasa fotografer profesional sesuai permintaan. Di mana mereka juga turut menciptakan teknologi kecerdasaan buatan untuk menganalisa foto profil - mengungkapkan bahwa faktor sesungguhnya di balik apa yang membuat sebuah foto bisa begitu swipeable adalah tentang bagaimana cara kamu mengambil foto tersebut, ketimbang seperti apa penampilanmu di foto.





    Jadi pada dasarnya kamu bisa saja tetap mengirimkan kumpulan foto selfie yang nyaris serupa kepada sahabat baikmu. Lalu menanyakan pendapat mereka tentang mana foto yang sekiranya paling swipeable.

    Atau... kamu juga bisa memanfaatkan tips dari teknologi kecerdasaan buatan di bawah ini untuk kian memaksimalkan foto milikmu dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk di-swipe right. Your choice, ofc


    1. Tampilkan bagian kiri wajah kamu

    Itu karena umumnya orang melihat fotomu sebagai sisi kiri. Kita juga cenderung melihat foto dari arah kiri ke kanan, bukan? Jadi dengan menunjukkan foto angle wajah sebelah kiri akan sangat membantu foto kamu menjadi lebih swipeable. Jadi pastikan kamu tidak menutupi bagian kiri wajah dengan properti dari photo booth atau bayangan yang tidak penting.


    2. Ambil foto dari angle yang tinggi

    Yes, sudut pandang pengambilan foto juga berperan penting. Posisikan lensa kamera di atas eye level hingga mengarah ke arah atas kepala.


    3. Perlihatkan wajah dan tubuhmu

    Unggah foto yang lebih memperlihatkan wajah dan tubuh kamu, daripada menunggah sebuah foto close up selayaknya foto LinkedIn (okay, secara profesional foto kamu di sana tentu saja tidak salah). Pilih foto yang menunjukkan area bagian atas tubuh dan jangan lupa berposelah menghadap ke kamera. Para swipers akan langsung mengikuti arah pandang kamu melalui foto tersebut. 


    4. Berfotolah di ruangan

    Perempuan yang menggunakan foto berlatar outdoor pada profile picture mereka, ternyata mendapat 40% lebih sedikit swipes dan respons. Bahkan, waktu pengambilan foto juga ikut memegang peranan krusial (di mana foto menjelang malam serta larut malam juga begitu disukai swipers). Meski fakta ini terdengar cool, sebenarnya ada alasan teknis di balik hal tersebut: pupil mata kamu akan terlihat lebih besar pada cahaya yang redup. Dan pupil mata yang membesar adalah sinyal biologis atas tanda gairah, sesuatu yang secara tidak sadar mampu menarik perhatian para swipers.





    5. Atur saturasi fotomu

    Sebanyak 60% pengguna aplikasi kencan mengunggah foto mereka dalam keadaan saturasi yang buruk. Jadi atur tingkat saturasi foto kamu dengan cara menaikkan sedikit warnanya agar membuat foto tersebut terlihat lebih stand out. Bahkan ketika kamu merasa bahwa foto yang dimiliki sudah sempurna, tak ada salahnya untuk menambahkan sedikit hint warna biru pada saat mengedit foto pilihan tersebut. (Hey, we don’t make the rules!)


    6. Berfotolah bersama hewan peliharaan

    Ini merupakan hasil dari riset terpercaya: di mana pose bersama hewan peliharaan kamu akan mendapatkan lebih banyak swipe. Trik ini akan membuat kamu terlihat sebagai sosok yang perhatian, sensitif, serta merupakan calon orangtua yang baik. Tapi siapa yang membutuhkan riset? C’mon, just look at that face!



    7. Gunakan sesuatu berwarna merah

    Atau pakailah lipstik berwarna merah di foto tersebut. Warna ini dinilai mampu menarik perhatian, membuat kamu terlihat bold dan powerful.



    (Giovani Untari / FT / Images: Sonnie Hiles on Unsplash, Kinga Cichewicz on Unsplash, Japheth Mast on Unsplash, Tenor.com / Artikel pernah dimuat di halaman Major Relationship  E-Magazine Cosmopolitan Indonesia edisi Januari - Februari 2021 / Disadur dari Cosmopolitan US dengan judul “The swipeability generator, brought to you by science” / Penulis asli: Jill Hamilton)