Fashion

Rekomendasi 12 Brand Tas Lokal yang Wajib Kamu Ketahui

  by: Redaksi       8/3/2021
  • Kalau saya diminta untuk memilih hanya satu fashion item untuk dipakai seumur hidup sepertinya saya dengan lantang akan mengatakan bahwa saya memilih tas. Karena, ya, tas merupakan hal yang sangat esensial bagi saya. Tidak hanya untuk menambah gaya atau menjadi statement piece, tapi tas merupakan salah satu aksesori yang fungsional. Tapi, tentu saja, dibutuhkan tas dengan kualitas tinggi untuk bisa membawa unsur modis dan fungsional di saat yang bersamaan.




    Untuk menilai sebuah tas, ada beberapa kriteria yang bisa kamu jadikan guideline seperti:

    1. Material tas 

    Hal pertama yang pasti harus kamu cermati adalah jenis material utama yang digunakan dalam tas. Agar umur penggunaan tas semakin panjang, dibutuhkan material yang kuat.

    2. Ruangan di dalam tas

    Sebagai seorang perempuan, saya mengakui terkadang isi tas saya bisa terlihat sedikit berantakan. Untuk lebih menata barang-barang yang dibawa, pastikan tas memiliki kompartemen yang dapat membuat isi tasmu lebih rapi.

    3. Ukuran dan fungsi yang diharapkan dari tas

    Ketika membeli tas, pastikan kamu memilih dengan menyesuaikannya dengan fungsi yang kamu harapkan. Misalkan kamu mencari tas untuk pergi ke pesta, berarti kamu dapat memilih tas berukuran lebih kecil. Tetapi, ketika kamu ingin pergi ke pantai, tentu kamu harus memilih tas dengan ukuran yang lebih besar, seperti tote bag, untuk menampung baju ganti, minuman, dan aksesori pantaimu yang lain.

    4. Bentuk dan jahitan dari tas

    Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan bentuk dan jahitan dari tas. Bentuk tas yang bagus harus bisa mengkomplemen penampilanmu sedangkan tas yang memiliki bentuk jahitan yang baik akan membuat tasmu terlihat lebih mewah.


    Sekarang, mungkin jika membicarakan tentang tas berkualitas tinggi, pikiranmu akan langsung mengarah pada tas-tas branded asal luar negeri seperti Dior, Louis Vuitton, atau Chanel. Tapi, apakah kamu tahu kalau sebenarnya ada banyak brand lokal yang sama-sama berkualitas dan juga stylish?


    Tidak percaya? Simak 10 rekomendasi brand tas lokal pilihan tim Cosmo berikut ini!


    Aesthetic Pleasure


    Pertama, ada Aesthetic Pleasure dengan sederet tas kulit mereka yang memiliki desain edgy. Meski warna yang biasa dikeluarkan dominan hitam, tetapi brand ini membuat variasi dengan tipe kulit dan ukuran yang berbeda sehingga kamu tidak akan bosan mengenakannya.


    Byo


    The ultimate party bag. Byo merupakan sebuah label garapan desainer Tommy Ambiyo Tedji yang memiliki spesialisasi teknik laser cut dengan aksen tiga dimensi pada desainnya. Model tas Byo hadir dalam bentuk anyaman dari bahan plastik dengan kerajinan tangan yang rumit, menjadikan Byo sebagai tas yang terlihat mewah dan cocok untuk dibawa ke pesta.


    Adorable Projects


    Hadir di dunia fashion Indonesia sejak tahun 2008, Adorable Projects awalnya memfokuskan brand mereka pada produk sepatu. Namun, kini mereka juga menawarkan serangkaian tas yang tidak kalah dengan produk luar. Tas yang dijual oleh brand asal Bandung ini cukup beragam, mulai dari slingbag, totebag, hingga ransel dengan palet warna pastel yang terlihat super fun!


    S.rw


    Untuk kamu yang ingin tampil anti mainstream, kamu wajib cek koleksi tas dari S.rw. Label tas asal Bandung ini kerap menghasilan tas dengan bentuk unik, seperti flamingo, tas dengan aksen duri, dan bahkan tas dengan permukaan menyerupai sisik ikan.




    Jewel Not Jewel


    Nah, untuk kamu yang suka tampil berani, bisa cek tas-tas keluaran Jewel Not Jewel. Sebagai sebuah brand yang terinspirasi oleh arsitektur dan budaya, Jewel Not Jewel menawarkan berbagai tas dengan model dan material yang tidak biasa. Sebagai contohnya, ada tas serut yang dapat dipakai dengan tiga gaya dan tote bag kecil berbahan dasar PVC yang tebal dan sedikit transparan.


    Femme Braville


    Tas lokal dengan merek Femmebravile kini semakin menarik perhatian kalangan perempuan muda di Indonesia. Pasalnya, brand yang lahir pada tahun 2014 ini berhasil mendatangkan berbagai variasi tas dengan harga yang sangat terjangkau. Dari handbag, clutch, hingga card holder sekalipun bisa kamu temukan di sini.


    Chapelet



    Selanjutnya, ada Chapelet dengan desain tas minimalis mereka. Menggunakan bahan kulit yang halus, alih-alih bermain dengan tekstur atau motif, Chapelet lebih memaksimalkan dalam potongan dan jahitan tas mereka. Baru-baru ini, Chapelet mengeluarkan model tas baru yang berukuran mini. Sebelumnya mereka juga pernah mengeluarkan tote bag yang dapat dialihfungsikan menjadi sebuah clutch.


    KEA Live Laugh Love


    Brand tas yang satu ini menawarkan berbagai tas dengan model yang, yah, bisa dikatakan, “Indonesia banget”. Seperti tas berbentuk bungkus indomie goreng yang sempat viral beberapa waktu lalu, misalnya. Atau penggunaan motif tenun dan tokoh-tokoh wayang pada desain tas yang lain.


    Tulisan


    Tulisan merupakan salah satu brand yang berhasil meleburkan unsur kreativitas dengan latar belakang desain yang unik. Alhasil, konsumen pun akan ikut terserap dalam cerita produk tersebut. Bahan yang digunakan bersifat waterproof dan tidak mudah kotor. Oh ya, Tulisan juga telah menyatakan diri mereka sebagai label yang sustainable, lho!


    Dowa


    Tas yang satu ini hadir dari kota Yogyakarta. Tas Dowa memiliki ciri khas sebagai tas yang dibentuk melalui teknik rajutan, menghasilkan tas dengan desain yang cantik dan feminim. Meski sebagian besar tasnya melalui proses rajutan, tapi tenang, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.


    Doris Dorothea


    Untuk kamu yang mencintai produk kulit, kamu tidak boleh melewatkan tas dari Doris Dorothea. Tas ini hanya menggunakan kulit reptil terbaik dalam produksi tasnya. Karena kualitasnya yang tinggi, pantas saja kalau Doris Dorothea sangat diminati di negara-negara Timur Tengah hingga Eropa.


    One Fine Sky


    Terakhir, ada tas kanvas dari brand One Fine Sky. Terkenal akan desain mereka yang minimalis, One Fine Sky ternyata memiliki visi yang sangat mulia. Pasalnya, seluruh profit yang didapat akan disalurkan pada pemberian donasi bantuan untuk masyarakat.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Instagram @onefinesky, @adorableprojects, @dowaofficial, @mytulisan, @s.rw, @b_y_o_, @aestheticpleasure_, @dorisdorotheaofficial, @femmebraville, @bychapelet, @jewelnot, @kealivelaughlove)