Better You

8 Fakta Unik Tentang Vagina yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

  by: Giovani Untari       7/3/2021
    • Miss Cheerful selalu menjadi organ yang istimewa (dan amazing!) dalam hidup kita.
    • Ada banyak hal unexpected yang bisa terjadi di bawah sana. Psst... mari menyingkap faktanya satu per satu!

     

    Mulai dari bisa membersihkan dirinya sendiri, mampu meregang hingga 200 kali lipat (dan tetap bisa kembali ke bentuk semula!). Bahkan siapa sangka jika vagina ternyata memiliki pH yang mirip dengan wine! Sudah siap Cosmo ajak untuk mengetahui fakta mind-blowing lainnya tentang vagina?




    1. Bisa memberi tahu kapan masa subur kamu

    Jadi selain mengetahui masa subur melalui aplikasi kalender siklus menstruasi, sekarang kamu juga bisa melihatnya dari warna lendir yang dikeluarkan oleh serviks. Vagina akan mengeluarkan lendir serviks yang berwarna putih bening, tidak berbau, dan stretchy saat kita memasuki masa subur. 



    2. Memiliki banyak bakteri baik di dalamnya

    Area Miss Cheerful adalah sebuah ekosistem yang terdiri dari bakteri dan jamur baik di dalamnya. Untuk menjaga keseimbangan pH di bawah sana, sebaiknya kamu tidak melakukan douching. Membersihkan vagina melalui douching justru akan membuatnya iritasi dan bisa memicu penyakit seperti bacterial vaginosis serta infeksi jamur.


    3. Okay, vagina juga bisa membersihkan dirinya sendiri

    It’s magical, right? Inilah yang membedakan vagina dengan organ tubuh kita lainnya! Meski begitu, area vagina terbilang sangat sensitif. Terlalu sering membersihkannya dengan sabun (apalagi yang mengadung parfum) justru bisa menyebabkan kelembapannya terganggu. Cukup bantu vagina membersihkan diri dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan kain atau tisu bersih setelahnya.


    4. Vagina ternyata memiliki pH keasaman yang mirip dengan wine

    Vagina yang sehat umumnya memiliki kadar pH sekitar 3,8 – 4,5. Yang mana ternyata kadar asam tersebut mirip dengan pH wine yaitu 3 - 4. Wow!


    5. Menjadi satu-satunya organ yang mampu meregang dan kembali lagi ke bentuk semula!

    Pada saat melahirkan, vagina bahkan mampu meregang hingga 200% dari bentuk awalnya! Selain itu, vagina juga satu-satunya organ tubuh manusia yang bisa kembali ke bentuk semula lagi meski telah meregang. “Jadi vagina Anda tidak akan berubah begitu saja ketika Anda melahirkan, melakukan seks dengan Mr. Happy yang besar, atau menggunakan dildo berukuran large,” ujar Hilda Hutcherson, MD, seorang Profesor obgyn di Columbia University Medical Center. 




    6. Klitoris jauh lebih sensitif dibanding Mr. Happy

    Tahukah kamu bahwa klitoris memiliki lebih dari 8.000 titik saraf yang membuatnya begitu sensitif atas rangsangan, sentuhan, suhu, dan tekanan. Itu mengapa klitoris bisa membuat kita merasakan kenikmatan seksual secara maksimal. Sedangkan Mr. Happy “hanya" mempunyai sekitar 4.000 titik saraf di dalamnya.


    7. Well, vagina bukanlah sebuah black hole

    Pernah berpikir Miss Cheerful bisa menghilangkan apa saja di dalamnya (seperti tampon atau menstrual cup)? Of course not, babes! Di dalam area kewanitaan kita terdapat mulut rahim atau serviks yang siap membatasi benda-benda asing berukuran besar yang masuk ke dalamnya. Fiuuh!


    8. Membesar hingga dua kali lipat saat terangsang

    Fenomena ukuran vagina yang membesar hingga dua sampai tiga kali lipat disebut sebagai tenting. Ini biasanya terjadi saat kamu sedang terangsang. Melalui tenting, vagina pun bisa lebih mudah mengarahkan sperma ke arah serviks untuk memulai proses pembuahannya.



    (Giovani Untari / FT / Images: Dok. by Wesley Carvalho from Pexels, Nataliya Vaitkevich from Pexels, cottonbro from Pexels/ Artikel pernah dimuat di halaman COSMO GYNO E-Magazine Cosmopolitan Indonesia edisi Januari - Februari 2021 dengan judul ALL THE VAGINA FACTS, CHECK!)