Celebrity

Inspiring! Simak Pesan Nadine Chandrawinata untuk Para Perempuan

  by: Giovani Untari       10/3/2021
  • Dikenal sebagai sosok selebriti sekaligus environmentalist yang begitu concern pada isu lingkungan dan perempuan, membuat Cosmo tertarik berbincang lebih dalam bersama Nadine Chandrawinata. Simak pandangannya terhadap dunia dan perempuan, serta pesannya untuk para perempuan muda di luar sana yang sedang menggapai mimpinya. So insightful!


    Dalam memperingati Hari Perempuan Internasional (8 Maret), bagaimana cara kamu memaknai dan merayakan momen yang didedikasikan untuk perempuan ini?

    Caranya setiap hari kita harus berpikir bahwa kita adalah perempuan yang bisa melakukan apa saja dan memiliki ruang gerak yang luas, bukan hanya di dapur saja. Untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, tentu kita juga harus ikut bersuara pada tanggal 8 Maret. Tetapi yang penting, kita harus melakukan sesuatu yang bermanfaat setiap harinya, bukan hanya di tanggal 8 Maret saja. Kita juga harus berani berkomitmen pada apa yang kita ucapkan dan bertindak lebih bijak untuk banyak orang di sekitar kita. Karena apa yang kita lakukan bisa menjadi contoh bagi para perempuan lain dan masyarakat luas di luar sana. Hari Perempuan Internasional memang harus dirayakan untuk dijadikan peringatan bahwa kita adalah perempuan yang kuat dan mau untuk bersama berjalan maju. Sekaligus menunjukkan bahwa kita perempuan, bisa mencapai apapun yang kita mau.




    Bagaimana seorang Nadine Chandrawinata mendeskripsikan kekuatan sesungguhnya dari seorang perempuan?

    Perempuan terlahir menjadi sosok yang memiliki sisi lembut dibandingkan laki-laki. Dan perempuan nantinya akan menjadi seorang ibu, seorang pasangan hidup, adik, atau kakak. Jadi sebenarnya kita adalah seseorang yang kuat. Dan menurut saya, kekuatan sesungguhnya dari perempuan adalah karena kita bisa menangani segala masalah dalam hidup dengan kelembutan, bukan dengan kekerasan. Lewat kelembutan tersebut kita bisa merangkul mereka yang jahat pada kita dan lebih bisa mengurangi konflik dalam sebuah permasalahan yang ada.



    Apa aksi kecil/sederhana yang perempuan bisa lakukan untuk menjadi berdaya dan mampu membuat impact (baik bagi dirinya sendiri, lingkungannya, hingga komunitasnya)?

    Aksi kecil yang bisa kamu lakukan adalah dengan berani melangkah. Hal yang terdengar sederhana, namun nyatanya masih banyak orang di sekitar kita yang takut untuk berbicara apalagi melangkah. Kenapa ada ketakutan tersebut? Itu karena banyak dari kita yang masih dipenuhi pemikiran seperti perempuan ruang geraknya hanya terbatas di rumah dan di dapur. Perempuan tidak boleh terlihat, mereka tdak boleh menjadi leader. Lalu pemikiran bahwa perempuan hanya bisa men-support pasangan hidupnya saja. Karena mindset tersebut, akhirnya banyak perempuan yang takut untuk melangkah lebih jauh.

    Padahal perempuan punya ruang gerak yang sama dengan laki-laki, tanpa harus mengurangi peran dia sebagai seorang anak, saudara, istri dan ibu. Jadi aksi kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan berani melangkah! Lalu mengubah mindset agar lebih positif dan berani meraih apapun yang kita inginkan. Karena perempuan bukan hanya lahir untuk keluarganya saja tetapi ia lahir untuk menikmati hidupnya dan mencapai apa yang ia inginkan.


    Apa saja hal-hal yang kamu lakukan untuk diri sendiri agar selalu merasa berdaya dan kuat?

    Untuk merasa berdaya dan kuat, kita harus melakukan hal yang kita suka dan bisa membuat diri kita bahagia terlebih dahulu. Dengan begitu energi positif dalam diri kita pun pasti akan ikut terpancar. Namun jangan lupa bahwa dalam hidup ada yang namanya proses. Kita mungkin akan dihadapkan pada banyak hal yang tidak menyenangkan, kegagalan, atau cobaan lainnya. Tapi percayalah saat kita bisa melalui segala prosesnya, itu akan membuat kita lebih kuat dan merasa berdaya.


    Ilustrasi oleh Risangdaru.


    Adakah satu nasihat terbaik dari sosok perempuan/mentor yang pernah kamu terima dan jadikan prinsip untuk mengarungi karier ataupun kehidupan sehari-hari?

    Saya belajar banyak dari sosok ibu saya. Beliau adalah tipe orang yang tidak banyak meminta dan pantang untuk mengucap kata "nanti". Saya akhirnya selalu mengingat prinsip tersebut. Bila ingin melakukan sesuatu sebisa mungkin akan saya lakukan saat itu juga dan belajar untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Beliau juga membuat saya belajar untuk mengejar apapun yang saya inginkan, dan memahami bahwa semua permasalahan sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara dibicarakan baik-baik.



    Menurut kamu, faktor apa saja yang bisa membuat seorang perempuan sukses (baik dalam konteks karier ataupun kehidupan personal)?

    Di dalam dua konteks ini tentu dua-duanya bisa dicapai, selama dilakukan dengan seimbang. Dan definisi sukses itu jelas berbeda-beda bagi setiap orang. Contohnya bagi saya di rumah, definisi sukses itu ketika saya bisa memasak untuk suami dan nantinya untuk anak saya. Karena jujur, awalnya saya tipe yang tidak pernah memasak untuk orang lain. Tetapi karena saya senang memberikan sesuatu orang di rumah, memasak menjadi hal yang baru bagi saya. Dalam karier, definisi sukses menurut saya adalah ketika bisa bekerja sama dengan orang di sekitar kita. Karier yang kita jalani tentu tidak bisa berjalan sendiri. Kita sebagai mahluk sosial harus bisa bertoleransi dan bekerja sama dengan banyak orang. Jadi sukses di karier bagi saya adalah saat kita bisa konsisten, selalu berkomitmen, dan mampu bekerja sama dengan partner kerja kita.




    Pernah menghadapi tantangan terberat dalam karier karena masih ada batasan dalam gender di bidang kerja? Jika pernah, bagaimana kamu menghadapinya?

    Karena bidang yang saya tekuni berhubungan dengan travelling dan juga menulis buku, awalnya banyak yang sangsi apakah saya bisa melakukan itu semua meski saya seorang perempuan. Tapi dari situ saya mencoba melakukannya dengan mengandalkan kemampuan saya sendiri, seperti saat saya mendaki gunung Everest dan mencoba berbagai laut di Indonesia untuk diving. Banyak perempuan yang dianggap tidak bisa melakukan itu karena berurusan dengan fisik. Yang ingin saya tunjukkan adalah perempuan itu juga bisa melakukan apa saja, selama persiapannya matang! Awalnya saya juga kurang dipercaya tetapi ketika saya berhasil membuktikan bahwa saya bisa, itu menjadi sebuah semangat baru bagi saya untuk kembali berkarya. Dan semoga membuat perempuan lain di luar sana juga mau mencoba berbagai kesempatan yang ada dalam hidup mereka. Karena selama kita punya persiapan yang matang, kita pasti bisa mencapai dan melakukan apapun dalam hidup. Jadi jangan pernah takut!


    Menurut Nadine, mengapa penting untuk saling mendorong perempuan agar sama-sama maju?

    Karena perempuan terlahir untuk saling support dan tidak bisa berjalan sendiri. Perempuan juga merupakan sosok yang perasa jadi kita butuh berada di lingkungan yang bisa memberikan support atau motivasi, agar terus bersemangat dan tidak tenggelam pada kesedihan. Terkadang perempuan sering hanyut dalam perasaan dan emosi, dan menurut saya itu sebuah hal wajar karena perempuan memang terlahir dengan kelembutan. Dan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk memberikan motivasi adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Karena perempuan suka didengar dan bercerita. Kita juga bisa memberi masukan dari semua sisi dan berikan contoh nyata atas apa yang bisa perempuan di sekitar kita lakukan. Ini semua agar ia bisa bangkit dan bersemangat kembali untuk hidupnya.



    Di era modern ini, apa yang paling kamu syukuri dari menjadi seorang perempuan?

    Saya bersyukur bisa berbicara, mencapai banyak hal yang saya inginkan, dan berani melangkah. Saya pun juga bisa fokus pada lingkungan, menggunakan teknologi untuk mencari tahu terlebih dahulu segala hal dari bidang yang saya tekuni. Sehingga nantinya saya punya materi untuk dibagikan, lalu turun langsung ke lapangan dan mensosialisasikan segala pengetahuan tersebut. Saya bersyukur bisa melakukan itu semua. Sekarang saya bisa juga punya Seasoldier sebuah yayasan ramah lingkungan yang terdiri dari 14 regional. Yang paling membanggakan, saya dan partner saya Dinni Septianingrum merupakan perempuan.


    Pesan atau saran apa yang akan kamu beri pada perempuan muda di luar sana yang baru saja memulai perjalanan kariernya/mimpinya?

    Jangan takut untuk melangkah dan jangan takut juga mengalami sebuah kegagalan. Nikmati prosesnya karena saat kita bisa menikmatinya, kita akan sadar bahwa ada banyak sekali pembelajaran yang nantinya akan berguna untuk langkah kita yang lebih tinggi lagi. Jangan takut untuk bercita-cita dan meraih mimpi. Pada akhirnya kesuksesan jelas membutuhkan waktu dan tidak instan. Karena segala hal yang instan itu akan cepat juga hilangnya.


    "Jangan takut untuk melangkah dan jangan takut juga mengalami sebuah kegagalan. Nikmati prosesnya karena saat kita bisa menikmatinya, kita akan sadar bahwa ada banyak sekali pembelajaran yang nantinya akan berguna untuk langkah kita yang lebih tinggi lagi."

    -Nadine Chandrawinata-


    (Giovani Untari / FT / Images: Dok. Nadine Chandrawinata, Instagram @nadinelist / Ilustrasi Quotes: Risangdaru / Opening Image Layout: S. Dewantara)