Beauty

Ini Penjelasan Tentang Maskne dan Cara Mengatasinya

  by: Fariza Rahmadinna       10/3/2021
  • Di Era New Normal seperti saat ini, mengenakan masker wajah adalah salah satu kewajiban untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi, kebiasaan baru ini menimbulkan sejumlah masalah kulit, khususnya pada jenis kulit sensitif, berminyak, dan yang mudah berjerawat.


    Menurut American Academy of Dermatology, pemakaian masker wajah memang terkait dengan munculnya jerawat, komedo, ruam kemerahan, dan masalah kulit lainnya. Munculnya jerawat yang disebabkan oleh pengguaan masker kini dikenal dengan sebutan Maskne (Mask Acne). Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Maskne, simak ulasannya di bawah ini, ya girls!




    Apa itu maskne (Mask Acne)?


    Dikutip dari Instyle, menurut dokter kulit New York City—Michelle Henry, M.D—mengatakan bahwa Maskne diambil dari kata mask yang berarti penutup wajah dan kata acne yang berarti jerawat. Jadi, Maskne adalah sebutan untuk jerawat yang muncul karena disebabkan oleh penggunaan masker wajah. Sebenarnya, masalah kulit serupa akibat penggunaan masker wajah juga pernah terjadi selama krisis SARS beberapa tahun lalu. Maka dari itu, sebenarnya sebutan Maskne ini tidak hanya merujuk pada jerawat akibat penggunaan masker wajah selama pandemi Covid-19 saja.


    Apa penyebab maskne?


    Dokter Michelle Henry menjelaskan lebih lanjut, Mask Acne ini bisa muncul karena disebabkan adanya gesekan masker secara terus menerus ke wajah yang bisa menimbulkan luka kecil yang membuat bakteri dan kotoran mudah masuk ke dalam pori-pori wajah. Lalu ditambah suasana lembap dan basah di bagian wajah yang tertutup masker.


    Sama seperti penjelasan Dokter Michelle, menurut dokter kulit Tiffany J. Libby, MD, asisten profesor dermatologi di Brown University, menjelaskan bahwa setiap gesekan bisa menyebabkan iritasi sehingga dapat mendorong bakteri masuk ke dalam kulit, yang dapat menyebabkan peradangan yang kemudian memicu munculnya jerawat. Bahkan, bernafas saat mengenakan masker juga menimbulkan hawa panas dan lembap di sekitar wajah yang mengarah pada penumpukan keringat, sebum dan bakteri.


    Karena disebabkan oleh penggunaan masker wajah, maka tak heran jika jerawat ini muncul pada area-area wajah yang tertutup masker, seperti di sekitar hidung, dagu, dan pipi.


    Jadi, bagaimana cara mencegah dan mengatasi munculnya Mask Acne?


    1. Cuci Wajah Sebelum Dan Sesudah Memakai Masker Wajah


    Selain wajib menggunakan masker wajah, kamu juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, dan sebisa mungkin menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Tak hanya itu saja, kamu harus memastikan kebersihan wajah dengan rutin membersihkan wajah menggunakan facial cleanser yang lembut sebelum dan sesudah menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri terperangkap di bawah masker dan mendorongnya lebih jauh ke dalam kulit yang dapat memicu munculnya jerawat.


    2. Ganti Masker Wajah Secara Berkala


    Mengutip dari informasi di Covid19.go.id, Dokter Reisa Broto Asmoro (juru bicara Covid-19) penggunaan masker disarankan maksimal hanya empat jam, dan harus diganti dengan yang baru atau yang masih bersih—terutama bila masker wajah sudah basah atau terlalu lembap. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk membawa persediaan masker bersih ketika harus beraktivitas di luar rumah. Selain itu, hindari menggunakan masker wajah yang sama secara berturut-turut. Cuci masker wajah setelah digunakan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang dapat menempel pada kain (dan kemudian berpindah ke wajah kamu).


    3. Hindari Produk Skincare dan Makeup yang Tebal


    Untuk mencegah dan mengatasi maskne ini, sebaiknya hindari penggunaan produk skincare yang tebal dan oklusif. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan penumpukan bakteri, kotoran, dan sebum yang bercampur dengan produk skincare yang tidak terserap maksimal ke dalam kulit. Pilihlah produk-produk skincare yang berbahan dasar air karena dinilai lebih ringan namun tetap mampu mencegah dan melindungi kulit dari peradangan.




    Selain itu, sebaiknya hindari juga penggunaan makeup yang terlalu tebal. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan makeup, kok! Kamu tetap bisa mengenakan makeup, asalkan formulanya ringan dan tidak terlalu tebal. Jika kamu memang cenderung memiliki kulit berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup tebal saat memakai masker. Hal ini akan memicu pertumbuhan bakteri di dalam pori-pori yang menyebabkan jerawat. 


    (Fariza Rahmadinna/VA/Images: Dok. Anna Shvets/Pexels)