Fashion

20 Ide Makeover Jeans yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

  by: Redaksi       12/3/2021
  • Ok, Cosmo akui sekarang Cosmo tidak lagi memakai denim sesering sebelum pandemi tetapi, berbicara dari pengalaman, mengenakan jeans adalah cara paling sederhana untuk tampil modis ketika kamu sudah mulai lelah dengan leggings dan sweatpants. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau jeans lamamu kini sudah mulai terlihat membosankan, atau setidaknya sudah tidak cocok lagi dengan estetismu. Nah, kamu tahu nggak, sih, ternyata ada banyak sekali cara untuk makeover jeans yang bisa kamu lakukan sendiri?

    Secara umum, ketika kamu sudah mulai jenuh dengan kegiatan monoton yang kamu lakukan selama berdiam diri di rumah, proyek do it yourself (DIY) adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu dan (semoga saja) berakhir dengan barang lucu yang dapat kamu pamerkan ke temanmu.



    Dalam konteks makeover, jeans merupakan material yang serbaguna. Kamu bisa melunturkan warnanya, memotongnya, bahkan mengubahnya menjadi rok, atasan, hingga dress. Di sini, Cosmo telah mengumpulkan 20 ide makeover untuk denim dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

    Oh, yang terpenting, kamu tidak perlu memiliki mesin jahit untuk melakukan sebagian besar dari ide-ide di bawah ini! Meski membutuhkan waktu sedikit lebih lama, kamu dapat memilih untuk menjahit dengan tangan atau bahkan tanpa jahitan sama sekali. Terus scroll ke bawah untuk mendapatkan inspirasi dengan video tutorial pelengkapnya!

    Potong dan pertahankan jahitan original-nya


    Terkadang, kamu ingin membuat jeans yang kamu miliki menjadi lebih pendek, tetapi kamu tidak ingin meninggalkan ujungnya dengan benang-benang yang menjuntai. Video yang satu ini menunjukkan dengan tepat bagaimana cara memangkas denim yang terlalu panjang sambil tetap memprtahankan keliman asli dengan sedikit jahitan. Kamu juga dapat melakukannya dengan tangan, tetapi mesin jahit akan membantumu bekerja lebih cepat.

    Potong dan biarkan


    Jika kamu tidak keberatan dengan tampilan yang terlihat unfinished, cara paling mudah untuk memotong jeans adalah dengan memotongnya dengan gunting dan dengan pinset atau kuku tarik benang di bagian bawah. Trik ini akan memberi tampilan edgy dan kamu bisa membuatnya serumit yang kamu mau.

    Ripped jeans


    Berbicara tentang teknik unfinished, berikut adalah video yang menunjukkan cara memberi robekan atau lubang pada jeans kesayanganmu. Jika menurutmu tampilan ripped pada video di atas terlalu banyak, kamu bisa melakukannya di tempat-tempat tertentu, kok!

    Two-tone jeans


    Tidak heran kalau trik satu ini menjadi tren yang viral di TikTok. Prosesnya sangat sederhana, sih. Usapkan dengan kuas cairan kombinasi bleach dan air pada salah satu bagian jeans-mu (depan dan belakang), tunggu kering dan warnanya luntur, masukkan ke dalam mesin cuci, dan voila! Kamu selesai! Efek two-tone-nya keren banget, kan?

    Lunturkan hingga shades yang lebih muda


    Punya jeans yang sedikit terlalu gelap? Kamu bisa mengubahnya menjadi lebih terang dengan merendamnya di dalam bleach. Semakin lama direndam, hasil akhirnya akan menjadi semakin terang. Tonton video di atas untuk mengetahui caranya.

    Patterned jeans


    Dengan kuas sponge, aplikasikan campuran bleach dan cat ke permukaan jeans dalam bentuk pola yang kamu inginkan. Hasilnya akan terlihat unik.

    Criss-cross jeans


    Beberapa tahun belakangan, penampilan jeans dengan resleting dan kancing yang asimetris sudah menjadi gaya yang populer dan, berita baiknya, kamu bisa melakukan ini sendiri! Simak video di atas untuk mempelajari caranya.

    Patchwork jeans



    Wow, hasil akhir dari jeans dengan teknik patchwork ini terlihat sangat bagus! Ambil sedikit potongan dari pakaianmu yang lain, dalam warna dan motif berbeda, lalu jahit semuanya untuk menghasilkan jeans keren yang satu ini.

    Jeans x bandana


    Kumpulkan berbagai bandana dalam warna yang berbeda dan tempelkan pada jeans-mu menggunakan lem kain atau jahitan.

    Satukan dengan trackpants




    Sekilas celana ini terlihat seperti two-tone pants, tapi ternyata material di bagian belakang sangat berbeda dengan bagian depan. Lepas jahitan samping pada jeans dan gabungkan dengan setengah bagian trackpants seperti video di atas.

    Lukis!


    Kalau kamu punya jiwa artistik yang kuat, ambil cat kain dan lukislah semua jeans-mu! Kamu akan membuatnya terlihat sangat unik dengan menambahkan sentuhan personal dari karya-karyamu. Ditambah lagi, orang-orang pasti akan memuji skill melukismu.

    Sematkan garis di bagian samping jeans


    Kamu bisa melakukan makeover ini dengan menggunakan bleach atau, jika mengikuti video YouTube di atas, menggunakan pita dengan warna kontras. Sangat mudah, ya!

    Mengubah low-waisted menjadi high-waisted


    Ya, bukan hal yang tidak mungkin untuk mengubah jeans-mu menjadi high-waisted. Trik ini membutuhkan tingkat skill yang lebih tinggi dengan mesin jahit, tapi jika kamu memusatkan pikiran, Cosmo yakin kamu pasti bisa. Simak video di atas untuk melihat prosesnya dan coba sendiri.

    Mengubah ukuran jeans yang kebesaran


    Hampir semua orang memiliki jeans seperti ini di lemari mereka: Jeans yang pada awalnya pas dengan badanmu tapi sekarang kebesaran atau jeans yang memang sudah terlalu besar tapi malas kamu bawa ke tukang jahit. Kabar baik: Kamu ternyata dapat mengecilkannya sendiri di rumah.

    Menghilangkan jarak di belakang pinggang


    YouTuber satu ini mencoba trik TikTok untuk memperbaiki sisa jarak yang terdapat di bagian pinggang jeans dan, surprisingly, trik ini berhasil! Bahkan kamu tidak memerlukan mesin jahit untuk melakukannya. Jahit dengan tangan dalam sebuah pola, tarik jahitan tersebut, dan jarak itu akan hilang dengan sekejap.

    Ubah jeans menjadi shorts


    Ide makeover lain yang mudah untuk dilakukan adalah mengubah jeans menjadi celana pendek yang cocok untuk musim panas. YouTuber satu ini menyelesaikannya dengan tampilan unfinished dan memotong lubang di bagian bawah. Sedikit peringatan: celana pendekmu akan terlihat lebih bagus jika kamu memotongnya dalam posisi diagonal.

    Bosan dengan celana? Ganti menjadi rok


    Dalam kasus ini, kamu harus membuka jahitan samping jeans dan menambalnya dengan denim tambahan di bagian depan dan belakang. Terdengar merepotkan, tapi percaya, deh, hasil akhirnya yang lucu sangat worth it.

    Terlalu simple? Tambahkan detail kancing


    Video ini sedikit mirip dengan yang sebelumnya, tapi kali ini dibutuhkan langkah tambahan untuk menyematkan kancing di bagian depan. Kamu bisa menggunakan kancing model apapun, mulai dari yang terlihat mewah sampai yang berbeda dengan satu sama lain pun bagus untuk digunakan.

    Ingin makeover yang lebih ekstrim? Ubah menjadi atasan


    Oke, mungkin trik yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang sudah punya skill advanced dalam menjahit. Kamu bisa menciptakan sebuah crop top denim dengan detail lengan bersayap dan bagian belakang menggunakan resleting. Tapi tenang, video ini menjelaskan prosesnya dengan mendetail sehingga, walaupun kamu masih seorang pemula, ada kemungkinan tetap bisa melakukannya.

    Jadikan sebuah dress


    Trik yang satu ini juga membutuhkan skill dan waktu yang lebih banyak, tapi jika kamu sedang mencari proyek rumit yang bisa dilakukan dengan tangan, kamu dapat mengubah jeans-mu menjadi sebuah dress tanpa tali yang lucu. YouTuber di atas bahkan membuat miliknya tanpa menggambarkan pola terlebih dahulu.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida/ EDT DA / Opening image: Ian Deng on Unsplash)