Fashion

Apa Arti dari Pilihan Warna Pakaianmu tentang Dirimu

  by: Redaksi       13/3/2021
  • Manusia merupakan makhluk visual, artinya adalah manusia memiliki daya tangkap visual paling baik dibandingkan dengan makhluk hidup lain. Karena itu, apa yang dilihat oleh mata manusia dapat mempengaruhi persepsi orang tersebut terhadap dunia. Seperti penggunaan warna, misalnya. Warna memiliki peran penting dalam branding sebuah perusahaan atau individu sekalipun. Dengan warna tertentu kamu dapat menentukan mood dan suasana yang akan ditangkap oleh orang di sekitarmu. Tidak terkecuali dalam fashion.




    Dunia tidak membutuhkan Miranda Priestly dari film The Devil Wears Prada untuk memberi tahu kalau pakaian yang dipakai mengatakan sesuatu tentang diri kita. Percaya atau tidak, segala hal yang terjadi di hidup ini tidak ada yang sebatas “kebetulan” semata. Tanpa sadar, pikiranmu mendasari seluruh pilihan yang kamu ambil. Apa yang kamu kenakan merupakan bagian dari bentuk pengekspresian diri. Bahkan pakaian yang tidak sengaja kamu pikirkan mengirim pesan tentang siapa kah kamu dan bagaimana kamu ingin orang lain melihat diri kamu. Tapi pesan seperti apa yang dibicarakan sebenarnya?


    Jadi, jika kamu menemukan dirimu mencari suatu warna secara spesifik sedikit lebih sering dibanding warna lainnya, seperti, yah, pakaianmu sekarang, simak penjelasan di bawah mengenai arti warna tersebut terhadap personaliti kamu.


    Jika kamu mengenakan warna hitam…


    Hitam merupakan salah satu warna paling populer di industri fashion karena tidak dibutuhkan effort lebih untuk membuat warna hitam terlihat bagus dalam pakaian. Meski kamu akan terlihat mewah, eksklusif dan powerful dalam balutan warna hitam, namun jika terlalu berlebihan kamu bisa terlihat susah untuk didekati.


    Jika kamu mengenakan warna merah…


    Merah sering diasosiasikan dengan rasa berani dan passionate, begitulah yang terjadi dengan pakaianmu. Ketika kamu memilih warna merah, tanpa sadar kamu akan merasa lebih semangat. Eits, tapi hati-hati, ya, girls. Karena, jika kamu mengenakan warna mereah yang salah, seperti warna merah dengan undertone hangat bersama warna hitam, kamu justru akan terlihat agresif dan demanding.


    Jika kamu mengenakan warna putih…


    Putih sering dikaitkan dengan sifat yang jernih, bersih, dan suci. Tapi putih bisa lebih dari itu. Sama halnya dengan hitam, warna putih menimbulkan rasa keseimbangan. Maka dari itu kamu selalu dianjurkan untuk mengenakan warna putih dengan statement piece yang memiliki warna dan motif yang berani.


    Jika kamu mengenakan warna coklat…


    Coklat kerap dikaitkan dengan stabilitas, keamanan, dan mudah diandalkan. Coklat juga sering kali terkesan down-to-earth, karena, ya, warnanya seperti tanah. Maka dari itu, warna coklat sangat efektif untuk dipakai berkomunikasi karena membuatmu terlihat lebih approachable.


    Jika kamu mengenakan warna ungu…


    Ungu adalah warna yang melambangkan imajinasi dan spiritualitas yang tinggi. Warna ini menandakan kalau kamu memiliki jiwa kreatif, cinta terhadap seni dan kekayaan (baik dalam konotasi barang benda maupun pengetahuan).




    Jika kamu mengenakan warna oranye…


    Oranye merupakan warna yang cukup unik. Tidak banyak orang yang langsung mencari warna ini dan hal itu ada alasannya. Sebagian besar orang menghindari warna ini karena oranye adalah warna yang penuh dengan tantangan. Warna ini terkesan sensual dan spontan. Buruknya, terkadang warna ini dapat terlihat thoughtless, kamu bisa terkesan tidak dewasa dan tidak bertanggung jawab.


    Jika kamu mengenakan warna hijau…


    Dalam spektrum warna, hijau berada di posisi tengah, maka dari itu hijau dapat digolongkan sebagai warna keseimbangan dan pemulihan. Hijau juga dikaitkan dengan alam, stabilitas finansial, dan kedermawanan.


    Jika kamu mengenakan warna kuning…


    Meski sering dikaitkan dengan kebahagiaan dan optimisme, tapi ternyata kuning memiliki “sisi gelap”, lho. Kuning adalah warna yang sangat menggambarkan emosi seseorang, seperti ego dan rasa percaya diri semuanya tergambarkan dari warna ini. Tapi, jika kamu salah memilih shade yang tidak tepat, kuning dapat melambangkan rasa takut dan kegelisahan.


    Jika kamu mengenakan warna biru…


    Warna biru terkenal dengan intelegensi seseorang, kesetiaan, dan perdamaian. Ini warna yang tepat jika kamu mencari pakaian untuk dikenakan ke sebuah wawancara atau rapat penting karena dapat membantumu merasa lebih terkontrol, tenang, dan berhasil.


    Jika kamu mengenakan warna abu-abu…


    Abu-abu merupakan warna transisi, terkesan netral dan solid. Maka dari itu, warna ini juga sering mengimplikasikan rasa tenang dan keheningan.


    Jika kamu mengenakan warna pink


    Pink adalah warna yang feminin, romantis, dan melambangkan rasa cinta. Warna pink merupakan versi lebih lembut dari merah sehingga passion yang direfleksikan lebih ke arah kasih sayang, nurturing, dan unconditional love.


    (Nabila Nida Rafida / EDT DA/ Image: Instagram @hyunah_aa, @badgalriri, @arianagrande, @kamalaharris, @anyataylorjoy, @kendalljenner, @kourtneykardash, @khloekardashian, @dlwlrma, @parishilton, @jennierubyjane)