Lifestyle

Cosmo Honest Review: Samsung Galaxy Buds Pro, Cerdas dan Penuh Gaya!

  by: Alvin Yoga       15/3/2021
    • Samsung merilis Galaxy Buds Pro, bluetooth earphone atau true wireless stereo (TWS) terbaru dari Samsung.
    • Ada banyak kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy Buds Pro, serta fitur-fitur terbaru yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna di masa kini yang aktif secara virtual.
    • Samsung Galaxy Buds Pro hadir dengan tiga pilihan warna: Phantom Black, Phantom Silver, dan Phantom Violet dengan harga Rp2.999.000,-.


    Samsung Galaxy Buds Pro adalah earbuds true wireless terbaik yang pernah diciptakan oleh Samsung sejauh ini. Rilis pada awal tahun 2021, perangkat pendukung audio ini hadir dengan sederet update baik dari sisi desain maupun spesifikasi. Dengan harga Rp2.999.000,-, kamu bisa mendapatkan bluetooth earphone dengan desain ergonomis yang nyaman digunakan, lengkap dengan kualitas suara yang menakjubkan, Active Noise Canceling (ANC) serta sederet fitur menarik lainnya. Here’s our honest review.




    Desain

    Samsung Galaxy Buds Pro hadir dengan tiga pilihan warna: yaitu Phantom Silver, Phantom Black serta Phantom Violet, dan ketiga warna tersebut selaras digunakan bersama dengan Samsung Galaxy S21 series.

    Bicara mengenai desain, Samsung Galaxy Buds Pro sekilas mirip dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Buds+, namun case-nya lebih mirip dengan Samsung Galaxy Buds Live—berbentuk kotak persegi dengan sudut yang melengkung di keempat sisinya. Letak port USB dan lampu indikatornya masih serupa, di mana port USB type-C terletak di belakang, sedangkan lampu indikator baterai terletak di bagian depan.


    Untuk tampilan earbuds, Samsung Galaxy Buds Pro masih mengusung bentuk oval tanpa tambahan batang di bagian luar. Desain yang ergonomis ini dirancang sedemikian rupa agar lebih nyaman digunakan (termasuk bagi kamu yang menggunakan hijab) serta tidak mudah terlepas. Untuk materialnya sendiri, Samsung tetap menggunakan kualitas terbaik yang ringan digunakan, dengan sentuhan glossy dan matte yang sophisticated di bagian luar case, serta efek mirror yang sleek seperti pada Samsung Galaxy Buds Live pada bagian depan earbuds. Baik untuk buds maupun case, Samsung menggunakan material yang tidak membuat sidik jari mudah menempel. Cool, cool, cool.

    Tersedia tiga opsi ear tips di dalam kotak, namun berbeda dengan Samsung Galaxy Buds+, Samsung Galaxy Buds Pro tidak memiliki opsi wing tips. Dengan bentuk bodi yang sedikit lebih besar, hal ini membuat Samsung Galaxy Buds Pro sedikit kurang nyaman digunakan untuk waktu yang lama apabila kamu memiliki lubang telinga yang sedikit kecil seperti saya—walau perlu diakui masih jauh lebih nyaman dibandingkan Samsung Galaxy Buds Live.

    Pada awalnya saya sedikit khawatir menggunakan earphone ini, karena bentuknya yang sleek dan tidak memiliki fins membuat saya bertanya-tanya apakah earphone ini dapat bertahan di telinga saya yang cukup kecil, terutama saat saya melakukan aktivitas fisik. Saya pun mencoba menggunakan earphone ini sambil berolahraga untuk mencari tahu apakah earphone ini akan mudah terlepas. Setelah penggunaan selama seminggu sambil berlari dan melakukan push up, Samsung Galaxy Buds Pro terbukti nyaman digunakan dan tetap menempel di telinga meski saya banyak bergerak. Memang, posisinya akan sedikit bergeser dan perlu diperbaiki sesekali (mungkin karena kanal telinga saya yang kecil), namun tetap tidak mengganggu kualitas suara yang dihasilkan. Two thumbs up!

    Samsung juga menyematkan driver, speaker, area sentuh, hingga mikrofon pada kedua sisi earbuds, sehingga pengoperasian dapat digunakan baik dari sisi kanan maupun kiri. Oh ya, kalau kamu perhatikan baik-baik, ada bagian seperti penyaring suara pada bagian bawah buds. Bagian ini merupakan mesh, dan berfungsi melindungi salah satu dari tiga built-in-microphone serta menjadi wind shield saat melakukan panggilan telepon.

    Fitur dan Performa

    Samsung Galaxy Buds Pro menggunakan koneksi Bluetooth untuk bisa tersambung dengan perangkat ponsel. Kalau kamu menggunakan ponsel lain selain Samsung, kamu harus mengunduh aplikasi Galaxy Wearable terlebih dahulu (tersedia gratis di Google Play dan App Store). Menurut pengalaman Cosmo, proses pairing ketika pertama kali menyambungkan Samsung Galaxy Buds Pro dengan ponsel sangat mudah dan singkat. Setelah mengaktifkan bluetooth, saya cukup membuka aplikasi Galaxy Wearable dan ikuti prosedur yang ada. Kurang dari 10 menit, Samsung Galaxy Buds Pro sudah siap digunakan.

    Setelah terhubung, maka pada penggunaan selanjutnya, sebuah jendela notifikasi akan otomatis terbuka untuk menyambungkan perangkat ini pada ponsel. Bahkan hanya dengan membuka tutup charging case Samsung Galaxy Buds Pro, ponselmu akan langsung terhubung dengan earbuds tersebut. Smooth!

    Samsung Galaxy Buds Pro menggunakan teknologi AKG untuk mendukung kualitas audio yang dihasilkan, dan hasilnya tak perlu diragukan. Suara vokal, bass maupun treble-nya terdengar sinkron tanpa saling mendominasi. Kamu juga bisa mengatur hasil suara yang keluar melalui fitur Equalizer, meski sayang sekali belum ada opsi untuk mengatur equalizer sesuai keinginan pribadi.

    Tak hanya menghasilkan kualitas suara yang sempurna, Samsung Galaxy Buds Pro juga memiliki microphone yang mumpuni. Dengan tiga mikrofon—dua di bagian dalam untuk mengenali dari mana asal suara dan satu di bagian luar untuk menyaring suara dari sekitarmu—dijamin kamu tak akan kecewa. Saya sendiri sudah membuktikannya lewat sederet meeting virtual serta panggilan telepon. Suara lawan bicara yang dihasilkan cukup jelas, dan lawan bicara mengaku mendengar suara saya dengan jelas tanpa delay, termasuk dalam virtual meeting yang dihadiri banyak orang.

    Oh ya, saya juga sempat memakai Samsung Galaxy Buds Pro dalam salah satu IG Live, dan hasilnya benar-benar sesuai ekspektasi. Suara yang saya hasilkan maupun yang saya terima benar-benar jernih, dan tentunya tanpa delay. Begitu juga ketika saya mencoba mengambil video (ya, oke, saya mengaku saya membuat konten TikTok) dengan earbuds tersebut sebagai microphone. Suara yang dihasilkan terdengar jelas dan tanpa gangguan. Nice work, Samsung!

    Satu hal yang perlu menjadi catatan bagi saya adalah ketidakmampuan Samsung Galaxy Buds Pro untuk menerima atau menutup panggilan pada aplikasi seperti WhatsApp. Fitur tapping untuk mengangkat atau menutup telepon sejauh ini ternyata hanya berlaku untuk telepon reguler. Dengan begitu, saya tetap harus mengangkat panggilan WhatsApp dari smartphone secara langsung. Oh ya, untuk panggilan masuk, kamu juga harus menyambungkan panggilan tersebut dengan menekan opsi bluetooth setelah mengangkatnya, karena tidak langsung tersambung secara otomatis pada bluetooth earphone.

    Saya kemudian mencoba fitur lain sambil berolahraga: Block touches, dan menurut saya fitur ini benar-benar cocok untuk berolahraga. Saya tak perlu lagi khawatir earbuds yang saya gunakan keliru menganggap rambut saya yang berkeringat sebagai finger tap, dengan begitu suara musik yang keluar tidak akan terputus di tengah sesi olahraga.

    Samsung Galaxy Buds Pro dilindungi sertifikasi IPX7 (yang terbaik di kelasnya, sehingga perangkat ini memiliki water resistance serta sweat resistance) yang berarti kamu bisa menggunakannya sambil berenang di air tawar maksimal selama setengah jam, dan memakainya sambil berolahraga seharusnya tak menjadi masalah.



    Penggemar drama Korea atau serial drama di berbagai streaming service seperti Netflix dan Viu? Kamu juga bisa menonton video dengan kualitas Dolby Surround Sound hanya dengan menggunakan Samsung Galaxy Buds Pro, dan nikmati tontonan dengan kualitas bioskop! Fitur 360 Audio akan menghasilkan suara yang lebih baik dengan kualitas Dolby Atmos. Sayangnya, sejauh ini saya masih belum mampu menyambungkan perangkat Samsung Galaxy Buds Pro saya dengan laptop, sehingga saya belum bisa menonton di layar yang lebih lebar.

    Hal lain yang juga disayangkan adalah fitur 3D Audio dan automatic device switch hanya bisa digunakan jika kamu menyambungkan earbuds dengan ponsel atau tablet Samsung. Jadi, kalau kamu menggunakan merk ponsel lain, fitur tersebut belum bisa diaktifkan.

    Oke, mari beralih ke salah satu fitur andalan TWS, yaitu Active Noise Canceling (ANC). Fitur ini dapat memblokir suara sekitar, sehingga kamu dapat fokus mendengarkan audio dari earphone. Tak hanya itu, fitur ini juga memblokir suara angin, sehingga kualitas suara yang kamu hasilkan dapat diterima dengan jelas oleh lawan bicaramu.

    Pada menu Noise Control, terdapat dua level Active Noise Canceling, yang bisa kamu atur sesuai keinginan. Pilihan High bisa kamu gunakan untuk area yang bising, seperti saat kamu berada di jalan, sedangkan pilihan Low bisa kamu gunakan untuk meredam suara bass yang mendentum keras. Perlu diingat, desain Samsung Galaxy Buds Pro memberikan isolasi suara yang sempurna bahkan tanpa fitur ANC, sehingga mayoritas suara dari luar bisa dipastikan akan terblokir. Dan perlu diakui, fitur ANC pada Samsung Galaxy Buds Pro jauh lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy Buds Live.

    Selain ANC, Samsung Galaxy Buds Pro juga menawarkan opsi Ambient Sound dan Off. Berlawanan dengan ANC, Ambient Sound membuatmu dapat mendengar suara sekitar dengan cukup jelas, sehingga memungkinkanmu untuk tetap menggunakan earbuds sambil mengobrol dengan orang lain. Kamu juga bisa memilih satu dari empat pilihan pengaturan Ambient Sound pada menu Noise Control

    Salah satu fitur terbaru yang juga saya sukai dari Samsung Galaxy Buds Pro adalah Voice detect, yang secara otomatis mengubah mode Active Noice Canceling menjadi Ambient Sound, serta menurunkan volume musik dan membiarkan suara dari sekeliling masuk begitu saya mulai berbicara, sehingga saya tak perlu repot-repot menurunkan volume buds ketika saya bertemu dengan seseorang di jalan. Tak hanya itu, Samsung juga menggunakan “voice pickup unit”—yang basically merupakan sebuah akselerometer untuk mengidentifikasi pergerakan rahang—untuk mengetahui apakah benar saya yang berbicara dan bukan orang lain di dekat saya. Sekitar sepuluh detik setelah terakhir kali saya berbicara, fitur Active Noice Canceling akan kembali aktif, dan volume musik akan kembali seperti semula. C-O-O-L, right?

    Sedikit masukkan untukmu, kalau kamu sering menyenandungkan lagu (dengan kata lain kamu, ehem, menggelar karaoke atau “konser pribadi”) saat mendengarkan musik, kamu mungkin perlu menonaktifkan fitur tersebut agar tidak dianggap keliru sedang berbicara. Percayalah, saya menuliskan hal ini berdasarkan pengalaman pribadi. *wink*

    Apabila kamu menggunakan ponsel Samsung dengan One UI dan Android 11, kamu bisa menghubungkan dua Samsung Galaxy Buds sekaligus, sehingga kamu dan sahabat/pacar bisa mendengarkan musik yang sama di waktu yang bersamaan. Dan hebatnya lagi, Samsung Galaxy Buds yang digunakan tak harus Samsung Galaxy Buds Pro, Samsung Galaxy Buds apapun dapat digunakan bersamaan. Say yes to technology, guys!

    Daya tahan Galaxy Buds Pro sendiri dapat mencapai lima jam ketika fitur ANC diaktifkan. Sementara charging case-nya (ketika terisi penuh) dapat mengisi ulang daya earbuds hingga kurang lebih empat kali. Tentu saja, saya ragu ada orang yang nyaman menggunakan earbuds untuk waktu yang sangat lama, sehingga menurut saya daya baterai tersebut bukanlah sebuah isu yang besar. 

    Jika ada satu hal yang bisa menjadi masukkan, menurut saya kontrol sentuh pada Samsung Galaxy Buds Pro sedikit terlalu sensitif. Seringkali ketika saya membetulkan posisi earbuds, perangkat ini berpikir bahwa saya sedang melakukan tapping, sehingga musik yang saya dengarkan kemudian terhenti, atau justru skip forward ke lagu berikutnya.


    COSMO LOVES:

    Dengan tampilan yang elegant dan stylish serta sederet fitur terbaru yang sudah diperbarui, Samsung Galaxy Buds Pro jauh lebih cerdas dan lebih memuaskan dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Cosmo suka sekali dengan kualitas suara yang dihasilkan, dan perangkat audio ini terbukti sangat membantu untuk menemani aktivitas keseharian saya, baik untuk mendukung pekerjaan atau kegiatan favorit sehari-hari seperti mendengarkan musik dan menonton video dari streaming service. Berbagai fitur pendukungnya pun diperbarui sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna di masa kini, seperti Active Noise Canceling, Ambient Sound, Block Touches, Voice Detect dan 3D Audio.

    Tentu ada beberapa hal yang juga perlu menjadi catatan ke depannya, seperti misalnya pengoperasian area sentuh serta dust resistance. Namun hal tersebut tak membuat Samsung Galaxy Buds Pro mengecewakan. Bagi kamu yang ingin membeli Samsung Galaxy Buds Pro, perangkat ini telah tersedia di Indonesia dengan tiga pilihan warna, dengan harga Rp2.999.000,-.

    COSMO SCORE: 9/10

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Samsung Indonesia)