Fashion

7 Peraturan dalam Fashion yang Harus Ditinggalkan

  by: Redaksi       18/3/2021
  • Hai, girls! Jika membahas tentang fesyen, mungkin kamu bisa sedikit kebingungan. Rasanya seperti terlalu banyak yang harus kita ikuti. Tren yang terus bermunculan, peraturan baru yang harus diikuti, dan, yah, peraturan lama yang harus ditinggalkan. I mean, it’s just too much!




    Berbicara tentang peraturan dalam fesyen, beberapa orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda. Ada yang mengikutinya sebagai sebuah pedoman dalam berpakaian, ada juga yang menganggap kalau peraturan itu banyak yang sudah ketinggalan zaman. Saya salah satu dari orang tersebut. Menurut saya, aturan dalam fesyen justru mengekang kreativitas saya. Bagaimanapun, bukankah fesyen hadir sebagai cara untuk kita semua bereksperimen dan mengekspresikan jati diri?



    Walaupun ada beberapa aturan yang memang memberi saran yang bagus (seperti when in doubt, wear black atau mengenakan statement piece dengan outfit monokrom), tapi ada beberapa yang malah mengatur apa yang bisa dan tidak bisa kamu pakai. Memang, sih, ada situasi dan kondisi yang mungkin mengharuskan mu mengikuti dress code tertentu, tapi untuk sehari-hari, go wild! Maka dari itu, Cosmo telah merangkum beberapa peraturan dalam fesyen yang sudah ketinggalan zaman dan bisa kamu langgar.


    Hindari warna coklat dan biru dengan warna hitam.


    Oke, mungkin ini salah satu peraturan tertua tentang fesyen. Warna coklat dan biru, jika dipasangkan dengan hitam, dianggap dapat membuatmu terlihat tidak stylish dan kusam karena ketiga warna itu memiliki kesan yang sama-sama gelap. But hey! Tunggu sebentar. Ada banyak shades dalam warna coklat dan biru yang bisa kamu pakai. Kamu juga bisa mengakalinya dengan menambah pop of color untuk menghidupkan penampilanmu.


    Gunakan satu jenis perhiasan saja.


    Apakah kamu lebih cocok dengan perhiasan gold atau silver? Atau kamu lebih suka mengenakan mutiara? Please, siapa yang peduli? Tinggalkan aturan itu dan mulailah mix and match perhiasan atau bahkan melakukan layering. Kamu akan menemukan permainan aksesorismu menjadi lebih menarik.


    Acara formal? Wajib pakai heels!


    BIG NO. Banyak selebritis di red carpet yang sudah membuktikan kalau peraturan yang satu ini salah. Kini, kamu bisa memakai flat shoes, boots, hingga sneakers dan tetap terlihat pantas untuk acara formal. Tidak ada yang lebih terlihat tidak elegan daripada terlihat tersiksa menahan rasa sakit akibat memakai heels terlalu lama.




    Hanya gunakan satu motif saja.


    Aturan yang satu ini secara resmi dinyatakan membosankan. Banyak desainer dan label fesyen yang membuktikan kalau menggabungkan beberapa motif yang berbeda justru akan membuat penampilanmu lebih menarik. Sebut saja Gucci atau desainer Richard Quinn. Memang, kamu harus punya skill lebih untuk dapat menemukan kombinasi yang sesuai, tapi, percaya, deh, hasil akhirnya pasti worth it!


    Lingerie hanya untuk di kamar.


    Wow, jika kamu masih mengikuti aturan ini, mungkin kamu sekarang sedang tinggal di balik batu. Pasalnya, tren mengenakan lingerie seperti bralette, bustier, dan corset sedang sangat trendy. Kamu bisa melihatnya di feeds Instagram sederet influencer dan selebritis favoritmu. Tenang saja, tampilan ini justru akan membuat penampilanmu lebih edgy dan keren.


    Watch your figure!


    Kamu tahu apa persamaan dari orang-orang stylish yang kamu lihat di sosial media? Bukan, bukan karena mereka memiliki badan bak maneken. Bukan karena mereka menyembunyikan siluet tubuhnya yang curvy dalam baggy clothes atau badan mungil dalam baju yang sama mungilnya. Persamaan mereka adalah mereka dapat memilih baju yang pas dengan tubuhnya sebagai perpanjangan dari personaliti mereka. Ingin memakai cropped top walaupun perutmu tidak rata? Sure. Ingin pakai palazzo pants tapi tinggimu dibawah 160cm? Why not? Be confident, babes!


    Perempuan tidak boleh pakai pakaian laki-laki dan vice versa


    Last but not least, peraturan yang sekarang sudah mulai ditinggalkan. Dengan dunia dan pemikiran manusia yang semakin berkembang, fesyen pun ikut bersamanya. Sekarang rasanya sudah tidak ada lagi lorong untuk pakaian wanita atau pria. Sebagaimana yang kamu lihat, banyak sekali public figure yang mulai berani untuk menggabungkan pakaian dari gender manapun… dan tetap terlihat bagus. Fesyen akan terlihat lebih menyenangkan jika kamu dapat menembus batasan-batasan itu.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Instagram @lizzobeeating, @harrystyles, @gucci, @kyliejenner, @haileybieber, @kourtneykardash, @milliebobbybrown)