Celebrity

Simak Pesan Spesial Cinta Laura untuk Para Perempuan Indonesia!

  by: Giovani Untari       18/3/2021
  • There are no limits! Dengan vibes positif dan semangat untuk pantang menyerah miliknya, Cinta Laura selalu membuktikan bahwa kita para perempuan bisa meraih apapun yang diinginkan. Simak wawancara specialnya bersama Cosmo Indonesia untuk merayakan Hari Perempuan Internasional berikut. Pssttt... siap-siap untuk meng-highlight seluruh jawaban inspiring dari Cinta!


    Dalam memperingati Hari Perempuan Internasional (8 Maret), bagaimana cara kamu memaknai dan merayakan momen yang didedikasikan untuk perempuan ini?

    Adalah hal yang sangat membuat saya gembira mengetahui bahwa setiap tahunnya kita memiliki satu hari yang khusus untuk merayakan semangat menjadi seorang perempuan. Tapi saya rasa kita sebenarnya juga harus merayakan diri kita sebagai perempuan setiap harinya. Karena setiap harinya kita berjuang untuk kesetaraan sebagai perempuan. Saya sangat senang dan bersyukur karena sekarang kita semua memiliki platform yang lebih besar dan kuat untuk merayakan hal tersebut. Untuk momen spesial ini, saya memilih merayakannya dengan menjadi perempuan yang mencoba selalu meng-empowering orang-orang di sekitar saya melalui berbagai karya. Entah itu melalui musik, film, podcast, talkshow, ataupun interview saya. Saya ingin secara konsisten mengingatkan kepada para perempuan bahwa mereka sebenarnya capable dan bisa menggapai apapun yang mereka inginkan dalam hidup. There are no limits! Karena di kehidupan nyata, terkadang kita sendirilah yang menciptakan limit untuk diri kita. Padahal tidak ada satu hal pun yang sebenarnya tidak bisa kita lakukan. 




    Bagaimana Cinta mendeskripsikan kekuatan sesungguhnya dari seorang perempuan?

    Saya percaya bahwa perempuan yang kuat adalah perempuan yang tidak takut mengambil keputusan untuk dirinya sendiri dan tidak takut memimpin. Buat saya untuk menjadi seorang perempuan yang kuat bukan berarti kita harus seperti laki-laki. Apapun pilihan hidup kamu nanti, kamu selalu bisa menjadi sosok yang strong serta menjadi seorang role model! Tidak ada satu pun pilihan yang buruk atau salah selama pilihan tersebut datang dari dirimu sendiri, bukan berasal dari keinginan orang lain. Sebagai perempuan kita memiliki hak untuk melakukan apapun yang kita inginkan dalam hidup. Dan untuk menjadi perempuan yang kuat, kamu harus yakin terhadap apapun yang kamu inginkan dalam hidup!



    Menurut kamu, apa aksi kecil/sederhana yang perempuan bisa lakukan untuk menjadi berdaya dan mampu membuat impact (baik bagi dirinya sendiri, lingkungannya, hingga komunitasnya)?

    Langkah pertama adalah melalui pendidikan. Kita harus mendidik diri kita sendiri agar bisa belajar untuk berpikir kritis sehingga tidak gampang dibohongi. Dengan berpikir lebih kritis, kita bisa memiliki self confidence yang lebih besar. Dan dengan self confidence yang besar pula perempuan di luar sana akan lebih sadar bahwa mereka bisa mengambil keputusan untuk diri mereka sendiri, memiliki masa depan yang cerah dan tidak bergantung pada orang lain. Ketika kita sudah memiliki pengetahuan dan pendidikan yang kuat, saya rasa kita bisa mengajarkan kemampuan dan ilmu tersebut kepada orang lain. Dengan begitu kita bisa membuat orang lain merasa lebih berdaya dan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Ingat, sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa kita pilih untuk berkontribusi pada lingkungan sosial kita.


    Apa saja hal-hal yang kamu lakukan untuk diri sendiri agar selalu merasa berdaya dan kuat?

    Saya selalu belajar dan mencari banyak pengetahuan dalam hidup. Itu adalah salah satu cara membuat diri saya lebih berdaya. Saya termasuk tipe orang yang tidak pernah putus asa ketika gagal. Saya akan selalu mengingatkan pada diri saya sendiri bahwa dalam hidup, saya memiliki pilihan. Dan saya selalu memilih untuk bangkit! No matter how painful my experiences. Saya percaya bahwa tantangan dan kesulitan dalam hidup kita itu ada karena sebuah alasan. Dan saat kita bisa menaklukkannya, kita akan jadi pribadi yang lebih kuat lagi. Dalam beberapa tahun terakhir ini, saya pun belajar bahwa tidak ada gunanya membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain atau mendengarkan komentar negatif orang-orang. Kecuali komentar itu memang bersifat membangun.

    Saya juga memperkuat diri saya dengan cara belajar untuk lebih mengetahui apa yang saya inginkan dalam hidup. Dan apa yang saya inginkan dalam hidup adalah membantu mereka yang tidak bisa membantu diri mereka sendiri. Lalu salah satu cara saya lainnya untuk menguatkan diri sendiri adalah dengan selalu memiliki jiwa kompetitif. Jika saya melihat orang lain bisa mengerjakan sesuatu dengan baik, saya berusaha untuk belajar dari mereka. Saya tidak pernah puas pada apa yang sudah saya raih. Memiliki jiwa kompetitif memberikan semangat bagi saya untuk terus belajar dan menambah skill dalam hidup. Biasanya, ketika skill kamu bertambah maka kamu juga akan merasa lebih percaya diri dan independent. Dan rasa independent inilah yang membuat saya merasa lebih kuat dalam menghadapi apapun dalam hidup saya.


    Ilustrasi oleh Dinda Puspitasari.


    Adakah satu nasihat terbaik dari sosok perempuan/mentor yang pernah Cinta terima dan jadikan prinsip untuk mengarungi karier ataupun kehidupan sehari-hari?

    Beberapa bulan lalu saya sempat mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam talkshow ibu Susi Pudjiastuti, Dan ada satu ucapan beliau yang selalu saya ingat yaitu "liberate your mind". Saya tidak pernah melupakan kalimat tersebut hingga saat ini. Karena apa yang dikatakan ibu Susi memang benar, kita harus membebaskan pikiran kita dari semua stigma, norma, dan peraturan yang sudah diajarkan sejak kecil. Supaya kita bisa mengambil keputusan untuk diri kita sendiri dan tidak takut terhadap apapun yang orang lain atau lingkungan kita katakan tentang diri kita. Sebagai perempuan apalagi untuk para generasi muda, banyak dari mereka yang takut mengambil risiko karena stigma dan peraturan yang ada di society. Ini waktu untuk kita semua untuk meninggalkan ketakutan tersebut dan lebih percaya diri lagi. Jangan dengarkan suara dari luar sana yang akan memengaruhi pikiran kamu.


    Menurut kamu, faktor apa saja yang bisa membuat seorang perempuan sukses (baik dalam konteks karier ataupun kehidupan personal)?

    Menurut saya faktor yang bisa membuat seorang perempuan sukses adalah saat mereka tidak takut mengekspresikan opini yang ia miliki. Misalnya saat kita memiliki masalah pada karier atau hal pribadi maka jangan takut untuk berargumentasi, selama kita bisa memberi alasan dan bukti yang kuat. Saya rasa sangat penting untuk memiliki opini sendiri dalam hidup dan tidak takut pada apa yang orang lain pikirkan. Kedua, saya rasa perempuan yang berani mengambil risiko juga memiliki potensi untuk menjadi orang yang sukses. Karena dengan berani mengambil risiko kita bisa belajar dari kekurangan atau kesalahan kita. Ketiga, perempuan sukses adalah seorang perempuan yang selalu memberitahu dirinya bahwa IA BISA! Walaupun ada hal atau tugas yang sebenarnya mungkin tidak bisa kita lakukan dengan baik, tapi sangat penting untuk perempuan bilang "I CAN! I CAN DO IT! Tidak peduli apapun tantangannya, I CAN DO IT!". Dan menurut saya kalimat: fake it until you make it! itu adalah kalimat yang benar, haha... Karena terkadang ada sesuatu hal yang membuat saya sedikit nervous atau merasa saya kurang bisa melakukannya, tetapi saya selalu bilang ke diri bahwa saya bisa! I can do everything, anything!

    Kalimat afirmasi tersebut benar-benar membantu saya lebih maju dalam hidup. Selama kita mau belajar dan berusaha kita pasti bisa. Makanya saya percaya bahwa sebagai perempuan, kita benar-benar setara dengan laki-laki. Apapun itu kita bisa melakukannya karena kita no limits.





    Pernah menghadapi tantangan terberat dalam karier, karena masih ada batasan dalam gender di bidang kerja? Jika pernah, bagaimana kamu menghadapinya?

    Saya termasuk beruntung karena sepanjang karier saya hampir selalu bertemu dan bekerja dengan orang-orang yang sangat open minded dan pro woman. Jadi personally, saya bersyukur belum merasakan adanya batasan dalam hal gender untuk mengejar kesuksesan. Tapi mungkin pernah ada beberapa hal dalam karier saya, di mana ada orang-orang yang meragukan kemampuan saya karena saya seorang perempuan. Misalnya ketika saya syuting, tim produksi film terkadang bertanya "Kamu yakin nggak mau pakai double stunt saja?" Dan itu sempat membuat saya marah karena pada dasarnya saya tidak takut pada tantangan. Kalau saya harus loncat dari ketinggian 5km maka akan saya lakukan karena saya tidak takut, haha...

    Cara menghadapi hal-hal seperti ini? Mungkin karena saya orangnya sangat unapologetic dan tidak takut untuk berusaha membuktikan bahwa orang tersebut salah. Saya akan menunjukkannya dengan aksi nyata sehingga mereka tidak memiliki alasan apapun untuk meragukan saya di masa depan. Jika seseorang meragukan kamu karena gender kamu, tunjukkan kepada mereka siapa diri kamu yang sesungguhnya. Tunjukan bahwa kamu capable dan buktikan melalui tindakan bahwa mereka lah yang salah.


    Menurut Cinta, mengapa penting untuk saling mendorong perempuan agar sama-sama maju? Dan apa hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan kepada sesama perempuan untuk saling memberi dukungan dan kekuatan?

    Saya rasa sebagai perempuan sangat penting untuk mendukung satu sama lain, karena semakin banyak jumlahnya kita pasti akan semakin kuat. Kalau mau mengubah kondisi perempuan di negara kita, maka kita harus berjuang bersama-sama. Kita tidak bisa egois dan hanya memikirkan diri sendiri. Jika kita ingin memperjuangankan tentang kesetaraan dan kesempatan yang sama, maka kita harus membuat para perempuan di negara ini sadar mereka bahwa mereka berharga dan membuat mereka lebih mencintai diri mereka lagi. Lalu kita harus membuat mereka sadar bahwa para perempuan bisa melakukan apapun yang pria lakukan. Sangat penting kita sebagai perempuan mendukung satu sama lain. 

    Dan apa hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan kepada sesama perempuan untuk saling memberi kekuatan dan dukungan ? Pertama-tama dengan positive affirmations. Misalnya saat kita sedang mengobrol dengan teman, kita bisa mengungkapkan bagaimana bangganya kita terhadap mereka. Bahwa kita merasa mereka adalah perempuan yang capable, dan kuat. Dan kita bisa selalu menawarkan teman-teman kita yang memang membutuhkan bantuan kita. Last but not least, menurut saya sangat penting juga kita sebagai perempuan jujur satu sama lain. Kalau kita merasa bahwa teman-teman kita melakukan sesuatu yang kurang baik atau sebenarnya ia bisa melakukan sesuatu dengan jauh lebih baik lagi, maka berikanlah sebuah input yang jujur. Jangan selalu bilang "Ohh itu bagus kok!" Saya rasa sebagai perempuan kita juga bisa menunjukkan dukungan kita dengan cara jujur satu sama lain. 



    Di era modern ini, apa yang paling kamu syukuri dari menjadi seorang perempuan?

    Saya rasa hal yang paling indah dari menjadi perempuan di zaman ini adalah kita tidak hanya sekadar memilki kesempatan untuk meraih apapun yang kita inginkan dalam hidup, tetapi juga bisa memiliki fire dan passion untuk membuat sebuah perubahan. Yang indah lainnya dari era ini juga, semakin banyak orang yang mulai mengerti bahwa sebagai perempuan tujuan kita dalam hidup itu pun bisa beragam. Misalnya memilih untuk memiliki keluarga, menjadi perempuan karier, atau lebih fokus pada diri sendiri. Sangat mengagumkan bisa memiliki kebebasan dalam memilih tujuan yang ingin kita jalani dalam hidup. Saya rasa ini bukan sesuatu yang bisa kita dapatkan di beberapa dekade sebelumnya. Tapi bukan berarti fight kita berakhir di sini! Saya rasa jalan kita masih sangat panjang dan sebagai perempuan kita masih harus berjuang untuk banyak hal.

    Di Indonesia, tingkat kekerasan terhadap perempuan masih sangat tinggi dan sistem keadilannya pun masih butuh banyak perubahan dan perkembangan. Jadi ya meski kita memiliki banyak kebebasan lebih, tugas kita juga sangat banyak untuk bisa membantu para perempuan dalam keadaan rentan seperti sekarang. Dan beruntungnya dengan adanya media, sosial akses untuk mendapatkan informasi jadi lebih mudah. Jadi penting bagi kita para perempuan untuk terus meng-empowerment satu sama lain. Entah itu melalui face to face atau lewat bantuan media sosial, tidak perlu menjadi influencer, selebriti atau orang penting untuk membuat perubahan dalam hidup orang lain. Asal kita konsisten ingin membuat perubahan, someone will hear you. Remember that!


    Saran apa yang akan cinta beri pada perempuan muda di luar sana yang baru saja memulai perjalanan kariernya / mimpinya?

    Don't do things for other people and don't be afraid to make mistakes! Akan selalu ada orang yang ingin membuat kamu down dan mempertanyakan diri kamu. Ingat, jika kamu mendengarkan komentar negatif dari orang yang ingin membuatmu down, itu artinya kamu sedang menghalangi jalanmu sendiri untuk berkembang dan maju dalam hidup. Kamu memiliki tanggung jawab terhadap kebahagiaan diri kamu sendiri dan kesuksesan yang ingin kamu raih. Karena superpower yang kamu dan kita semua miliki adalah bisa membuat pilihan dan keputusan dalam hidup. Jadi pastikan bahwa kamu selalu memilih yang terbaik untuk diri kamu sendiri.

    Percayalah bahwa kamu precious, worth it, smart, serta mampu melakukan apa yang kamu inginkan dalam hidup. Saat kamu terjatuh, pilih maju melangkah, belajar, dan berjalan lagi. Saat kamu takut, pilih untuk menjadi lebih berani. Saat ingin menyerah, saatnya percaya bahwa kamu tidak sendiri dan ini adalah bagian dari cerita hidup kamu untuk meraih tujuan yang lebih besar lagi dalam hidup. Last but not least, always choose to believe you deserve the best in life. We as women are fearless, we are powerful. We are capable and we are in charge of our own future!


    "Kamu memiliki tanggung jawab terhadap kebahagiaan diri kamu sendiri dan kesuksesan yang ingin kamu raih. Karena superpower yang kamu dan kita semua miliki adalah bisa membuat pilihan dan keputusan dalam hidup. Jadi pastikan bahwa kamu selalu memilih yang terbaik untuk diri kamu sendiri."
    Cinta Laura



    (Giovani Untari / FT / Images: Dok. Cinta Laura, Instagram @claurakiehl / Ilustrasi Quotes: Dinda Puspitasari / Opening Image Layout: Rhani Shakurani)