Lifestyle

12 Lagu BTS yang Wajib Didengar Jika Kamu Fans Baru BTS!

  by: Giovani Untari       26/3/2021
    • Bagi kamu para penggemar baru BTS atau saat ini sedang tertarik untuk mulai mengenal mereka, ini dia 12 lagu BTS yang wajib kamu dengar, babes!
    • BTS merupakan grup asal Korea Selatan yang memiliki 7 orang personil dan memiliki sejumlah lagu hits yang begitu dicintai.


    Kecuali kamu hidup di bawah batu, Cosmo yakin kamu pasti pernah mendengar nama dari grup K-pop paling populer saat ini: BTS.

    Terlebih grup ini nyaris selalu mengisi pemberitaan di media, lagu-lagu mereka pun sering diputar di radio, saudara / temanmu juga pastinya sufah mulai sering membicarakan tentang mereka. Atau.... video BTS muncul di section rekomendasi video di akun Youtube kamu. Tetapi tahukah kamu mengapa ada begitu banyak orang yang sangat menyukai para pelantun Dynamite tersebut saat ini?



    BTS merupakan grup K-Pop asal Korea Selatan yang terdiri dari tujuh personil. Mereka memulai debut di tahun 2013 silam dan sejak itu karier mereka pun perlahan tapi pasti semakin bersinar hingga membuat mereka semakin dikenal dan dicintai publik. BTS juga kerap tampil sebagai bintang tamu di acara TV, menjadi brand ambassador untuk sejumlah produk, dan nama mereka juga sering di-mention oleh para selebriti di Twitter.

    Dan salah satu yang membuat nama BTS semakin bersinar tentu saja karya musik mereka yang berisi lagu-lagu adiktif dan memiliki arti mendalam soal kehidupan.

    In case kamu penasaran dengan grup yang kini tengah menjadi sensasi global tersebut atau kamu adalah fans baru mereka (welcome ARMY!), Cosmo telah menyiapkan sejumlah lagu yang wajib kamu dengar agar kamu lebih mengenal BTS.

    Ini dia 12 lagu BTS yang wajib didengar jika kamu adalah fans baru mereka:


    1. I Need U



    Jika ditanya apa lagu yang membawa BTS ke level yang lebih tinggi, bisa dibilang jawabannya adalah I Need U. Lagu ini juga lah yang mengantarkan BTS memenangkan posisi pertama dalam sejumlah program musik Korea dan membuat nama grup mereka sebagai semakin diperhitungkan baik di Korea maupun internasional. Sesuai judulnya, I Need U bercerita tentang perasaan ingin melupakan seseorang yang dicintai dan BTS pun membawakannya dengan perasaan yang begitu deep. Simak bagaimana setiap personil BTS mengerahkan kemampuan akting mereka dalam MV ‘I Need U’ berikut:

    "It goes round and round, why do I keep coming back..

    I go down and down, at this point, I'm just a fool.. Whatever I do, I can't help it"


    2. Run



    Setelah merilis I Need U, BTS juga merilis sebuah lagu tentang perjuangan untuk move on dari orang yang sudah menyakiti perasaan melalui Run. Lagu catchy ini begitu pas untuk kamu dengar saat sedang menyetir di malam hari. Run juga merupakan lagu yang membantu kamu untuk kembali menjadi dirimu yang sesungguhnya. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa melalui karyanya, BTS tidak hanya hadir untuk membuat penggemarnya merasa nyaman tetapi juga terus memotivasi mereka.

    "It's okay to get hurt

    I'm alright, even if I can't have you

    Pitiful destiny, point your finger at me"


    3. Blood, Sweat & Tears



    Bersiaplah untuk terpesona dengan irama, vibes, dan visual BTS dalam lagu Blood, Sweat & Tears. Lagu ini merupakan single comeback dari album kedua BTS, Wings. Ada begitu banyak elemen unik yang dihadirkan dalam lagu ini. ICYDK, Blood Sweat & Tears sendiri bercerita tentang perasaan cinta yang manis namun penuh dosa. Jangan lupakan juga koreografi dari lagu yang begitu genius! Tonton video klipnya di sini:

    "But your wings are the devil's

    There is a 'bitter' next to your 'sweet'"


    4. Save Me



    Save Me juga menjadi lagu BTS selanjutnya yang begitu exceptional. Lagu ini mungkin terdengar sederhana, tetapi vokal smooth-like-honey milik BTS ditambah video klipnya yang dibuat dalam satu kali take berlatar pegunungan dingin membuatny sungguh memorable. Lagu ini adalah perpaduan antara sisi tragis dan keindahan cinta itu sendiri.

    “Give me your hand.. Save me save me

    I need your love before.. I fall, fall"


    5. Fire



    Fire adalah salah satu lagu BTS yang everlasting dan selalu sukses membuat kita bersemangat saat mendengar musiknya yang ceria. Video klip dari Fire sendiri sukses mencapai angka 5 juta views di Youtube dalam kurun waktu satu hari dan menjadi all-kill di sejumlah chart musik Korea. Now that’s fire!

    "All you with a lot of fear, come here

    All you who are suffering, come here

    Lift your fists, all night long

    With marching footsteps

    Jump and go crazy"


    6. Boy In Luv



    Di awal masa debutnya BTS sempat hadir dengan konsep anak SMA yang terlihat cute, tetapi aslinya lagu Boy In Luv memiliki lirik yang powerful. Lagu ini memiliki beat yang distingtif dan hal ini juga didukung dengan koreografinya yang perfect. Dibanding pop, lagu “Boy in Luv” lebih mengarah pada genre hip-hop. 

    Fun fact: Apakah kamu tahu bahwa Boy In Luv pernah di-mention dalam drama Korea populer Goblin? Lima tahun setelahnya BTS juga merilis “Boy With Luv” yang menorehkan rekor fantastis pada tahun 2019 lalu dan dinyanyikan BTS bersama penyanyi sekaligus songwriter Amerika: Halsey.

    "Why do I care so much about you?

    You're making a big boy act like a little kid

    But I'll turn things around

    From just knowing each other to becoming lovers"


    7. DNA



    Lagu upbeat ini tak sulit kamu kenali terutama lewat part siulan Jungkook BTS di bagian opening-nya. Dengan musiknya yang easy listening dan eargasm, “DNA” membuka jalan baru bagi karier BTS dan membuat nama mereka semakin dikenal publik internasional terutama di wilayah Amerika.



    "From the day of the universe's creation and beyond

    Through the infinite centuries and beyond

    In the previous life and maybe the next too

    We're eternally together"


    8. Anpanman



    Berdasarkan kartun populer Jepang “Anpanman”, lagu BTS satu ini bercerita tentang seorang superhero yang mungkin bukan sosok yang paling kuat dan selalu dicari, tetapi ia selalu berusaha membuat orang di sekitarnya merasa bahagia. Lagu BTS satu ini juga terdengar fun dan dikombinasikan dengan koreografi yang playful serta siap membuat kamu merasa happy!

    "To be honest... I'm scared of falling

    And letting you down

    But, even if it takes up all my strength

    I will be sure that I stay by your side"



    9. Magic Shop



    Bersiaplah untuk merasa terpesona dengan lagu Magic Shop yang didedikasikan untuk para fans BTS, ARMY. Lagu heartwarming ini diangkat dari memoir Into the Magic Shop: A Neurosurgeon’s Quest to Discover the Mysteries of the Brain and the Secrets of the Heart. Magic Shop juga merupakan lagu yang menggambarkan betapa besar cinta BTS kepada ARMY di seluruh dunia.

    "Don't forget that I found you anyways

    At the end of my despair

    You're the last reason

    For me who was standing at the edge of the cliff

    Live..."


    10. Spring Day



    Spring Day is not called a queen for nothing!

    Lagu ini setia mendominasi chart musik di Korea sejak pertama dirilis tahun 2017 silam hingga saat ini. Selain lagunya yang indah, MV dari Spring Day juga membawa kita pada level baru sisi aesthetic dalam sebuat video klip lagu Korea. Ini merupakan sebuah lagu yang sempurna untuk didengar saat kamu melihat ke luar jendela dan menikmati pemandangan. BTS menjelaskan bahwa Spring Day bercerita tentang perasaan jauh dari seseorang yang kita sayangi. Dengan mengambil metafora dari musim yang ada di dunia, lagu ini memberitahu kita bahwa semua hal pasti akan berlalu dan segala kesedihan pasti akan berakhir.

    "You know it all

    You're my best friend

    The morning will come again

    No darkness, no season is eternal"


    11. Dynamite



    Tentu saja kita tidak boleh melupakan lagu Dynamite milik BTS satu ini untuk masuk ke dalam playlist, bukan? Di rilis semasa pandemi membuat Dynamite menjadi semangat baru bagi banyak orang di dunia yang mulai merasa burnout dengan rutinitas mereka. Dengan melodinya yang catchy serta fun, plus lirik yang easy listening lagu Dynamite juga mengantarkan BTS meraih begitu banyak penghargaan yang membanggakan di antaranya nomor 1 Billboard Hot 100 dan masuk nominasi ke dalam ajang Grammy Awards 2021 untuk kategori Best Pop Duo / Group Perfomance

    "'Cause I-I-I'm in the stars tonight

    So watch me bring the fire and set the night alight (hey)

    Shining through the city with a little funk and soul

    So I'ma light it up like dynamite, whoa oh oh.."


    12. Life Goes On



    Lagu pop ballad BTS satu ini tak kalah berarti bagi BTS, di mana lagu ini berisi ungkapan hati Bangtan kala menghadapi pandemi dan keadaan yang serba unexpected saat ini. Sebuah lagu yang membuat para pendengarnya merasa teduh dan tanpa sadar ikut menyanyikan lagu ini.

    "Like an echo in the forest

    The day will come back around

    As if nothing happened

    Yeah life goes on.."



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Penambahan teks: Giovani Untari / Images: Dok. Twitter @bts_bighit)