Better You

Hangout Setelah Vaksin Covid-19? Baca Dulu Aturan Ini!

  by: Kissy Aprilia       30/3/2021
    • Setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19, kita tetap wajib melaksanakan protokol kesehatan.
    • Meskipun kamu dan temanmu sudah mendapatkan vaksin Covid-19, tidak disarankan untuk berkumpul terlebih dahulu.


    We are still in the pandemic, dan Cosmo tidak akan bosan mengingatkan untuk tetap mengenakan masker saat berada di luar rumah, laksanakan protokol kesehatan, dan bila perlu kurangi aktivitas outdoor bila tidak diperlukan. 

    Kabar baiknya, sejak tanggal 13 Januari 2021 lalu Indonesia sudah memulai program vaksinasi Covid-19, dan lebih dari 2 juta penduduk sudah mendapatkan vaksin tersebut—termasuk tim Cosmo! Lalu apakah ini berarti kita dapat dengan bebas berkumpul dengan orang-orang yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19? Cosmo sudah berbincang dengan dr. Adam Prabata mengenai ‘aturan hangout’ pasca vaksin yang wajib kamu ketahui. Let’s spread the news!




    Saya dan teman-teman sudah divaksin. Bolehkah kami hangout ke kafe tanpa menggunakan masker?



    TIDAK BOLEH.

    Bahkan kamu tidak disarankan untuk berkumpul. "Vaksin Covid-19 sejauh ini baru diketahui efektif untuk menurunkan risiko Covid-19 bergejala dan gejala berat. Kemampuannya mencegah terinfeksi dan mencegah penularan ke orang lain pun belum diketahui pasti," ujar dr. Adam.

    Oleh karena itu, orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tetap perlu menggunakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan lainnya, karena tetap berpotensi tertular dan menularkan virus.


    Saya sudah divaksin, tapi gebetan saya belum Bolehkah kami kontak fisik, seperti pegangan tangan atau kissing?


    TIDAK BOLEH, kecuali…

    Dr. Adam mengatakan bahwa kontak fisik boleh dilakukan dengan orang yang tinggal dengan kita. Hanya dalam lingkaran aman ini kita bisa berinteraksi tanpa melakukan protokol kesehatan di era pandemi Covid-19 ini.

    "Bila kita berinteraksi dengan orang yang bukan lingkaran aman kita, misalnya gebetan, bahkan saudara atau orang tua yang sehari-hari tidak tinggal serumah, maka protokol kesehatan tetap wajib dijalankan. Jadi, kontak fisik dengan gebetanmu sangat tidak disarankan saat ini, meskipun salah satu atau keduanya sudah divaksin," jelasnya.


    Orang tua saya sudah divaksin, tapi saya belum. Bolehkah saya memeluk mereka?


    BOLEH.



    "Kembali ke penjelasan tentang lingkaran aman sebelumnya. Bila orang tua tinggal sehari-hari dengan kita, baik sudah divaksin atau belum, maka kita tetap bisa memeluk mereka. Kalau tidak, tetaplah melaksanakan protokol kesehatan."



    Setelah divaksin, apakah saya tetap harus melengkapi protokol kesehatan saat menghadiri acara pertemuan?


    YA, WAJIB!

    "Meskipun sudah divaksin, kamu tetap harus melengkapi protokol kesehatan saat berada di luar rumah, atau jika ada orang lain sedang berkunjung ke tempat tinggalmu. Saat menghadiri acara pertemuan, tetaplah waspada dan perhatikan lebih dulu lokasi serta siapa saja orang-orang yang hadir ke acara tersebut."


    “Amankah jika saya yang belum divaksin, berkumpul dengan orang-orang yang sudah divaksin?”


    TIDAK.

    "Sudah divaksin atau belum, berkumpul dengan banyak orang tetap belum dianjurkan di era pandemi Covid-19. Sampai saat ini, kemampuan vaksin Covid-19 belum diketahui efektivitasnya dalam mencegah penularan virus tersebut. "


    Artinya, meskipun sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 secara menyeluruh (dosis pertama dan kedua), kamu tetap harus melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Covid-19. 


    (Kissy Aprilia, imageL Unsplash)