Better You

Perhatikan 9 Larangan Ini Saat Menstruasi!

  by: Fariza Rahmadinna       2/3/2022
  • Setiap bulannya, perempuan yang berada dalam usia reproduktif akan mengalami menstruasi. Pada kondisi ini, berbagai hal pun dapat dialami sebagai respon alami tubuh. Mulai dari kram perut, tidak nafsu makan, badan terasa pegal-pegal hingga perubahan suasana hati (mood swing). Namun, ketika tamu bulanan datang, kamu perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk tertentu yang dapat membuat menstruasimu jadi tidak nyaman dan dapat mempengaruhi organ intim. 


    Dirangkum dari berbagai sumber, inilah delapan larangan yang sebaiknya kamu ikuti saat menstruasi. Baca sampai habis ya!




    1. Begadang



    Begadang atau kurang tidur pada saat menstruasi dapat meningkatkan hormon kortisol atau hormon stres, membuat menstruasimu jadi terasa menyiksa. Saat sedang datang bulan, pastikan kamu tidur sedikitnya tujuh jam di malam hari. Hindari begadang sebisa mungkin, agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan dapat beraktifitas dengan lebih nyaman. Psst, kurang tidur pada saat haid juga dapat membuat mood-mu menjadi kurang baik. 


    2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam


    Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan asin saat sedang menstruasi. Mengonsumsi makanan tinggi garam dapat membuat tubuh dehidrasi dan mengakibatkan perut terasa kembung.


    Baca juga : Begini Girls, Cara Menghitung Siklus Menstruasi!


    3. Melewatkan Olahraga


    Kebanyakan perempuan akan mengurangi aktivitas olahraga saat sedang menstruaso. Pada saat datang bulan, biasanya badan akan terasa pegal-pegal dan kram menstruasi. Atasi dengan tetap melakukan olahraga secara rutin agar tubuh akan terasa lebih baik. 


    4. Cabut Bulu (Waxing)


    Selama menstruasi, tubuh menjadi lebih sensitif dan mudah sakit. Waxing bisa membuat kondisi kulit dan tubuh terasa jauh lebih menyakitkan jika dilakukan selama menstruasi. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan berada dalam kondisi yang baik dan hindari menyakiti tubuh seperti mencabut bulu (waxing). 




    5. Minum Kopi Berlebihan


    Larangan saat menstruasi selanjutnya adalah mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak. Saat menstruasi, hindari konsumsi kafein secara berlebihan karena dapat memperparah rasa tidak nyaman pada perut seperti kram dan kembung. Konsumsi satu atau dua cangkir kopi untuk mengurangi risiko perut kembung.


    Baca juga : Perhatikan Hal Ini Jika Kamu Berenang Saat Menstruasi


    6. Minum Susu dan Produk Olahannya


    Susu adalah minuman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Namun, sebaiknya hindari dulu konsumsi susu serta produk olahannya saat menstruasi. Lemak di dalam susu mengandung asam arakidonat yang dapat menjadi pemicu kram pada perut. Oleh sebab itu, selama menstruasi penuhi kebutuhan kalsium dari sumber lain seperti makanan laut, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. 


    7. Malas Mengganti Pembalut


    Karena alasan tertentu, beberapa perempuan mungkin tidak mengganti pembalutnya secara berkala, dan alih-alih menunggu pembalut terasa penuh. Hati-hati girls! Kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan organ intim. Saat haid, Miss V mengeluarkan darah yang terjadi sebagai akibat dari tidak adanya proses pembuahan di rahim. Darah haid tersebut dapat membuat area Miss V lebih mudah lembap dan bisa menjadi tempat bagi bakteri tumbuh subur sehingga memperbesar risiko infeksi bakteri. Sebaiknya, kamu tetap mengganti pembalut setiap tiga hingga empat jam sekali walaupun darah menstruasinya tidak terlalu banyak. 


    8. Melakukan Hubungan Intim

    Kegiatan satu ini pun sebaiknya tidak dilakukan karena bisa memicu terjadinya infeksi. Pada saat ini, tingkat kelembapan Miss V kamu juga sedang tinggi, yang membuat virus dan jamur lebih mudah berkembang biak dan berpindah tempat. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit organ intim. 


    9. Tidak Membersihkan Organ Kewanitaan & Memakai Celana Terlalu Ketat

    Sama seperti halnya dengan mengganti pembalut, kebersihan area intim pun harus selalu diperhatikan saat sedang menstruasi. Usahakan untuk selalu membersihkan organ kewanitaan kamu selama periode menstruasi. Caranya pun sederhana, cukup bilas area luar vulva menggunakan air bersih, lalu keringkan. Gunakan celana dan celana dalam yang nyaman serta tidak terlalu ketat, sebab umumnya area perut bawah kita sedikit membesar saat sedang menstruasi.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Erol Ahmed on Unsplash)