Better You

Awas! Ini 8 Tanda Kamu Overeating atau Makan Berlebihan!

  by: Giovani Untari       1/3/2022
  • Terkadang kita tidak menyadari apabila sudah overeating atau makan berlebihan, sampai semuanya terlambat. Apalagi saat sedang liburan bersama keluarga atau sahabat, umumnya keinginan untuk menyantap beragam makanan pun ikut meningkat dari biasanya. 


    Overeating atau makan berlebihan sekali dalam setahun memang tidak "membunuh", tapi jelas pola makan ini akan membuat kita begitu kenyang, sesak, bahkan yang terburuk sampai sakit karenanya. Sebelum membiarkan bencana tersebut terjadi, ini dia 8 tanda yang bisa kamu kenali apabila sudah overeating atau makan berlebihan.



    Dan saat kamu merasakan tanda-tanda tersebut, it's time to stop, baby~



    1. Kamu merasa 100% kenyang tapi tetap ingin makan

    Untuk menghindari situasi seperti ini, waktu terbaik untuk berhenti makan adalah saat kamu merasa 80% kenyang, ujar ahli diet sekaligus penulis buku The Small Change Diet, Keri Gans.

    Saat perut terlalu kenyang hingga 100% maka kamu akan merasa sesak. Memang cara ini agak sulit untuk dilakukan, apalagi saat kita berhadapan dengan rangkaian dessert yang enak. Tapi ingat kembali bahwa sebenarnya kamu bisa membungkus dan membawa pulang makanan tersebut ketimbang langsung menghabiskannya kok. Intinya: berhentilah makan sebelum kamu kekenyangan!


    2. Kamu berhenti mengapresiasi setiap suap dari makananmu

    Para ahli percaya bahwa suapan pertama dari makanan umumnya membawa kesenangan yang paling tinggi. Setelahnya, indera perasamu mulai terbiasa dengan rasa makanan tersebut dan melanjutkan makan.

    Saat kamu berhenti memikirkan betapa enaknya makanan tersebut dan makan seperti biasa, ini adalah hal yang normal. Tetapi jika kamu makan dengan kurang berselera padahal rasa makanannya masih sama lezatnya, inilah tanda kamu overeating atau makan berlebihan.





    3. Secara fisik kamu membutuhkan istirahat sejenak

    Saat kamu tanpa sadar meletakkan alat makan atau mengambil napas panjang, ini memberi tanda bahwa tubuhmu sudah cukup makan. "Kamu mungkin akan melihat kembali piringmu dan berpikir seharusnya kamu tidak melanjutkan makan lagi karena sudah kenyang," ujar Gans.


    4. Badanmu memanas di tengah sesi makan

    Pencernaan berpengaruh pada suhu tubuh. Kalau kamu makan terlalu banyak, maka sistem pencernaanmu akan ikut bekerja keras sehingga kamu merasa overheat. FYI, makanan pedas juga bisa membawa efek yang sama. Jadi, ketika kamu berkeringat saat sedang makan, bisa saja itu pertanda bahwa kamu makan terlalu banyak.


    5. Celanamu menjadi lebih kencang / ketat

    Celana jeans-mu masih terasa muat tadi pagi, tapi sekarang? 'Ia' terasa begitu kencang. Saat makan terlalu banyak atau overeating, perutmu juga akan ikut membesar karena menampung makanan, terang Gans. 





    6. Kamu merasa sesak jika terus duduk di meja makan & ingin berbaring

    Tanda ini terasa begitu jelas, sebab kita seharusnya tidak merasa sesak setelah makan. Kalau kamu mengalaminya, ada kemungkinan kamu overeating terang Gans.

    Godaan untuk berbaring setelah makan memang begitu sulit dilawan, tetapi aktivitas ini memicu munculnya heart burn dan gangguan pencernaan. Kita sebaiknya tetap duduk tegak setelah makan.


    7. Kamu menambah makanan dua sampai tiga kali

    Kemungkinannya, sepiring penuh makanan porsi pertama kamu sudah menyajikan lebih dari satu porsi standar sebuah hidangan. Namun jika perutmu tetap ingin untuk menambah makanan lagi, fine! Saran Gans, sebaiknya isi piringmu dengan memperbanyak asupan sayur di dalamnya.


    8. Kamu yang terakhir selesai makan

    Semua orang makan lebih banyak saat momen Idul Fitri, Natal, dan perayaan spesial lainnya. Tapi perhatikan lagi apakah kamu adalah orang terakhir yang selesai makan. Kecuali kamu memang tipe yang makan dengan perlahan, itu menandakan kamu overeating.






    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images Dok: Karolina Grabowska from Pexels, RODNAE Productions from Pexels,  Ron Lach from Pexels, Lina Kivaka from Pexels).