Lifestyle

Jeju Bucket List! Ini Dia 5 Tempat di Jeju yang Harus Kamu Kunjungi

  by: Redaksi       3/3/2022
  • Belakangan, dengan maraknya k-drama dan k-pop di industri hiburan, Korea Selatan pun semakin diminati sebagai destinasi wisata. Tidak hanya Seoul yang terkenal dengan gemerlap dan jadi destinasi bepergian para turis, tetapi juga kota-kota lainnya. Seperti Jeonju yang kental dengan budaya, Busan yang terkenal dengan hasil lautnya, lalu bergerak semakin ke selatan, juga pulau Jeju dan keindahan yang disuguhkan.

    Berbagai macam destinasi wisata di Jeju menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan untuk mata, dengan berbagai macam tempat untuk dijadikan ruang singgah. Jeju memiliki lanskap yang indah, pepohonan yang menyelimuti gunung, air terjun, pantai yang mengelilingi pulau, dan penduduk yang ramah. Hendak trekking atau hanya berjalan di tepian laut? Jeju mempunyai Jalur Olle, jalur sekitaran hutan dan hutan rekreasi yang sempurna untuk dijelajahi oleh pengunjung segala usia.










    Museum yang juga ramah dikunjungi keluarga, galeri seni, museum sains, taman bermain, dan folk parks adalah tempat yang harus masuk daftar destinasi selama di pulau Jeju. Dengan adanya ragam pilihan di pulau ini, maka rencanakan liburanmu bersama akomodasi yang nyaman. Ada banyak tempat di pulau ini yang bahkan turis lokal ingin dan hendak kunjungi untuk berjalan-jalan.


    Berikut 7 tempat di Jeju yang wajib masuk bucket list kamu!


    1. Seongeup Folk Village

    Adanya Seongeup Folk Village dimulai sekitar tahun 1423, dan tempat ini menjadi gambaran tepat untuk representatif kehidupan tradisional pedesaan di Jeju. Bahkan di sini, penduduknya masihlah tinggal dan bekerja sebagai lokus dari Seongeup Folk Village, yang mana menjadi pengalaman baru untuk para pendatang; merasakan bagaimana kehidupan di era lalu di desa ini.

    Selain rumah para penduduk, kalian bisa menemukan penginapan, gapura masuk desa, bahkan sekolah Konghucu. Apabila kamu ingin merasakan pengalaman lain yang ditawarkan di sini, kamu perlu menginap setidaknya satu malam yang menyediakan jasa di desa ini. Sebab, ada beberapa pengalaman yang bisa kamu rasakan selain berkunjung.




    Tempat penyewaan hanbok (pakaian tradisional Korea Selatan) mengizinkanmu menyewanya dengan harga kurang lebih 15,000 KRW per jamnya, sehingga kamu bisa mengambil foto yang lebih unik untuk di-upload ke media sosial kamu, Cosmo Babes!

    Bukan hanya itu! Tetapi di desa ini juga ada beberapa toko yang menjual sabun juga lilin, yang bahkan kamu bisa buat sendiri, lho! Dan, apabila kamu ingin mencicipi teh khas Korea Selatan, Seongeup Folk Village juga mempunyai jadwal khusus yang biasanya dilaksanakan di Senin, Kamis, dan Jumat pada pukul 11 pagi hingga 3 sore waktu setempat. Penasaran ingin coba?





    2. Spirited Garden

    Tempat dengan tujuh taman yang bisa dilalui dan berhubungan satu sama lain. Spirited Garden memiliki 3 lantai kafe observatorium yang menyediakan kopi buatannya sendiri (Jamaica Blue Mountain, Hawaiian Kona, Yemen Mocca) juga minuman es jeruk buatan sendiri. 






    Makanan yang disuguhkan untuk menu lunch dari Spirited Garden berfokus pada penyembuhan dan diet seimbang, antara lain salmon, Jeju bulgogi marinated pork, ayam goreng, Jeju pork sausages, tangsuyuk (sweet and sour pork), roti yang baru saja dipanggang, nasi, hearty soups, salad, buah-buahan, dan masih banyak lainnya. Berbagai panganan ini dihidangkan untuk pengunjung mulai dari pukul 11 pagi hingga 3 sore waktu setempat.






    3. Seongsan Ilchulbong

    Seongsan Ilchulbong, yang juga disebut Sunrise Peak, adalah tempat populer untuk trekking dan menyaksikan matahari terbit. Walau matahari terbit tidak terlihat setiap harinya lantaran seringkali berkabut di bagian puncak, Cosmo Babes tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati waktu di sini. Karena, pendakian yang disuguhkan tempat ini tuh, menarik.






    Dan, karena Seongsan Ilchulbong memiliki rute trekking hampir 600 langkah, pastikan untuk membawa banyak air, pakaian hangat, dan makanan ringan untuk memaksimalkan pendakian kalian.





    4. Pantai Woljeongri

    Terkenal atas lanskap yang cantik, pasir putihnya, hingga perairan yang begitu jernih, pantai Woljeongri bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk berjalan di pagi atau sore hari. Dengan sepanjang jalan dipenuhi beragam kedai teh dan kafe-kafe menarik, pastinya cocok dijadikan tempat singgah sembari menatap cerahnya hari.






    Tidak terlalu ramai, dengan angin berembus sesekali, pemberhentian yang tepat selama kamu berlibur di Jeju, terlebih untuk kamu yang membutuhkan vitamin-sea






    5. Gunung Hallasan

    Sebagai salah satu dari 3 spirit mountains di Korea Selatan, Gunung Hallasan terletak di bagian paling selatan Semenanjung Korea dan meraih gelar gunung tertinggi Korea Selatan dengan ketinggian 1.950m di atas permukaan laut.



    Di musim gugur, tempat ini bak diselimuti berbagai warna dari bunga yang mekar, sedangkan gunung Hallasan sendiri dipenuhi dengan warna merah dari dedaunan musim gugur jadi lanskap yang harus disaksikan dengan mata kepala sendiri, sedangkan di musim dingin, warna putih yang menyelimuti tempat ini juga tampak cantik sampai kita menahan napas saat melihatnya.





    Namun, mengingat situasi saat ini, terkait COVID-19, dan berkurangnya pengunjung ke Jeju, sistem pendaftaran uji coba untuk pendaki di jalur Seongpanak dan Gwaneumsa di Gunung Hallasan sementara ini ditangguhkan; mulai 13 Februari 2020. Setelah keadaan lebih kondusif, aturan ini akan ditinjau ulang.




    Bagaimana Cosmo Babes? Sudah siap untuk berburu tiket dan mengunjungi lima tempat di atas?



       Eits! Tapi, jangan lupa. Sebisa mungkin, traveling lah setelah pandemi berakhir, ya!  

      Terus patuhi protokol kesehatan di tengah maraknya kasus COVID-19 dengan segala variannya. 



    Images: Dok. Instagram: visitjeju.en, Youtube: Seoul Walker, visitjeju.net

    Teks: Saca F.