Better You

11 Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

  by: Redaksi       3/3/2022
  • Teh merupakan salah satu minuman yang banyak digemari. Selain menjadi pilihan minuman untuk bersantai, teh bisa membuat pikiran menjadi rileks dan membuat badan kembali menjadi fresh. Wanginya yang harum dan rasanya yang cukup beragam membuat banyak orang memilih untuk meminum teh.

    Ada berbagai jenis teh yang biasa dikonsumsi masyarakat, yakni teh hitam, hijau, dan oolong. Ketiga jenis teh tersebut tak hanya nikmat saat diminum, ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Berikut Cosmo berikan manfaat teh untuk kesehatan tubuh.




    1. Mengurangi Stres




    Teh biasanya mengandung zat gizi mikro yang disebut flavonoid. Zat tersebut bisa membantu bagian tubuh berfungsi lebih baik. Salah satu jenis flavonoid adalah theanine. Theanine dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan stres.


    2. Menjaga Kesehatan Jantung




    Selain mengurangi stres, teh juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Adanya kandungan polifenol dalam teh bisa membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah untuk mengurangi risiko stroke.


    3. Mengurangi Resiko Diabetes




    Untuk kamu yang suka mengonsumsi teh hijau, ada kabar baik untukmu! Katekin dalam teh hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah sehingga bisa mengurangi risiko diabetes. Kandungan polifenol dalam teh juga dinilai dapat meningkatkan aktivitas insulin yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah.


    4. Meningkatkan Metabolisme




    Tak hanya mengurangi risiko diabetes, dengan meminum teh kamu bisa membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh kamu, lho, girls! Kandungan polifenol pada teh oolong dan teh hijau terbukti meningkatkan kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh.


    5. Membantu Mencegah Kanker




    Teh hijau memang memberikan banyak manfaat, salah satunya membantu dalam mencegah penyakit kanker. Antioksidan yang kuat dalam teh hijau bisa membantu melawan kanker. Penelitian laboratorium dan hewan telah menemukan bahwa zat EGCG pada teh hijau dapat mengurangi metastasis dan meningkatkan hasil untuk kanker payudara, paru-paru, usus besar, kulit, dan lainnya.


    6. Meningkatkan Kesuburan




    Lagi-lagi kandungan polifenol dalam teh bisa membantu dalam meningkatkan kesuburan. Adanya efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, dapat membantu kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Tapi ingat, faktor kesuburan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk tingkat stres.


    7. Baik untuk Kesehatan Mulut




    Tak semua minuman baik untuk kesehatan mulut, tetapi teh ternyata baik untuk kesehatan mulut, lho, girls. Teh mengandung fluorida yang bisa mengurangi risiko penyakit pada mulut seperti gigi berlubang dan periodontal (penyakit jaringan penyangga gigi).


    8. Baik untuk Kesehatan Usus




    Polifenol dalam teh juga bermanfaat untuk kesehatan usus karena kandungan polifenol bisa mengubah bakteri usus dan menjaga keseimbangan bakteri dalam usus. Hal ini akan memberikan efek yang positif pada kesehatan seperti berkurangnya penyerapan karbohidrat dan peningkatan kadar gula darah.


    9. Membantu Menyehatkan Tulang




    Salah satu jenis teh seperti teh hijau moringa dapat membantu menyehatkan tulang seperti mencegah tulang keropos. Teh hijau moringa merupakan tanaman yang berasal dari Asia Selatan yang dikenal karena khasiat obatnya, dengan memiliki kandungan kalsium lebih banyak, zat besi, vitamin A dan K, teh hijau moringa menjadi asupan minuman yang baik untuk menjaga tulang tetap kuat.


    10. Mengandung Antioksidan




    Kamu ingin awet muda? Coba, deh, minum teh putih. Kandungan antioksidan pada teh putih dapat bekerja untuk mencegah tubuh menjadi cepat menua, sehingga dengan mengonsumsi teh putih dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat wajah menjadi lebih awet muda. Teh putih diklaim mengandung antioksidan lebih banyak dibandingkan teh hitam dan hijau karena tidak mengalami banyak pemrosesan.


    11. Mengandung Sedikit Kafein Dibandingkan Kopi






    Tak hanya pada kopi, teh juga memiliki kurang dari 50 persen kandungan kafein. Sehingga jika kamu ingin beralih dari kopi ke teh, cobalah teh akar chicory seperti Teeccino, yang memiliki rasa yang mirip dengan kopi. Dijamin tetap aman mengonumsi teh tanpa merasakan efek negatif seperti saat minum kopi. Namun tetap minum dibatas wajar ya, girls.


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Image: Photo by Thought Catalog on Pexels, Photo by energepic.com on Pexels, Photo by Pixabay on Pexels, Photo by Nikolay Osmachko on Pexels, Photo by Maria Tyutina on Pexels, Photo by Lilartsy on Pexels, Photo by Tatiana on Pexels, Photo by Oleg Magni on Pexels, Photo by Polina Zimmerman on Pexels, Photo by Dominika Roseclay on Pexels, Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels, Photo by Nikolay Osmachko on Pexels )