Lifestyle

5 Cara Mengatasi Trust Issue

  by: Redaksi       4/3/2022
  • Trust issue atau masalah kepercayaan bisa terjadi akibat dari pengalaman kita di masa lalu atau saat ini, seperti adanya masalah pengkhianatan, pengabaian, dan manipulasi. Pasalnya, trust issue selalu dihubungkan dengan hubungan sosial seseorang seperti pertemanan, keluarga, atau percintaan.

    Biasanya, seseorang yang memiliki trust issue akan sering mengalami kesulitan dalam berkomitmen. Hal ini disebabkan karena rasa tidak percaya dan takut pada hubungan yang dijalani. Sehingga membuat mereka berpikir bahwa orang lain akan menyakiti dirinya.

    Setiap orang juga jelas memiliki kadar kepercayaan yang berbeda-beda dan jika tidak segera dicari tahu jalan keluarnya maka ini bisa menyebabkan terbentuk emosi negatif yang konsiten di dalam diri. Tak hanya kelelahan fisik, emosi negatif juga akan mengganggu kesehatan mental dan berpotensi menyebabkan munculnnya rasa depresi, kecemasan, dan takut ditinggalkan.



    So.. Apakah Cosmo Babes juga mengalami masalah kepercayaan ini? Jika ya, Cosmo akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi trust issues.



    1. Berdamai dengan masa lalu



    "Awareness that trust issues are present is an important first step,"

    Menurut laporan Mindbodygreen, kesadaran akan hadirnya trust issue dalam diri kita adalah langkah penting untuk memahami diri sendiri mengenai permasalahan yang terjadi. Apakah pengkhianatan dan rasa sakit adalah yang menjadi penyebab dari trust issue muncul. Proses ini menjadi sebuah tantangan untuk berdamai dengan trust issue yang kamu miliki.


    2. Terima risiko




    Tantangan besar lainnya dalam mengatasi trust issue adalah dengan belajar menerima risiko. Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan dan hal itu bisa saja mengecewakan kita, girls. Tapi kesalahan tersebut bukan selalu menandakan bahwa mereka tidak bisa dipercaya kembali. Cobalah untuk berani membuka hubungan baru walaupun kamu memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu.

    "Learn to more objectively evaluate what is happening now, and not be swept away emotionally by assumptions."


    3. Bekerja sama sebagai pasangan




    Jika kamu sedang menjalin sebuah hubungan, pastikan pasangan kamu sehingga mereka dapat mendukung proses penyembuhanmu dari trust issue. Kamu dan pasangan harus terlibat, saling berhubungan, dan responsif. Karena dalam hal ini, faktor besar dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan, jika kamu tidak bisa memercayai orang-orang terdekat, maka maka kamu akan merasa sangat kesepian.


    4. Selalu jujur dalam hal apapun




    Selalu sampaikan apa yang kamu rasakan kepada diri sendiri maupun orang lain. Dengan jujur menyampaikan pendapatmu, tentunya orang lain juga akan berlaku jujur kepada kita, sehingga secara perlahan rasa percaya tersebut akan tumbuh.




    5. Memiliki komitmen yang kuat




    Cara lainnya untuk mengatasi trust issue adalah dengan memiliki komitmen yang kuat pada diri sendiri, Dengan selalu konsisten dengan apa yang kamu percaya, maka rasa percaya yang ada dalam diri juga akan tumbuh lebih kuat dari sebelumnya.


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ Images: Photo by Keenan Constance on Pexels, Photo by Hassan OUAJBIR on Pexels, Photo by Yan Krukov on Pexels, Photo by Asad Photo Maldives on Pexels, Photo by Vera Arsic on Pexels, Photo by Pavel Danilyuk on Pexel)