Beauty

8 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Saat Mencoba Kuku Akrilik!

  by: Astriana Gemiati       4/3/2022
  • Cosmo selalu ingin menjadi perempuan yang, seperti kata Swizz Beatz, bisa menata rambut, kuku, bahkan semuanya. Namun, Cosmo juga menyadari mengenai cerita suram perihal penggunaan kuku akrilik (hmm..).


    Sampai suatu hari Cosmo mencoba melakukannya dengan iseng, dan sejujurnya Cosmo sangat senang dengan hasilnya. Cosmo memilih kuku sedikit panjang dalam bentuk squoval, untuk memudahkan Cosmo mengenal dunia akrilik, dan coba tebak? Itu benar-benar tidak menakutkan seperti yang Cosmo kira.




    Perawatannya minimal tetapi perlu, terutama jika ingin manikur kamu bertahan lama dan kuku di bawahnya tetap sehat. Bila kamu tidak memiliki akrilik, hal-hal kecil yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kuku (dan, ini menjadi suatu keharusan), seperti mengenakan sarung tangan saat membersihkan flat, serta tetap menjaga kelembapan tangan dan kuku. Ingin cakar yang #nailfie-worthy? Kamu harus menyimpan cuticle oil dan hand lotion di tas dan di meja samping tempat tidur kamu.



    Jika kamu mempertimbangkan untuk mencobanya, inilah semua yang perlu kamu ketahui sebelum, selama, dan setelah mendapatkan kuku akrilik. Ada begitu banyak warna untuk dipilih (saya penggemar kuku berwarna neon) dan ketika kamu telah memilih warna yang sempurna, kamu akan dengan mudah memilih bentuk dan nail art yang paling lucu.


    Ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan Cosmo berjanji manikur kamu tidak akan berakhir sebagai kisah horor salon yang viral.


    Sebelum membuat janji temu...

    1. Persiapan adalah segalanya!

    Semuanya baik-baik saja dan menginginkan kuku akrilik, tetapi pertama-tama, kamu harus memastikan kuku yang sebenarnya dapat menanganinya. Jika kuku kamu rapuh atau lemah maka kamu perlu mengembalikannya ke kesehatan yang optimal sebelum menggunakan akrilik.


    Ama Quashie, ahli manikur sesi dan pendiri AMA salon, menyarankan jojoba oil sebagai penguat alami. “Seringkali banyak penguat kuku yang mengandung formaldehida,” dia memperingatkan. “Penguat kuku yang benar-benar alami adalah minyak jojoba – ini adalah satu-satunya minyak yang diserap sepenuhnya oleh kuku.”


    2. Lakukan penelitian

    Tahukah kamu ada sejuta pilihan berbeda untuk kuku palsu? Ok, mungkin tidak sejuta, tapi pasti banyak. Apakah kamu ingin powder dip, gel akrilik, atau sculptured nails? Salon biasanya menawarkan salah satu jenis kuku palsu ini, jadi jika kamu ingin formula atau aplikasi tertentu, pastikan untuk memeriksa menu salon tersebut sebelum memesannya.



    Saat janji temu...

    3. Periksa kebersihan alat

    Kedengarannya jelas, tetapi sangat penting untuk memastikan bahwa alat yang digunakan oleh teknologi kuku kamu disterilkan sebelum kamu memulai janji temu. Alat yang tidak disterilkan dapat menyebabkan infeksi yang tidak menyenangkan – yang tidak hanya sedikit suram, tetapi juga akan merusak keseluruhan tampilan manikur kamu.


    4. Jangan lewatkan sisi manikur 

    Arti penting dari sisi manikur untuk temu janji kamu adalah dua kali lipat. Pertama, akrilik tidak dapat menempel pada kutikula, jadi jika kamu tidak dapat merawatnya, kuku baru kamu tidak akan bertahan lama sebelum perlu diperbaiki. Kedua, terlihat jauh lebih rapi. That’s all!




    5. Pilih bentuk dan panjang kuku kamu

    Ini adalah bagian yang paling menyenangkan yaitu memilih warna. Jika kamu seorang pemula yang lengkap untuk bentuk kuku, Cosmo akan memilih oval, karena itu adalah bentuk yang paling klasik. Maka kamu perlu memutuskan panjangnya. Sekarang, kamu mungkin tergoda untuk memanjangkan, tetapi percayalah, jika ini adalah pertama kalinya kamu akan menyesalinya – jauh lebih cerdas untuk memulai dari yang pendek karena kamu terbiasa memiliki kuku yang indah, lalu mengisinya saat mereka tumbuh lebih panjang.



    Setelah janji temu...

    6. Perhatikan

    Jadi, sekarang kamu memiliki kuku baru yang mengilap, inilah saatnya untuk melindunginya agar tidak rusak total oleh kehidupan sehari-hari. Kami selalu harus melakukan hal-hal membosankan seperti membersihkan kamar mandi dan mencuci piring (ugh). Jadi, setiap kali kamu menggunakan produk pembersih apa pun, terutama yang mengandung pemutih, pastikan untuk memakai sarung tangan karena akan mencegah bahan kimia mengotori manikur kamu.



    7. Menjaganya tetap lembap

    Nails, meet your new best friend, cuticle oil “Gunakan minyak kutikula secara berkala. Siapkan botol mini di tas tangan dan aplikasikan saat kamu memiliki waktu luang, atau jika kuku kamu terlihat sangat kering,” saran Ama. Ini akan membuat kuku kamu kuat dan kulit di sekitarnya tetap sehat.


    8. Melepaskan kuku dengan cara yang tepat 

    Banyak kerusakan yang terkait dengan akrilik terjadi karena pelepasan yang tidak tepat. Banyak salon telah dikenal menggunakan bor untuk mengikir akrilik, tetapi ini juga akan menghilangkan lapisan kuku kamu sendiri. Sebagai gantinya, yang terbaik adalah merendam setiap kuku dalam aseton selama 30 menit, ini akan memecah akrilik sehingga dapat dilepas tanpa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kuku kamu. 








    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image:Dok. Instagram )