Lifestyle

Bangga! Butet Manurung Terpilih Sebagai Barbie Role Model 2022

  by: Redaksi       5/3/2022
  • Indonesia patut berbangga memilik sosok perempuan hebat dan inspiratif seperti Butet Manurung, yang baru-baru ini terpilih sebagai Barbie Role Model 2022. Butet menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia diantara 12 perempuan terpilih dari seluruh dunia.

    Pendiri Sokola Rimba, Butet Manurung, kembali mengharumkan nama Tanah Air setelah dirinya masuk dalam daftar Barbie Role Model 2022. Diumumkan melalui akun media sosial Barbie, nama Butet bersanding dengan beberapa perempuan hebat lainnya seperti produser serial 'Grey's Anatomy' Shonda Rhimes, desainer China Lan Yu serta makeup artist ternama yakni Pat McGrath.

    Ini merupakan sebagai bentuk apresiasi terhadap 12 perempuan inspiratif dari seluruh dunia dengan menjadikan mereka semua role model dalam bentuk Barbie. Hal tersebut sekaligus dalam rangka International Women's Day yang jatuh setiap 8 Maret ini.






    "Sebagai perayaan #InternationalWomensDay tahun ini, kami memberi penghormatan kepada 12 pengusaha dan panutan global dengan menciptakan satu-satunya boneka Barbie di dunia sesuai penampilan mereka,"

    Butet Manurung dalam bentuk boneka Barbienya mengenakan busana nuansa etnik berwarna merah yang dililitkan. Pada bawahannya disematkan kain jarit hitam serta dengan hiasan etnik khas Indonesia. 



    "Harapan saya, para wanita muda dapat memiliki keyakinan bahwa kalian dapat menjadi apapun seperti yang kalian impikan," tulis Butet Manurung dalam Instagram-nya.



    Butet Manurung dikenal sebagai aktivis pendidikan serta pendiri Sokola Rimba, yang dimana perempuan kelahiran 1972 tersebut mendidik masyarakat adat dan suku terpencil di Indonesia. Sebelumnya, Butet juga pernah meraih penghargaan atas dedikasinya dalam pendidikan dengan meraih penghargaan Heroes of Asia dari majalah Time (2004), dan Ramon Magsaysay Award dari Rockefeller Brothers Fund dan pemerintah Filipina (2006).

    Bahkan kisah Butet Manurung dalam mendirikan Sokola Rimba yang berada di Jambi turut diangkat ke layar lebar dengan judul "Sokola Rimba". Film ini disutradarai oleh Riri Riza dan produser Mira Lesmana, sementara sosok Butet Manurung diperankan oleh Prisia Nasution.




    (Rifqi Fadhillah / Image: Twitter/@manurungbutet)