Better You

10 Makanan Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

  by: Giovani Untari       6/3/2022
  • Dengan perubahan cuaca yang tak menentu ditambah situasi pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir, radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang cukup sering kita alami akhir-akhir ini,

    Gejala yang ditimbulkan dari radang tenggorokan umumnya adalah sakit saat menelan, tenggorokan yang berwarna kemerahan, tenggorokan kering, demam, suara serak, sampai pembengkakan kelenjar getah bening di bawah leher




    Penyebab dari radang tenggorokan sendiri pun sebenarnya cukup beragam. Mulai dari infeksi virus dan bakteri, alergi, faktor makanan (misalnya terlalu banyak mengonsumi makanan berminyak), infeksi jamur, bahkan karena masalah GERD. Radang tenggorokan juga ikut dirasakan oleh sejumlah penderita COVID-19. Jadi ini waktunya kita semua untuk semakin meningkatkan kewaspadaan kita, babes!



    Apabila saat membaca artikel ini kamu sedang mengalami radang tenggorokan, ini dia 10 makanan terbaik yang bisa kamu pilih untuk membantu mengatasinya:


    1. Madu

    Madu sejak lama dikenal dengan ragam khasiat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya membantu mengatasi radang tenggorokan. Di dalam madu terkandung zat anti bakteri alami yang efektif untuk meredakan peradangan dan rasa sakit. 

    Minumlah madu yang dicampur dengan air hangat dan perasan lemon saat sedang radang tenggorokan, babes! Minuman ini akan membuat tenggorokanmu terasa lebih nyaman dan mengurangi sensasi gatalnya. 


    2. Sup

    The best comfort food, ever! Semangkuk sup hangat tak hanya membuat perut dan tenggorokan nyaman, tetapi juga kaya akan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh yang sedang sakit. Kaldu ayam / sapi / sayuran yang terkandung dalam sup membantu meningkatkan imun tubuh dan kuahnya juga membuat tubuh lebih terhidrasi.

    Saran Cosmo, masak / belilah sup dengan kandungan garam yang sedikit. Sebab asupan sodium yang terlalu tinggi justru dapat berefek buruk pada sistem imun tubuh kita. No!


    3. Yogurt

    Selain enak dan cocok dipasangkan dengan apa saja, yogurt bisa menjaga sistem imun dan bakteri baik dipencernaan berkat kandungan probiotic alami di dalamnya. Yogurt juga merupakan salah satu sumber protein dan lemak yang baik untuk membantu menjaga kesehatan.

    Kita juga tak bisa melupakan tekstur yogurt yang lembut sehingga tidak membuat tenggorokan semakin iritasi saat radang tenggorokan.




    4. Jahe

    Jahe merupakan salah satu tanaman obat-obatan yang memiliki zat pereda nyeri alami. Selain itu jahe mengandung anti oksidan dan anti inflamasi yang bisa membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. 

    Untuk mendapat khasiatnya, kamu bisa mencampurkan jahe ke dalam menu makanan atau minum rebusan air jahe yang telah dicampur dengan madu.


    5. Bawang Putih

    Tak jauh berbeda dari jahe, bawang putih juga merupakan makanan yang mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi. Kandungan di dalam bawang putih tersebutlah yang akan membantu melawan infeksi dan peradangan di tubuh serta tenggorokan kita.




    6. Oatmeal

    Teksturnya yang lembut dan mengenyangkan, membuat oatmeal menjadi opsi makanan yang baik dikonsumsi saat radang tenggorokan. Oatmeal juga diperkaya dengan zinc, magnesium, serat dan zat antioksidan yang membantu proses detoks dan mengatasi infeksi di tubuh.




    7. Teh Hijau

    Rasa nyeri, tenggorokan gatal, dan sulit menelan saat sedang radang tenggorokan bisa kamu redakan dengan minum segelas teh hijau hangat. Teh hijau mengandung zat anti oksidan yang tinggi untuk membantu menjaga kesehatan dan menstimulasi sistem saraf manusia. Minuman ini juga rendah kalori!


    8. Telur

    Ada banyak nutrisi baik di dalam telur contohnya zinc, zat besi, vitamin D, dan vitamin B12 yang akan membantu tubuh lebih cepat pulih dari sakit. Saat sedang radang tenggorokan sebaiknya kamu mengonsumi telur dengan cara direbus atau dibuat scramble eggs (minim minyak!) agar lebih mudah ditelan.


    9. Pisang

    Buah satu ini juga tak kalah versatile! Pisang diperkaya dengan potasium, vitamin B6 dan vitamin C yang bisa meredakan radang tenggorokan. Tambahkan pisang ke dalam menu oatmeal atau yogurt kamu untuk mendapat manfaat ganda!




    10. Mashed Potato

    Makanan satu ini kaya akan serat yang membantu pergerakan usus kita. Teksturnya yang lembut juga akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Selain itu mashed potato pun memiliki kandungan anti oksidan, potasium, vitamin B, dan magnaesium yang membantu meningkatkan imun tubuh saat sedang sakit.



    Beristirahatlah yang cukup saat sedang radang tenggorokan, dear! Segera periksa ke dokter apabila radang tenggorokan tidak kunjung sembuh dan disertai dengan sejumlah gejala lainnya.



    (Giovani Untari / Images: Dok. Jenna Hamra from Pexels, Keegan Evans from Pexels, Aleksandar Pasaric from Pexels, Daria Andrievskaya from Pexels)