Beauty

Bahan Alami Ini Jadi Solusi Tangan Belang Akibat Sinar Matahari

  by: Redaksi       7/3/2022
  • Cosmoners yang sering beraktivitas di luar ruangan terutama di bawah paparan sinar matahari langsung pasti pernah mengalami kulit tangan belang. Hal tersebut terkadang mengganggu dan bahkan membuat tidak percaya diri. Namun, ada beberapa bahan alami yang bisa jadi solusi untuk mengatasi kulit belang di tangan. Yuk simak penjelasan berikut ini.

    Lidah Buaya

    Image: Pexels / Elle Hughes





    Sebuah studi oleh International Journal of Pharmacognosy telah membuktikan bahwa lidah buaya dapat menghambat produksi melanin yang merupakan pigmen warna gelap pada kulit. Manfaat tersebut kemungkinan besar dihasilkan dari kandungan aloesin dalam lidah buaya yang bekerja dengan menghambat produksi melanin pada kulit. Dengan demikian, kulit akan tampak lebih cerah. Kamu bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya dari tanamannya atau menggunakan produk gel Aloe vera pada bagian tangan yang belang.

    Kunyit

    Image: Pexels / Meta Branco
    Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit atau bagian gelap akibat paparan sinar matahari. Studi yang dimuat oleh Journal of Cosmetic Dermatology menyebutkan kandungan kunyit tersebut mampu melidungi kulit dari paparan sinar UV. Cosmoners bisa mencampurkan 1 sendok teh kunyit yang dihaluskan dengan beberapa tetes air perasan lemon dalam sebuah mangkuk kecil. Lalu aduk merata sampai teksturnya menyerupai pasta masker. Oleskan pada bagian tangan yang belang. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Mudah kan?

    Maker Pepaya dan Madu

    Image: Pexels / Any Lane
    Enzim papai yang dikenal dapat membantu mengatasi kulit belang di tangan dan madu yang membuat kulit tetap kenyal menjadikan kombinasi yang pas sebagai solusi mengatasi permukaan kulit belang di tangan. Kamu hanya perlu menghaluskan 1-2 sendok makan papaya dalam sebuah mangkuk, lalu tambahkan 1-2 sendok makan madu. Aduk merata dan oleskan pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.
    Itu dia bahan alami yang bisa jadi solusi untuk mengatasi tangan belang akibat paparan sinar matahari. Bahan-bahan tersebut juga bisa kamu pakai tidak hanya di tangan, bagian tubuh lainnya seperti leher, kaki dan wajah yang belang karena sinar UV bisa menggunakan bahan alami di atas. Perlu di catat bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitive pada wajah, harus terlebih dahulu melihat kandungan dari baha tersebut.
    Semoga bermanfaat Cosmoners!


    (Fadia Syah Putranto / Imgae: Pexels / Roman Odintsov)