Better You

Bebas Insecure! Ini 8 Cara Agar Kamu Lebih Percaya Diri!

  by: Fariza Rahmadinna       10/3/2022
  • Insecure adalah hal yang sangat normal terjadi dan ini merupakan bagian alami dari kehidupan. Tetapi, merasa insecure sepanjang waktu, jelas bukanlah hal baik, dear.


    Dikutip dari laman WebMD, insecure, atau perasaan tidak aman, adalah perasaan tidak mampu (atau tidak cukup baik) dan ketidakpastian. Ini menghasilkan kecemasaan tentang tujuan dan kemampuan diri sendiri. Tentu saja, kesehatan fisik dan kesehatan emosional, hingga kinerja dalam pekerjaan sehari-hari, dapat terpengaruh karenanya. 




    Perasaan insecure dapat disebabkan oleh berbagai faktor, bisa karena peristiwa traumatis, pola pengalaman sebelumnya, dan social conditioning, atau sebagai bagian dari personality seseorang.



    Dalam menghadapi rasa insecure, ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan agar bisa menjalani hidup dengan lebih percaya diri.


    1. Memahami apa yang sedang kamu rasakan


    Menurut pakar kepercayaan diri dan komunikasi, Karol Ward, cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi perasaan insecure adalah dengan memahami perasaanmu sendiri. Tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu memiliki perasaan insecure.


    Menentukan dari mana perasaan itu berasal dapat membantu kamu memahami dua hal penting. Pertama, perasaan insecure yang kamu rasakan adalah valid dan merupakan hal yang wajar terjadi. Yang kedua, perasaan insecure ini memiliki penyebab logis dan karena itu dapat diatasi secara logis pula.


    2. Tegaskan nilai diri kamu sendiri!


    (Photo by Miriam Alonso from Pexels)


    Setelah memahami perasaan insecure yang sedang kamu rasakan – apapun penyebabnya – sekarang tegaskan nilai diri sendiri bahwa kamu berharga. Untuk membantu, catatlah semua hal yang kamu lakukan dengan benar. Ini akan membantu kamu untuk fokus pada kelebihan daripada kekurangan.


    Sebagai bentuk pembelajaran, kamu juga boleh menuliskan semua hal yang kamu lakukan dengan tidak benar. Cobalah untuk belajar dari kesalahan dan menjadi diri kamu yang lebih baik lagi.


    3. Fokus pada langkah kecil


    Karol Ward, seorang psikoterapis ternama dan pakar dalam hal mengembangkan kepercayaan diri menegaskan bahwa untuk mengatasi rasa insecure jelas tidak bisa terjadi dalam waktu semalam saja. Cobalah untuk bersikap baik kepada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika segala sesuatunya tidak membaik secepat yang kamu inginkan.


    Bahkan, jika kamu masih belum sepenuhnya keluar dari perasaan insecure, tidak apa-apa, masih ada esok hari. Langkah kecil yang kamu ambil sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi langkah yang lebih besar dan membuat kamu terus maju. Yang penting kamu selalu mau berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.


    4. Hindari orang-orang yang membuatmu merasa tidak lebih baik


    (Photo by Raw Pixel from Freepik)


    Perhatikan siapa saja orang-orang disekitarmu yang memberikan pengaruh negatif dan positif.

    Saat ada orang di sekitarmu yang selalu terkesan menjatuhkanmu, mungkin sudah saatnya kamu menjauhkan diri dari mereka.

    Ketika kamu membutuhkan nasihat dan dukungan, saran Ward, pergilah ke orang-orang yang selalu memberikan semangat dan mendukung kamu dengan tulus. Ingatlah bahwa berada di lingkungan yang positif akan membantu kita menjadi lebih positif pula, dear!


    5. Perhatikan body language

    Meskipun berada jauh di dalam diri kita, namun perasaan insecure dapat terwujud ke dalam bentuk perilaku, seperti berdiri atau duduk dengan cara meringkuk dan bersembunyi. Ini seperti memberi tanda kepada orang lain, “tidak ingin terlihat”, atau “ingin terlihat kecil.” 

    Cobalah untuk duduk dan berdiri dengan tegak, karena ini dapat mendorong kamu merasa lebih percaya diri dan menginformasikan mentalitas.


    6. Berikan reward untuk diri sendiri


    (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)


    Cara berikutnya dalam menghadapi rasa insecure adalah dengan memberikan reward kepada diri sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Untuk setiap pekerjaan yang dilakukan dengan baik, sekecil apapun itu, harus diakui dan dirayakan!


    Hadiahi diri kamu makan malam lezat di restoran favorit, atau beli sepasang sepatu cantik yang kamu lihat beberapa waktu lalu di mal. Ini dapat membantu kamu lebih fokus dalam pekerjaan yang kamu lakukan dan membantu kamu lebih percaya diri di hari yang akan datang. 


    7. Lawan pikiran negatif

    Pikiran negatif terus berulang-ulang di pikiran kamu? Sekarang saatnya untuk melawannya! Cobalah untuk melawan pikiran negatif dengan cara:

    - Luangkan beberapa menit setiap hari untuk membuat daftar tiga hal yang kamu hargai tentang diri sendiri. 



    - Prioritaskan menghabiskan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang memberi kamu kegembiraan dan kebahagiaan. Misalnya saja, mencoba melakukan hobi yang selalu ingin kamu coba, atau mencoba resep masakan baru yang kamu dapat dari internet. 

    - Lakukan meditasi. Menurut Help Guide International, meditasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan pikiran negatif. 


    8. Konsultasikan dengan ahlinya


    (Photo by ANTONI SHKRABA from Pexels)


    Jika perasaan insecure adalah masalah berkelanjutan yang benar-benar membebani hidup kamu, sebaiknya temui terapis profesional untuk membantu kamu menghadapi perasaan tersebut.



    (Fariza Rahmadinna/ GIO / Image: Doc. Photo by Maksim Goncharenok from Pexels)