Lifestyle

5 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri

  by: Redaksi       10/3/2022
  • Membuat kesalahan pastinya pernah dialami oleh setiap orang, baik itu kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja, kepada diri sendiri atau orang lain. Tak hanya itu, terkadang memang sulit untuk mengakui kesalahan yang pernah diperbuat serta belajar berdamai dengan banyak pihak dan tentu saja pada diri sendiri. 

    Menerima kembali suatu keadaan terhadap hal tertentu pastinya tidak mudah untuk dilewati. Meminta maaf memang baik, namun untuk berdamai dengan diri sendiri juga bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan apabila belum siap untuk melakukannya.

    Oleh karena itu, kita harus bisa menerima dan mengakuinya karena jika kita mengabaikannya, maka kamu akan merasa kesulitan untuk melangkah maju ke depan dan berdamai dengan diri sendiri.



    So.. berikut Cosmo berikan cara untuk memulai berdamai dengan diri sendiri:



    1. Jalani hidup dengan sadar




    Menurut laporan Mindbodygreen hal yang perlu kamu lakukan untuk memulai berdamai dengan sendiri adalah dengan menjalani hidup kamu secara sadar. Kesadaran harus ada pada kehidupan kamu terutama saat menghadapi konflik. Cobalah untuk tidak mengulik masa lalu yang bisa membuat kamu menyesal dan sulit berkembang.

    Lebih baik kamu mencoba untuk berdamai dengan masa lalu tersebut dan fokus pada kehidupan yang harus dijalani saat ini. 


    2. Akui perasaan dan rasa sakit




    Akui semua perasaan yang sedang kamu rasakan secara sadar. Jika kamu mengabaikan perasaan tersebut dan menyalahkan diri sendiri, itu hanya akan membuat dirimu semakin kewalahan. Berilah dirimu waktu untuk memproses semua perasaan yang sedang kamu hadapi dan mengakui bahwa kamu memang sedang tidak baik-baik saja. 


    3. Percaya pada diri sendiri





    Cobalah untuk percaya pada diri sendiri dan kurangi perasaan ragu. Belajarlah pula untuk percaya pada setiap proses yang kamu jalani. Cara ini akan membuat kamu tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi lewat segala pengalaman tersebut. 




    4. Sadari bahwa kecewa adalah bagian dari hidup

    Sebagai seorang manusia, kita pasti tidak mungkin terhindar dari rasa sedih dan kecewa. Cobalah untuk menghadapi dan menerima perasaan tersebut agar kamu bisa menerima diri lebih baik dari sebelumnya. Jangan berusaha untuk menghindari atau tak merasakan kesedihan serta kekecewaan yang ada dalam hidup ini, dear! Hal tersebut hanya akan melukai dirimu di kemudian hari. 


    5. Hadapi rasa takut 




    Jika kamu memiliki rasa takut akan suatu hal, cobalah untuk terima dan jangan membenci perasaan tersebut. Akui perasaan itu dan coba untuk menghadapi rasa takutnya. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih kuat dan terbiasa. Memang rasa takut itu tak akan hilang, tetapi setidaknya kamu mengetahui bagaimana perasaanmu sendiri dan tahu untuk mengatasinya. 


    6. Perlakukan diri sendiri seperti kamu memperlakukan seorang teman




    Last but not least! Seringkali kita lebih mengasihi orang lain dibanding diri sendiri. Agar kamu bisa memulai untuk berdamai dengan pikiran dan dirimu sendiri, berlatihlah untuk memulai mencintai dan berteman dengan diri sendiri. Dengan demikian, kamu bisa memperlakukan dirimu dengan penuh kasih sayang dan lebih baik lagi ke depannya. Self love!


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ Images: Photo by Artem Beliaikin on Pexels, Photo by Oleg Magni on Pexels, Photo by Andres Ayrton on Pexels, Photo by Gustavo Fring on Pexels, Photo by Liza Summer on Pexels, Photo by KoolShooters on Pexels)