Better You

7 Cara Mudah Mengecilkan Lemak Perut dengan Cepat & Aman!

  by: Fariza Rahmadinna       13/3/2022
  • Struggling dengan masalah perut buncit, girls?


    Perut buncit memang mampu memengaruhi penampilan dan membuat pakaian terasa lebih sempit dan ketat. Faktanya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan perut buncit, termasuk pola makan yang buruk, kurang berolahraga, kurang tidur, dan stres.




    Meskipun menghilangkan lemak di area perut bisa terasa lebih sulit, tetapi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut.



    Berikut ini beberapa tips efektif untuk mengecilkan lemak perut:


    1. Lakukan latihan HIIT


    Listen up here! Hanya dengan melakukan latihan fisik yang berfokus pada perut, seperti crunch, tidak akan membantu mengecilkan lemak di perut. Menurut Dr. Luke James, medical director Bupa Global and UK insurance, kita sebaiknya melakukan latihan HIIT (High Intensity Interval Training) yang merupakan jenis latihan terbaik untuk membakar lemak perut, membakar kalori, dan membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


    Latihan kekuatan dan ketahanan tubuh seperti mengangkat beban juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membantu menurunkan berat badan.


    Please note: Tubuh membutuhkan keseimbangan antara olahraga dan istirahat. Tahukah kamu? Melakukan olahraga terlalu banyak ternyata dapat mencegah tubuh memindahkan kelebihan lemak, alias, memiliki hasil sebaliknya dari yang kamu harapkan!


    Olahraga terus menerus tanpa istirahat juga dapat memengaruhi kadar hormon kortisol dan menyebabkan peningkatan lemak di perut. Ini akhirnya dapat meningkatkan risiko cedera! Jadi pastikan kamu jangan melupakan untuk meluangkan waktu beristirahat setelah berolahraga ya, dear!


    2. Hindari konsumsi makanan atau minuman tinggi gula


    (Photo by Mrsiraphol from Freepik)


    Menurut studi tahun 2015 dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, makanan dan minuman tinggi fruktosa bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut,. Bukan tanpa alasan, berdasarkan studi lainnya di tahun 2009 dalam Journal of the American Dietetic Association, ikut menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman tinggi fruktosa, kemungkinan besar akan membuat kamu mengonsumsi terlalu banyak kalori di kemudian hari dan menyimpannya menjadi lemak. Inilah yang menyebabkan perut buncit.


    3. Kurangi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan


    Mengurangi jumlah karbohidrat, terutama karbohidrat olahan, dapat membantu menghilangkan lemak perut. Ini tentu tidak akan mudah, tetapi dengan mengurangi asupan karbohidrat (tidak menghilangkan karbohidrat sepenuhnya), kamu akan memiliki peluang terbaik untuk mengurangi lemak perut, jelas Dr. Luke.


    Sebuah studi tahun 2015 dalam Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi karbohidrat terbukti dapat membantu mengurangi lemak perut pada orang dengan kelebihan berat badan.


    Perlu dipahami, kamu tidak harus mengikuti diet rendah karbohidrat ketat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat olahan (refined carbs) dengan karbohidrat bertepung yang tidak diproses (unprocessed starchy carbs) juga dapat mengurangi lemak perut dan meningkatkan kesehatan metabolisme.


    4. Tidur yang cukup!


    (Photo by Vlada Karpovich from Pexels)


    Dari scrolling media sosial hingga minum kopi larut malam, ada banyak aktivitas yang tanpa disadari membuat diri kita tetap terjaga di malam hari. Selain merasa lelah dan pusing pada keesokan harinya, kurang tidur setiap malam dapat berkontribusi terhadap peningkatan berat badan.


    Saat kurang tidur, hormon tubuh menjadi tidak seimbang dan dapat mempengaruhi tingkat rasa lapar dan akhirnya kita cenderung akan makan lebih banyak. Artinya, kurang tidur cenderung dapat menyebabkan berat badan bertambah, termasuk lemak perut.


    Berdasarkan studi tahun 2006 dalam American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam secara signifikan lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada mereka yang cukup tidur setiap malam.


    5. Makan makanan berprotein tinggi


    Protein sangat bagus untuk membantu mengecilkan lemak perut, menurut Dr Luke. Ini dapat membantu membangun jaringan otot tanpa lemak, dapat meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar, dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak tergoda untuk ngemil dan makan lebih banyak.


    Banyak penelitian observasional, salah satunya penelitian tahun 2015 dalam jurnal Nutrition & Metabolism, orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada orang yang sedikit makan makanan berprotein. Sumber protein yang baik meliputi: dada ayam, tuna, telur, greek yoghurt, dan produk olahan susu. 


    6. Kelola stres dan kecemasan 


    (Photo by Elina Fairytale from Pexels)


    Merasa stres dapat mendatangkan efek negatif pada tubuh. Ketika stres dan cemas, tubuh akan memproduksi kortisol, atau juga dikenal sebagai hormon stres, yang dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.


    Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Berlatih yoga atau meditasi mungkin bisa menjadi metode yang efektif untuk kamu coba, babes!


    7. Bantu kurangi lemak perut dengan teh hijau


    Teh hijau adalah minuman yang sangat sehat. Minuman ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG), yang keduanya dapat meningkatkan metabolisme. EGCG adalah katekin, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mengurangi lemak di perut. Efeknya dapat diperkuat ketika konsumsi teh hijau dikombinasikan dengan olahraga, menurut studi tahun 2012 dalam jurnal Obesity.


    Itulah 7 tips efektif untuk mengecilkan lemak perut. Penurunan berat badan dan lemak perut selalu membutuhkan usaha, komitmen, dan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang kamu harapkan. Good luck!





    (Fariza Rahmadinna / GIO / Image: Doc. Photo by Mikhail Nilov from Pexels)