Celebrity

10 Sub-Unit Kpop yang Wajib Kamu Ketahui

  by: Redaksi       12/3/2022
  • Ramainya k-pop mewarnai tangga lagu dalam negeri, mengisi layar kaca, hingga terdengar di ragam acara radio membuat masyarakat awam kini terbiasa dengan wajah-wajah yang ada dalam industri musik Korea Selatan. Dimulai dari grup yang kian hari kian familiar hingga nama-nama baru. Tak hanya di televisi atau radio, tetapi juga mulai mengisi media sosial. Bahkan tidak jarang lagu-lagu viral datang dari Negeri Ginseng ini.

    Tapi, Cosmo Babes, tahukah kamu kalau dari semua grup yang telah debut, mereka pun membentuk sub-unit baru baik dengan rekan satu grup maupun lainnya?




    Nah, kali ini, Cosmo ingin mengenalkan 10 sub-unit Kpop yang harus kalian kenal! Siapa saja?


    1. GDYB (G-Dragon & Taeyang BIG BANG)

    Mengesampingkan aktivitas bersama Big Bang, sub-unit ini pertama kali muncul dalam extended play pertama milik Taeyang, Hot, di 2008. Namun, dalam penggarapannya, G-Dragon turut berperan sebagai produser sekaligus penulis lagu. Dan, tak hanya itu saja. G-Dragon juga turut berpartisipasi dalam mini-album pertama Taeyang untuk lagu "Only Look At Me", bahkan berpartisipasi dalam musik video tersebut.





    Duo di bawah naungan YG ENTERTAINMENT resmi merilis single mereka pad atahun 2014 dan berhasil menduduki peringkat tinggi pada tangga lagu Billboard's World Digital Songs. Tak hanya itu, mereka menjadi penyanyi ketiga yang berhasil masuk ke jajaran penyanyi asal Korea Selatan setelah PSY dan 2NE1.




    2. TTS (Taeyeon, Tiffany, Seohyun) GIRLS' GENERATION

    Tiga perempuan cantik yang tergabung dalam grup Girls' Generation ini pun rupanya membentuk sub-unit pertama dari sembilan member-nya, lhoDebut di 2012, sub-unit ini diisi oleh Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun yang sama-sama memiliki vokal kuat, sehingga sejak awal rilis, rupanya TTS sudah mencuri banyak hati pendengarnya.




    Musik video pertama mereka, "Twinkle", dihiasi dengan warna-warna mencolok juga makeup yang didominasi warna cerah. Dan, bukan hanya itu saja yang menyita perhatian, tetapi bagaimana beberapa member EXO turut berpartisipasi dalam musik video ketiganya juga sempat jadi perbincangan. "Twinkle" juga berhasil meraih peringkat tinggi di US iTunes Charts dan Billboard Charts, mencapai angka 126 dalam Billboard 200.

    Mendapat kesuksesan dengan debutnya, di 2014, ketiganya kembali lagi dengan album kedua "Holler". Reaksi untuk mini-album ini juga cukup apik, karena menyapu banyak lagu di tangga lagu Korea Selatan. Sudahkah kamu dengar lagu-lagu mereka, Cosmo Babes?





    3. Super Junior D&E

    Mendengar nama Super Junior tentulah sudah tidak asing bagi kita. Nama-nama member-nya menjadi sangat familiar seiring satu-dua wajah anggotanya juga tampil di layar kaca. Namun, dibalik kepiawaian setiap anggotanya dalam ikut serta di banyak variety show, menjadi pembaca acara, berakting, grup multi-talenta ini pun masih sangat aktif dalam memproduksi musik. Dua diantaranya bahkan bergabung dengan subunit yang hingga kini turut mewarnai tangga lagu, baik dalam negeri maupun luar negeri.





    Digawangi Donghae dan Eunhyuk, sub-unit beranggotkan dua orang ini bahkan belum lama ini mengeluarkan album baru mereka.






    4. EXO-CBX

    Nampaknya SM ENTERTAINMENT memang senang melakukan eksplorasi dengan grup-grup yang sudah didebutkan. Setelah TTS, dengan tipe nyaris serupa, EXO-CBX membawa tiga vokal ciamik ke dalam sub-unit pertama grup ini. Bersama Baekhyun, Xiumin, dan Chen, grup ini meraih sukses sejak debut mereka di 2016 lalu. 



    Bukan hanya di Korea Selatan, rupanya EXO-CBX pun mendulang kesuksesan mereka di negerti tetangga. Single yang dirilis di 2019, "Paper Cuts" ini menjadi karya terakhir mereka sebelum Xiumin menjalani wajib militernya. Apa kalian sudah dengar, Cosmo Babes?





    5. EXO-SC

    Jika tadi EXO-CBX diwarnai dengan tiga vokal berbeda, EXO-SC menunjukkan kemampuan mereka sebagai sepasang rapper yang juga bersuara apik. Sub-unit kedua dari EXO ini debut di 2019 ini rupanya awal mula dikenalkan satu tahun sebelumnya, pada konser EXO Planet 4 – The Elyxion, dengan membawakan lagu berjudul "We Young" di Seoul dan Macau.

    Lagu tersebut kemudian dirilis melalui SM Station X 0 pada 14 September 2018.







    Pada pertengahan 2019, album pertama keduanya dengan judul "1 Billion Views" yang rupanya diisi 9 tracks.





    6. Irene & Seulgi Red Velvet

    Sub-unit pertama dari grup Red Velvet ini dibentuk pada 21 April 2020. Di hari yang sama juga, SM Entertainment mengumumkan bahwa keduanya akan merilis extended play pertama mereka di bulan Juni. Namun, sangat disayangkan bahwa perilisannya ternyata harus diundur dengan alasan untuk meningkatkan kualitas lagunya.





    Sebelum debut menjadi member Red Velvet, duo ini sudah menjadi bagian dari SR14G (SM Rookies 2014 Girls), yang sempat membawakan lagu "Be Natural" milik S.E.S. Cover lagu ini diterima dengan baik oleh pendengar musik K-pop sehingga Lee Soo-man selaku pihak dari SM Entertainment memutuskan untuk meluncurkan duo ini sebagai sub-unit pertama. Keduanya pun pernah menampilkan beberapa lagu bersama dalam SM Town Live Special Stages.





    7. 3RACHA (Stray Kids)

    Beralih dari YG Entertainment dan SM Entertainment, sekarang Cosmo akan mengenalkan salah satu sub-unit jebolan JYP Entertainment, nih, Cosmo Babes! Grup yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, dan Han ini merilis lagu di mana semuanya sejauh ini diunggah ke SoundCloud, di mana ketiganya juga sering mendapat kredit bahwa kebanyakan lagu dari Stray Kids ditulis juga diproduksi oleh mereka.

    Sub-unit ini pertama kali dibentuk oleh JYP Entertainment pada 2016. Lalu, di 18 Januari 2017, mereka mengunggah untitled mixtape/extended play pertama mereka, J:/2017/mixtape, ke SoundCloud, yang berisi 7 lagu. Di tahun sama, pada bulan Agustus, ketiganya kembali mengunggah extended play kedua mereka, 3Days, juga di SoundCloud, yang kini berisi 9 lagu. Dan selang beberapa bulan setelanya, 3RACHA mengunggah extended play ketiga mereka, Horizon, yang berisi 8 lagu.

    Sebelumnya, ketiga pemuda ini terdaftar sebagai calon penyanyi yang tergabung dalam survival show milik JYP bernama "Stray Kids".





    8. Jus2 (GOT7)

    Duo asal Korea Selatan yang beranggotakan JB dan Yugyeom ini rupanya sub-unit kedua dari GOT7 setelah JJ Project, lho, Cosmo Babes! Di bawah naungan JYP Entertainment, keduanya merilis album mini pertama yang berjudul "Focus" pada 5 Maret 2019. lalu.

    Mendulang perhatian tak hanya di dalam negeri, mini-album "Focus" nyatanya menduduki peringkat 6 di Billboard World Album Chart. WOW!





    9. SVT LEADERS (S.Coups, Hoshi, & Woozi)

    SVT LEADERS adalah unit spesial yang dibentuk dari grup SEVENTEEN. Digawangi oleh tiga leaders dari tiap unit dalam grup ini, SVT LEADERS pertama kali dikenal lewat lagu unit mereka berjudul "Change Up" pada 24 September 2017.

    Bukan hanya diisi oleh leaders dari masing-masing unit SEVENTEEN, Woozi, S.Coups, dan Hoshi menggabungkan ragam genre ke dalam lagu ini, dan memanfaatkan keterampilan mereka masing-masing untuk unjuk gigi. Apakah kamu sudah pernah dengar lagunya sebelum ini, Cosmo Babes?




    10. Moonbin & Sanha (ASTRO)

    Dibentuk pada tahun 2020 lalu, duo ini resmi dirilis oleh FANTAGIO lewat extended play pertama mereka, "In-Out" dengan title track mereka: Bad Idea. Seminggu setelah perilisan, keduanya berhasil mendapatkan penghargaan dalam acara musik SBS MTV The Show, dan berhasil menduduki peringkat 9 dalam penjualan album mingguan di Oricon serta peringkat 2 dalam penjualan album di Gaon. Cek yuk, bagaimana musik video debut mereka ini!





    Images: Dok. Youtube YG Official, SMTOWN Official, KCONTACT, JYP Official, Pledis Entertainment, & Fantagio // Teks: Saca F.