Fashion

29 Supermodel Kulit Hitam Yang Sukses Di Industri Fashion!

  by: Astriana Gemiati       15/3/2022
  • Industri fesyen memiliki sejarah masalah inklusivitas dan keragaman—yang sayangnya, masih lazim hingga saat ini. Meskipun kemajuan (perlahan tapi pasti) dibuat untuk memastikan bahwa orang kulit berwarna dan khususnya orang kulit hitam, terwakili di semua bidang industri termasuk pemodelan, seseorang biasanya (dan secara tidak adil) harus membuka jalan bagi orang lain. Supermodel kulit hitam berikut sangat mencuri perhatian di berbagai kalangan (model kulit hitam pertama yang membuka peragaan busana, model kulit hitam pertama yang muncul di sampul majalah, model kulit hitam pertama yang mendapatkan kontrak kosmetik terbesar—daftarnya terus berlanjut), dan mereka telah semua juga mendominasi catwalk dan kampanye yang tak terhitung jumlahnya serta layak mendapat pengakuan besar.


    Tentu saja, kamu juga tahu beberapa perempuan ikonis yang tercantum di bawah ini (seperti: Naomi dan Tyra), tetapi ada juga beberapa supermodel yang sedang naik daun dan telah membuat nama untuk diri mereka sendiri dalam sebuah waktu yang sangat singkat. Di bawah ini, 29 supermodel kulit hitam yang telah sukses —dan terus berubah— di industri fesyen dan modeling.



    1. Tyra Banks

    Tyra Mail! Sebelum dia menjadi juri America's Next Top Model yang ikonis (dan pembawa acara di Dancing With the Stars, lol), dia sendiri adalah seorang supermodel, sebut saja pertunjukan dari Christian Lacroix hingga Victoria's Secret. Dia adalah model kulit hitam pertama yang menandatangani kontrak dengan merek latter dan menjadi Angel dari tahun 1997 hingga 2005.



    2. Naomi Campbell

    Seorang supermodel dengan salah satu karir fesyen paling produktif, pengalaman pertama Naomi menjadi pusat perhatian sebenarnya pada saat ia berusia tujuh tahun ketika tampil di video musik Bob Marley untuk judul “Is This Love?”. Namun sayangnya saat ini, ia sedang mengalami kontroversi berada di bawah pengawasan untuk dugaan hubungannya dengan Jeffrey Epstein dan Ghislaine Maxwell.


    3. Leomie Anderson

    Model Inggris yang telah menjadi model dalam kampanye untuk Fenty dan Pat McGrath, serta berjalan di panggung peragaan beberapa desainer seperti Tom Ford, Moschino, Marc Jacobs, dan Victoria's Secret. Dia juga memiliki blog dan merek fesyennya sendiri yang disebut LAPP, untuk Leomie Anderson the Project the Purpose, di mana artikel diterbitkan dari komunitas penulis yang beragam tentang gaya, politik, dan banyak lagi.


    4. Halima Adem

    Pernah menjadi semifinalis dalam kontes Miss Minnesota USA, dia adalah kontestan pertama yang berpartisipasi mengenakan jilbab. Sejak partisipasinya, dia mendapat perhatian luas dan masuk ke agensi model IMG. Dia juga menjadi model Muslim pertama yang mengenakan penutup kepala dan burkini di Sports Illustrated Swimsuit Issue.


    5. Paloma Elsesser

    Meskipun Paloma ras campuran, model itu mengatakan dia merasa "lebih terhubung dengan budaya dan pengalaman kulit hitam," dalam sebuah wawancara dengan allure. Ibunya berkulit hitam dan ayahnya berasal dari Chili dan Swiss. Dia juga pernah muncul di sampul Vogue Arabia bersama Ashley Graham dan merupakan model runway.


    6. Joan Smalls

    “Saya dibesarkan di sebuah rumah tangga di mana ayah saya berkulit hitam dan ibu saya adalah orang Puerto Rico,” katanya dalam sebuah wawancara. "Itu adalah akar saya." Selain ia seorang model catwalk profesional, Joan baru-baru ini menjanjikan setengah dari gajinya di tahun 2020 untuk mendukung organisasi Black Lives Matter.


    7. Maria Borges

    Maria adalah model kulit hitam pertama yang memakai rambut alaminya di runway Victoria's Secret pada tahun 2015. (Butuh waktu cukup lama!) Model Angola ini juga menandatangani kesepakatan dengan L'Oréal Paris untuk menjadi wajah barunya pada tahun 2017, dan dia terus melakukannya menjadi model catwalk di beberapa panggung peragaan.


    8. Cindy Bruna

    Model fesyen asal Prancis ini adalah model kulit hitam pertama yang berjalan secara eksklusif untuk Calvin Klein, menurut sebuah wawancara dengan Into The Gloss, dan dia berjalan di acara yang mengesankan seperti desainer untuk Elie Saab, Chanel, Givenchy, dan banyak lagi.


    9. Iman

    Model Somalia adalah inspirasi bagi begitu banyak desainer: Gianni Versace, Yves Saint Laurent, Halston, Calvin Klein, Donna Karan—perlu Cosmo lanjutkan? Iman juga seorang filantropis dan telah menggalang dana untuk tujuan penting seperti penelitian AIDS, membantu pengungsi, dan upaya kemanusiaan lainnya.


    10. Beverly Johnson

    Beverly adalah perempuan kulit hitam pertama yang menghiasi sampul Vogue pada tahun 1974 dan telah blak-blakan tentang kurangnya keragaman dalam berbagai op-eds.


    11. Elibeidy Dani

    Salah satu pendatang baru di dunia fesyen, Elibeidy Dani Martinez. Dia baru berusia 24 tahun tetapi sudah berjalan untuk berbagai peragaan seperti Louis Vuitton, Calvin Klein, Brandon Maxwell, Saint Laurent, Prada, Valentino, dan banyak lagi. 


    12. Grace Jones

    Bukan hanya model ikonis, Grace Jones melakukan semuanya: Dia seorang penyanyi, penulis lagu, aktor, dan produser rekaman. Dia tahu bagaimana mengubah runway walk menjadi pertunjukan straight-up. Tarian dan gerakannya membawa begitu banyak energi bagi penonton.


    13. Pat Cleveland

    Pat Cleveland adalah pelopor dalam industri fashion di tahun 60an dan 70an, serta terus berlanjut hingga hari ini. Tahun lalu—pada usia 68 tahun!—dia berjalan di acara Hellessy, terlihat di sini dengan riasan merah yang menakjubkan.


    14. Naomi Sims

    Naomi Sims adalah model kulit hitam pertama yang muncul di sampul Ladies' Home Journal pada tahun 1968 serta Life edisi 1969, dan kariernya meningkat setelahnya. Dia juga memulai bisnis wig dan hairpiece-nya sendiri, yang kemudian berkembang menjadi kosmetik dan perawatan kulit sebelum dia meninggal karena kanker pada bulan Agustus 2009.


    15. Beverly Peele

    Beverly Peele telah menjadi model untuk majalah yang tak terhitung jumlahnya, termasuk Mademoiselle, Elle, Vogue, dan milik kamu, Cosmopolitan.


    16. Alex Wek

    Alek Wek adalah model kulit hitam pertama untuk sampul majalah Elle pada tahun 1997 dan memenangkan penghargaan MTV Model of the Year pada tahun yang sama. Lahir di Sudan Selatan, Alex melarikan diri ke Inggris untuk menghindari perang saudara dan sejak itu berjalan di banyak panggung peragaan. Tapi dia vokal tentang diskriminasi dan keragaman dalam industri modeling dan juga telah melakukan TED Talk tentang pengalamannya tumbuh di Sudan.


    17. Mounia

    Sebagai muse untuk label Yves Saint Laurent di tahun 1970an dan 80an, Mounia adalah model kulit hitam pertama yang muncul dalam pertunjukan haute couture-nya. Sepanjang karir modelingnya, dia hampir secara eksklusif bekerja dengan Saint Laurent.




    18. Gail O’Neil

    Gail O'Neill adalah model terkemuka selama 1980an dan 90an, di mana ia menjadi model untuk glosies seperti Sports Illustrated dan Vogue, serta juga perusahaan seperti Nordstrom dan J.Crew. Sejak menjadi model, Gail fokus pada karir jurnalistiknya dan bekerja untuk CNN, HGTV, dan CBS.


    19. Ajok Model

    Ajok Madel baru mengenal dunia modeling tetapi telah membuat nama untuk dirinya sendiri, ia telah menaklukkannya untuk peragaan Alexander McQueen, Tom Ford, dan Dries van Noten. Dia adalah orang Sudan Selatan tetapi dibesarkan di Australia.


    20. Winnie Harlow

    Winnie Harlow adalah kontestan dari America’s Next Top Model pada tahun 2014, dan meskipun dia tidak memenangkan siklus itu, namun karir modelingnya terus meroket. Dalam audisinya, Winnie mengatakan dia diintimidasi di sekolah karena vitiligonya, tetapi dia berada di garis depan dalam mengubah standar kecantikan industri modeling.


    21. Veronica Webb

    Veronica Webb adalah model kulit hitam pertama yang menandatangani kontrak dengan Revlon pada tahun 1990. Dia juga merupakan inspirasi dari Azzedine Alaia dan memiliki persahabatan dekat dengan sang desainer. “Saya memiliki sweater yang telah saya pakai selama 30 tahun dari Alaia,” katanya dalam sebuah wawancara. “Suami memberikan saya jaket shearling warna putih, yang merupakan salah satu koleksi favorit Azzedine dari koleksi terakhirnya sebelum dia meninggal pada 2017.”


    22. Duckie Thot

    Duckie melakukan debut runway-nya di panggung peragaan untuk Yeezy spring/summer 2017. Bayangkan jika ini menjadi pertunjukan pertama kamu?! Dia muncul dalam kampanye besar untuk Moschino dan Oscar de la Renta. Dia memulai debutnya di Australia's Next Top Model ketika dia selesai sebagai salah satu dari tiga kontestan teratas di acara tersebut.


    23. Jasmine Tookes

    Jasmine Tookes terkenal karena karirnya sebagai Victoria's Secret Angel, tetapi dia juga berjalan di landasan pacu untuk Vera Wang, Giorgio Armani, Yves Saint Laurent, dan banyak lagi.


    24. Adut Akech

    Adut Akech secara eksklusif tampil untuk Saint Laurent pada tahun 2017 dan sejak itu ia berjalan untuk merek termasuk Dior, Givenchy, Versace, dan Miu Miu. Pada Desember 2019, ia memenangkan penghargaan sebagai Model of the Year di British Fashion Awards di London. Sebagai pengungsi Sudan Selatan sebelum dia pindah ke Australia, dia juga bekerja dengan PBB untuk membantu mendukung pengungsi di seluruh dunia.


    25. Lana Ogilvie

    Lana Ogilvie adalah model kulit hitam pertama yang menandatangani kontrak dengan kosmetik CoverGirl dan menjadi model di majalah seperti Sports Illustrated Swimsuit Issue, Vogue, Elle, Cosmopolitan (hai!), dan banyak lagi. Di tahun 90an, dia adalah bagian dari Koalisi Gadis Hitam, mendorong lebih banyak keragaman di landasan pacu dan di media cetak. Sekarang, dia memiliki lini perawatan kulit eponymous sendiri.


    26. Jourdan Dunn

    Model asal Inggris ini ditemukan saat dia sedang "mengejek" (kata-katanya, bukan milikku) di toko Primark pada tahun 2006, dan setahun kemudian, dia berjalan di landasan pacu internasional. Dia adalah model kulit hitam pertama yang berjalan di landasan pacu untuk Prada dalam lebih dari satu dekade pada tahun 2008 dan terus mendominasi peragaan busana, serta kampanye dari Burberry hingga Brandon Maxwell.


    27. Debra Shaw

    Debra Shaw adalah salah satu model yang paling dikenal luas di tahun 90an dan menjadi model untuk Alexander McQueen, Thierry Mugler, Giorgio Armani. Dia masih beraksi hari ini pada usia 43 tahun dan berjalan di banyak label fesyen ternama.


    28. Slick Woods

    Slick Woods telah berjalan di panggung runway yang tak terhitung jumlahnya mulai dari Marc Jacobs hingga Savage x Fenty (dia hamil di acara 2018 merek terakhir dan segera melahirkan!). Kamu mungkin juga mengenali senyum giginya yang khas, terlihat di sini di panggung peragaan untuk LaQuan Smith.


    29. Cynthia Bailey

    Cynthia Bailey bekerja sebagai model runway di Paris dan Milan selama satu tahun, kemudian dia kembali ke NYC dan muncul di majalah termasuk Vogue, Elle, dan Essence. Jika kamu penggemar reality show, kamu mungkin mengenalinya dari Real Housewives of Atlanta.









    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image:Dok. Instagram, Dok. Pinterest )