Celebrity

Yuk, Kenalan sama 10 Penyanyi K-Indie Ini!

  by: Redaksi       19/3/2022
  • Ragam jenis musik kerap direkomendasikan atau kita dengarkan saat menggunakan layanan berbayar atau menonton sesuatu. Sama halnya saat menonton k-drama favorit. Tidak jarang OST. yang disertakan berakhir di playlist kita cukup lama atau dijadikan latar suara di video-video yang kita temukan di media sosial.

    Dan, dengan maraknya judul drama apik dari negeri Ginseng ini untuk ditonton, bertambah juga nama-nama yang mungkin masih asing di telinga kita meskipun terhitung penggemar k-pop. Tetapi, tahukah kamu bahwa nama-nama yang kerap mengisi soundtrack untuk k-drama dan k-movie rupanya terhitung sukses dalam dunia digital di Korea sana, Cosmo Babes?




    Nah, Cosmo sudah mengumpulkan 10 penyanyi k-indie yang tidak hanya sukses mengisi OST. drama, tetapi juga di album mereka. Yuk, kenalan! Siapa saja sih, mereka ini?


    1. Bolbbalgan4

    Awalnya debut sebagai duo, Bolbbalgan4 (볼빨간 사춘기) yang beranggotakan Jiyoung dan Jiyoon mengawali karir mereka dengan menjadi partisipan untuk Superstar K6 di 2014 lalu. Bolbbalgan4 resmi debut pada April 2022, sebelum akhirnya terpecah karena Jiyoon meninggalkan grup ini. Sehingga kini hanya menyisakan Jiyoung sebagai soloist.




    Dengan jenis vokal yang unik, lagu-lagu milik Bolbbalgan4 berhasil memikat hati para pendengar musik asal Korea Selatan ini. Salah satu lagu sukses mereka, "To My Youth", hingga kini masih kerap diputar di banyak acara. Menceritakan tentang masa transisi remaja menuju dewasa, di mana 'aku' dalam lirik mencari identitas atau jati dirinya membuat lagu ini relatable banget untuk cukup banyak orang yang sedang mengalami masa-masa sulit.



    Setelah bergerak menjadi soloist, Bolbbalgan4 atau yang kini lebih dikenal dengan nama BOL4 belum lama ini merilis single terbarunya, "Butterfly Effects". Apa kamu sudah pernah dengar, Cosmo Babes?





    2. Seori

    Penyanyi wanita yang berawal dari menyanyikan cover di Youtube ini resmi debut pada Mei 2020 lalu.  Dan, tahukah kamu, Cosmo Babes, bahwa dia memilih nama "Seori" rupanya punya makna mendalam, lho! Seori memilih stage name-nya ini karena dapat diucapkan dengan jelas dan kata "Seori" unik untuknya. Gemas sekali, ya, interpretasinya?



    Lagunya bersama eaJ, mantan anggota band asal Korea "Day 6" ini melejit namanya segera setelah dirilis. Kalian sudah dengar belum, Cosmo Babes



    Dan, bukan hanya dengan eaJ saja. Seori pun sudah pernah melakukan kolaborasi dengan grup k-pop "TXT". Buat kamu yang mengikuti grup jebolan HYBE LABELS ini pasti tidak asing lagi! 





    3. JANNABI

    Band rock asal Korea ini menaungi 4 anggotanya, yakni Choi Jung Hoon, Kim Do Hyung, Jang Kyung Joon, dan Yoon Kyul. Nama "Jannabi" sendiri memiliki arti "monyet" dan dipilih keempatnya karena mereka lahir pada tahun Monyet (menurut Shio - tahun 1992).



    Jannabi sendiri melakukan debutnya pada tahun 2014 di bawah naungan Peponi Music. Dan, mereka tidak hanya populer di antara lagu-lagu k-indie yang mengisi tangga lagu lokal di Korea Selatan sana, tetapi juga ramai mengisi OST untuk banyak k-drama, lho



    Lagu yang terakhir dirilis oleh mereka bahkan berhasil mendapatkan penghargaan di Mnet Asian Music Award for Best Band Performance pada 2021 lalu. 





    4. Ha Hyunsang

    Musisi, produser, dan singer-songwriter di bawah WAKEONE ini rupanya juga vokalis dan gitaris dari band asal Korea Selatan, Hoppípolla. Dia juga bagian tim produksi NODDED.



    Salah satu lagu yang populer juga masuk ke dalam jajaran OST. untuk Mr. Sunshine. Sudahkah menonton dramanya, Cosmo Babes





    5. Kim Kyunghee

    Tidak hanya sukses dengan soundtrack untuk drama Our Beloved Summer, nama Kim Kyunghee rupanya termasuk yang juga sering digandeng oleh banyak k-drama untuk mengisi OST. 



    Dikenal sebagai pemilik vokal yang sendu nan unik, Kim Kyunghee juga memiliki suara yang masuk dalam kategori halus dan lemah lembut; menggambar emosi yang delicate. Tidakkah kalian setuju? 







    6. Sunwoojunga

    Seorang penyanyi senior yang debut sejak 2006 ini ternyata sudah sangat sering melakukan kolaborasi bersama penyanyi-penyanyi yang namanya familiar di telinga para pendengar k-pop, seperti IU, GD & TOP, Suran, Lee Haeri, Lee Hi, San E, dan masih banyak lagi. 



    Salah satu lagu yang ingin Cosmo rekomendasikan ini menceritakan tentang seorang mengajakmu pergi menjauhi rutinitas yang melelahkan, ke manapun selama bersamamu. Duuuh, romantisnya.





    7. BIBI

    Siapa tidak mengenal BIBI? Penyanyi cantik yang juga digaet oleh 88risings ini belakangan mengisi OST. untuk banyak drama yang tengah naik daun. Setelah "Maybe If" untuk Our Beloved Summer, ia turut menyumbangkan suaranya juga untuk drama lain yakni 2521 dengan "Very Slowly".



    BIBI sebelumnya adalah seorang partisipan untuk reality show berjudul The Fan setelah direkomendasikan oleh pasangan Yoonmirae dan Tiger JK untuk mengikuti acara tersebut. Ia berhasil lolos hingga final, tetapi sayangnya kalah dalam episode tersebur ke Car, the Garden.







    8. CHEEZE

    Tahun 2011, awalnya CHEEZE menaungi 4 anggotanya. Namun, satu per satu meninggalkan band ini dan menyisakan Dalchong sebagai satu-satunya anggota, yang kini melanjutkan karirnya dengan nama panggung CHEEZE



    Band ini awalnya adalah project musikal dengan Dalchong aktif sebagai komposer dan penulis lagu. Namun, kini karena telah berdiri sendiri, Dalchong atau CHEEZE lebih mudah ditemukan sebagai pengisi OST. Karya-karyanya juga akrab di telinga para penonton k-drama



    Tidak hanya itu, CHEEZE pun pernah berkolaborasi dengan Eric Nam dan pH-1 di 2017.





    9. Sam Kim

    Pernah menjadi runner-up K-pop Star 3, Sam Kim kini bernaung di bawah Antenna Music dan beberapa kali sukses menyapu tangga lagu di Korea Selatan. 



    Penyanyi sekaligus penulis lagu dan gitaris berdarah Korea-Amerika ini tidak hanya sekali berkolaborasi dengan musisi luar Korea Selatan. Dua diantaranya Mew Suppasit dan Raisa. Apa kamu sudah dengar lagu mereka, Cosmo Babes




    Sam Kim juga gemar lho, mengisi OST untuk drama-drama popular. Salah satunya "Love Me Like That" yang jadi soundtrack Nevertheless






    10. Hyukoh

    Grup yang debut pada 18 September 2014 dengan "EP 20". Terdiri dari Oh Hyuk, Im Dong-gun, Lim Hyun-jae, dan Lee In-woo, grup ini bawah naungan label HIGHGRND



    HYUKOH yang sejak mini-album kedua mere  22" dirilis rupanya menerima respon positif dari masyarakat dan kritikus musik, bahkan berhasil masuk Top 10 Billboard World Albums Chart.



    Bagaimana, Cosmo Babes? Adakah dari 10 penyanyi k-indie yang jadi favoritmu? 




    Images: Dok. Instagram official_bol4, iam_seori, nakedbibi, leegititssam, cheeze__official, hyukoh_2000, Youtube Bugs!, 1theK, Hyukoh

    Teks: Saca F.