Lifestyle

6 Rekomendasi Buku & Novel Korea yang Wajib Kamu Baca!

  by: Redaksi       18/3/2022
  • Kalau kamu suka buku, novel, dan mengisi waktu luang dengan membaca, tak salah membaca artikel ini, girls!

    Tak hanya K-Pop dan K-Drama yang wajib untuk kamu tonton, tapi buku serta novel dari Korea ini wajib untuk kamu baca karena bisa menjadi pilihan referensimu saat ingin menghabiskan waktu luang dengan membaca. Banyak buku & novel Korea yang memiliki keistimewaannya sendiri, mulai dari konflik cerita hingga ending yang menarik. Ada berbagai buku dan novel Korea yang juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, salah satunya Indonesia.

    Berikut Cosmo punya 6 rekomendasi buku dan novel dari Korea yang wajib kamu baca!




    1. The Hole





    The Hole merupakan novel Korea dengan genre thriller yang menegangkan.. Saat membaca buku ini, terasa seperti ikut merasakan penderitaan yang dirasakan oleh Oh Gi. Adanya rasa terpinggirkan, sesak, hingga dipermalukan. Berada di kondisi seperti itu memang menjadi penderitaan yang paling tidak ingin dirasakan oleh tiap orang. 


    2. Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982




    Novel Korea ini berceritakan tentang Kim Ji Yeong yang lahir pada tahun 1982 di keluarga yang sangat patriarkis, sehingga sepanjang hidupnya selalu mengalami diskriminasi gender karena ia adalah seorang perempuan. Sampai saat menikah pun, Ji Yeong harus mengundurkan diri dari pekerjaannya dan menjadi ibu rumah tangga. 

    Novel ini banyak mengangkat isu kesetaraan gender yang ditulis oleh—Cho Nam Joo—juga dibuat dalam bentuk film yang tayang pada 2019 silam. Filmnya sendiri dibintangi oleh Jung Yu Mi dan Gong Yoo.


    3. The Dog Who Dared to Dream




    Buku karya Hwang Sun-mi ini menceritakan tentang seekor anjing yang terlahir berbeda dari saudara-saudaranya yang lain. Meskipun memiliki fisik yang berbeda, dia juga memiliki keinginan dan mimpi yang sama seperti saudaranya.

    Layaknya manusia, dalam hidup ini, terkadang kita tak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Bahkan seringkali kita dihadapkan pada hal-hal yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Walaupun demikian, kita selalu bisa membuat pilihan dan memperjuangkan yang kita inginkan.


    4. My Brilliant Life




    Novel Korea yang terbit pada tahun 2011 dan sempat dijadikan sebuah film pada 2014 ini ingin mengajak pembaca untuk merenung dan memaknai kehidupan yang dijalani. Bahwa segala hal kecil yang ada disekitar kita pastinya sangat berharga.



    Ditulis oleh Kim Ae Ran, novel ini menceritakan tentang seorang remaja pengidap progeria (penyakit yang membuat penderitanya tumbuh lebih cepat dari usia aslinya). Penyakit tersebut membuat remaja yang menjadi tokoh utama di novel ini memiliki raut wajah dan tubuh berusia 80 tahun padahal usianya baru 17 tahun.


    5. I`ll Go to You When the Weather is Nice




    Novel dengan genre romance ini memiliki alur cerita dengan konflik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Cerita yang dibangun memiliki persoalan seperti dengan keluarga masa lalu, kenangan masa kecil, masa remaja, dan bagaimana mereka menghadapi dan menjalani kehidupannya.

    I’ll Go to You When the Weather is Nice ditulis oleh Lee Do Woo dan merupakan novel terbitan tahun 2020. Novel tersebut juga sempat diadaptasi dalam versi drama Korea di tahun 2020 dan diperankan oleh Park Min Young serta Seo Kang Joon.


    6. The Vegetarian




    The Vegetarian menceritakan tentang seorang perempuan yang memutuskan berhenti memakan daging dan menjadi seorang vegetarian, namun keputusannya tersebut justru memunculkan banyak tak terduga.  

    Novel yang ditulis oleh Han Kang ini juga telah mendapatkan penghargaan Internasional Man Booker pada 2016. Must read!


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/Images: Goodreads)