Celebrity

Ini Dia 5 Grup “Project” Kpop. Kenal Salah Satunya?

  by: Redaksi       20/3/2022
  • Seiring berjalan waktu, perkembangan musik semakin variatif, bahkan di industri musik Korea Selatan, termasuk k-pop. Dan dengan sistem trainee berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, grup-grup yang debut juga memiliki image bermacam-macam hingga tidak jarang kita melihat seorang penggemar menyukai beberapa grup sekaligus.

    Namun, tidak hanya mereka yang debut diawali masa training saja yang rupanya bisa membentuk grup baru. Beberapa agensi bahkan membuat project grup baru guna memberikan warna baru sekaligus mengenalkan k-pop ke kancah internasional.




    Cosmo sudah mengumpulkan dan berikut adalah 5 grup "project" k-pop yang wajib kamu kenal!


    1. JJ Project

    Duo yang sempat bernaung di bawah JYP Entertainment dan debut pada tahun 2012 ini terdiri dari JB dan Jr (kini dikenal dengan nama Jinyoung) dengan single debut mereka, "Bounce".





    Di tahun 2009, keduanya diaudisi secara perorangan untuk menjadi trainee di JYP Entertainment dan selama masa training keduanya, mereka sudah pernah membintangi musik video milik San E berjudul "Tasty San". Dan tidak hanya itu, baik JB maupun Jr pun sempat lho, tampil di layar kaca. Kalian yang suka menonton k-drama pasti tidak asing lagi dengan wajah mereka pada "Dream High 2".



    Setelah berhasil merebut atensi melalui "Bounce", keduanya lantas tergabung dalam GOT7 dan debut bersama 5 anggota lainnya. Nama keduanya melejit seiring GOT7 dikenal di kalangan pendengar musik k-pop. Karya terakhir keduanya sebagai grup project ini kembali muncul 5 tahun setelah single pertama mereka. Di 2017, JJ Project merilis "Tomorrow, Today" lewat EP pertama grup ini, "Verse #2".





    2. NCT U

    Untuk penggemar grup-grup asal Korea Selatan, nama NCT jadi tidak asing di telinga, bahkan satu-dua anggotanya sempat kalian ketahui namanya. Tetapi, tahukah kamu, Cosmo Babes, bahwa NCT rupanya punya konsep yang unik bahkan sebelum setiap unitnya didebutkan, yakni per lagu, berdasarkan usia, dan unit tetap? Yap! Kamu tidak salah baca!



    Yang ingin Cosmo kenalkan kali ini adalah NCT U, di mana setiap grupnya dikelompokkan sesuai lagu yang dipromosikan atau dirilis. Dimulai dengan "The 7th Sense" yang dibawakan oleh Taeyong, Mark, Jaehyun, Doyoung, dan TEN, NCT U terus merilis lagu-lagu yang berkesan di tiap waktunya. Genre dan jenis perform yang dirilis pun beragam. 


     "Timeless" oleh Jaehyun, Doyoung, dan Taeil 


     "Universe (Let's Play Ball)" oleh Mark, Haechan, Doyoung, Jeno, Jaemin, Jungwoo, Xiao Jun, Yang Yang, dan Shotaro 


      "coNEXTion (Age of Light)" Performance  


    3. NCT DREAM

    Rupanya, unit ketiga yang dibentuk di bawah 'bendera' NCT ini punya konsep yang menarik lho, Cosmo Babes! Mengusung tema 'kelulusan', awalnya NCT DREAM bukanlah unit tetap.





    Unit ini di rencana awal diisi oleh anggota yang remaja, kemudian saat menginjak usia dewasa, mereka akan lulus dan berpindah ke unit lain. Namun, pada April 2020 lalu, sistem untuk unit ini rupanya diubah dari adanya 'kelulusan' menjadi sistem rotasi anggota, yang artinya nyaris sama seperti NCT U. Artinya, jumlah anggota mungkin saja berubah, tergantung bagaimana tema album yang akan diusung nantinya.






    4. SUPER M

    Jika grup-grup sebelumnya dibentuk oleh anggota yang terhitung belum pernah terjun ke industri musik sebelumnya, maka SUPER M mengambil tema berbeda. Grup ini digawangi oleh anggota dari grup yang sebelumnya sudah debut di bawah naungan SM ENTERTAINMENT, seperti SHINee, EXO, NCT 127, dan WayV.



    Beranggotakan Taemin, Baekhyun, KAI, Taeyong, Mark, TEN, dan LUCAS, SUPER M secara resmi debut di Amerika pada 4 Oktober 2019 lalu dan memang difokuskan ke promosi di luar negeri.




    Dan, ternyata ya, Cosmo Babes, nama SUPER M ini punya makna tersendiri, di mana 'M' memiliki arti ‘Matrix’ dan ‘Master’ di mana setiap anggotanya telah sukses di grup asal mereka sebelum digabungkan dalam SUPER M. Grup ini juga dianggap sebagai "the Avengers of K-pop" karena mereka memiliki pesona dan kharisma yang kuat saat berdiri sendiri tetapi begitu berada di satu grup sama, ketujuhnya punya sinergi yang sangat kuat. Sulit ditolak deh, pesona mereka!




    5. GOT the beat

    Mengusung konsep nyaris serupa dengan SUPER M, grup ini juga menjadi tempat bernaung tujuh perempuan cantik yang sudah debut dan mengenyam sukses dari grup asalnya.



    Dirilis di Januari 2022 lalu, GOT the beat merilis single "Step Back" yang dibawakan oleh BOA, Taeyeon, Hyoyeon, Wendy, Seulgi, Karina, dan Winter.



    Setelah dirilis di konser SMTOWN2 022: SMCU EXPRESS ketujuhnya melakukan debut pertama kali sebagai GOT the beat di M!Countdown dengan membawakan Step Back pada 27 Januari 2021 dan mendulang perhatian di kalangan para penggemar juga netizen Korea Selatan. Salah satu fancam dari anggota grup ini pun dinobatkan sebagai fancam yang paling cepat mendapatkan penonton terbanyak dalam 24 jam terakhir semenjak dirilis. Look how cute Winter is!






    Images: Dok. Instagram nct, nct_dream girlsontop_sm, Youtube GOT7, JYP ENTERTAINMENT, SMTOWN, NCT Dream, Girls On Top, M2

    Teks: Saca F.