Lifestyle

7 Rekomendasi Susu Non-dairy yang Enak & Wajib Dicoba!

  by: Giovani Untari       21/3/2022
  • Susu telah lama dikenal sebagai pelengkap gizi harian berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk tubuh. Sayangnya, tidak semua orang cocok mengonsumsi susu, terutama susu dairy atau yang berasal dari sumber hewani.

    Maka saat ini produk alternatif susu non-dairy atau plant-based pun mulai banyak bermunculan di pasaran. Ada sejumlah susu non-dairy yang bisa kamu coba contohnya: susu kedelai, susu almond, susu oat, sampai susu kelapa. Dan jangan khawatir soal rasanya, sebab susu non-dairy ternyata juga memiliki rasa yang enak dan nilai gizi yang tinggi.

    Siap-siap buka keranjang belanjaanmu, dear! Sebab ini dia 7 rekomendasi susu non-dairy atau plant-based yang enak dan wajib kamu coba versi Cosmo:




    1. V-Soy Susu Kedelai Low Sugar

    Jenis: susu kedelai.

    Merek susu non-dairy ini pasti sudah tak asing lagi buatmu. Sebab V-soy termasuk salah satu susu yang mudah ditemukan di supermarket hingga minimarket terdekat di kotamu. 


    Susu kedelai ini terbuat dari kedelai utuh Kanada yang kaya nutrisi. Tak hanya memiliki rasa yang enak dan creamy, V-Soy juga mengandung protein, vitamin, mineral seperti vitamin A1, B1, B2, B12, kalsium, asam folat serta bebas kolesterol. Susu tersebut juga memiliki berbagai rasa yang bisa kamu coba mulai dari rasa original, low sugar, multi grain, hingga golden grain.



    Harga: mulai dari Rp 26.500,- untuk kemasan 1 liter.


    2. Re.juve Oatmilk

    Jenis: susu oat.

    Calling all oatmilk lovers! Selain dikenal dengan cold-pressed juice-nya yang menyehatkan, Re.juve juga ternyata memiliki susu oat yang tidak kalah nikmat untuk kamu coba. Susu oat versi Re.juve dikemas dalam dua ukuran yaitu 250ml dan 1.350 ml, serta terdiri dari tiga varian rasa yaitu Original, Chocolate, dan Unsweetened.

    Re.juve Oatmilk pun terbuat dari rolled oats dan gula kelapa organik yang pas untuk dijadikan sebagai pengganti susu segar. Minuman ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang memiliki intoleransi laktosa dan seorang vegan. Psst.. tahukah kamu kalau oatmilk ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, lho!




    Harga: mulai dari Rp 37.000,- untuk kemasan 250 ml.


    3. Australia’s Own – Organic Almond Milk

    Jenis: susu almond.

    Satu lagi susu non-dairy yang memiliki rasa enak yaitu susu almond. Kali ini Cosmo merekomendasikan Australia’s Own untuk kamu cicipi. Susu almond tersebut cocok untuk diminum langsung atau dijadikan bahan campuran menu sereal, smoothies, atau menu kue. 

    Produk susu asal Australia ini pun terbuat dari almond yang sudah bersertifikat organik demi mendapatkan susu berkualitas di setiap tetesnya. Lactose free, soy free, gluten free, and no cholesterol = tempting!



    Harga: mulai dari Rp 53.000,- untuk kemasan 1 liter.


    4. Fomilk Coconut

    Jenis: susu kelapa.

    Kalau kamu mencari alternatif susu non-dairy dengan rasa yang lebih light, please welcome to Fomilk Coconut. Susu kelapa ini bebas laktosa sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Yang menariknya lagi produk ini juga bebas dari gluten, dairy dan bahan pengawet.

    Rasanya yang creamy juga cocok untuk menjadi campuran kopi atau kebutuhan memasak.






    Harga: mulai dari Rp 69.000,- untuk kemasan 1 liter.


    5. 137 Degrees Pistachio Milk Original

    Jenis: susu pistachio

    Well... pernah mendengar soal susu pistachio? Siapa sangka jika jenis kacang satu ini ternyata juga bisa dibuat menjadi susu! 

    137 Degrees Pistachio Milk Original terbuat dari 100% kacang pistachio murni yang membuat rasanya lebih gurih. Nilai plus-nya lagi rasa manis dalam produk susu ini diperoleh dari bunga kelapa organik yang merupakan sebuah pemanis rendah Glycemic Index (GI) alami dan kaya akan berbagai mineral. Jadi susu ini aman untuk kamu konsumsi setiap hari.



    Harga: mulai dari Rp 108.000,- untuk kemasan 1 liter.


    6. Blue Diamond Almond Breeze Chocolate Milk

    Jenis: susu almond.

    Masih dengan varian susu almond, kamu juga tidak boleh melewatkan susu almond dari Blue Diamond Almond Breeze.

    Uniknya, brand susu almond satu ini memiliki berbagai varian rasa yang dijamin tak akan membuat kamu bosan seperti: Chocolate, Vanilla, Latte, Original dan Unsweetened. Meski terdiri dari berbagai rasa Blue Diamond Almond Breeze sendiri ternyata bebas dari perasa buatan, lho!

    Kandungan kalsium dalam susu almond ini pun 50% lebih tinggi dibanding produk dairy milk lainnya.



    Harga: mulai dari Rp 46.000,- untuk kemasan 946 ml.


    7. Oatside Oat M*lk

    Jenis: susu oat.

    Sure, produk susu oat satu ini salah satu yang sempat viral dan dicari di media sosial. Susu ini terbuat dari 100% gandum Australia yang diproses sedemikian rupa hingga menghasilkan citarasa susu yang creamy dan lezat. 

    Oatside Oat M*lk juga ikut memiliki tiga rasa yang bisa kamu coba mulai dari Barista Blend, Chocolate, dan Chocolate Hazelnut. Semuanya bisa dinikmati secara langsung atau dicampurkan dalam pembuatan kopi dan menu lainnya. And let’s appreciate their packaging too, so unique!



    Harga: mulai dari Rp 42.000,- untuk kemasan 1 liter.



    (Giovani Untari  / Images: Dok. Re.juve Indonesia, Instagram @Oatside, Shopee Indonesia / Ilustrasi Opening: S. Dewantara).