Love & Sex

Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Pasangan Kehilangan Pekerjaan

  by: Redaksi       21/3/2022
  • Kehilangan pekerjaan adalah hal yang berat. Dukungan diperlukan dari orang sekitar. Tentu jika hal ini menimpa pasangan, kita sebagai salah satu orang terdekat akan memberikan perhatian ekstra.

    Namun terkadang memberi support secara emosional saja seperti tidak dirasa cukup untuk memahami berat pikirannya pasangan. Apalagi jika status kalian sudah menikah, hal ini tentunya juga akan memengaruhi kondisi finansial rumah tangga.

    Lalu hal apa yang kita bisa lakukan lainnya untuk memberi dukungan kepada pasangan ketika ia kehilangan pekerjaan?



    Memberi Ruang untuk Meluapkan Perasaan


    Menerima realita pahit seperti kehilangan pekerjaan. Ada banyak perasaan yang mungkin dirasakan secara bersamaan seperti sedih, marah, dan bingung. Sebelum kamu hendak menguatkan pasangan, ada baiknya kamu juga bisa memberi ruang baginya untuk meluapkan perasaan mereka dengan menjadi pendengar.


    “Penting bagi pasanganmu untuk mengutarakan perasaannya. Ia mungkin merasa sedih atau takut atau marah, semuanya bisa dirasakan secara bersamaan. Jadilah pasangan yang bisa mendukung sebisamu dalam situasi sulit ini, dan validasi apapun perasaan yang mereka rasakan itu adalah wajar,” terang Heidi McBain, terapis profesional spesialis pernikahan dan keluarga seperti dikutip dari Bustle.

    Bantu Dia Bangkit


    Selain memberi dukungan emosional dengan menjadi pendengar ketika ia merasa galau, kamu bisa bantu pasangan untuk perlahan bangkit secara nyata. Semisal menemani dan memberi saran ketika ia menyusun resume. Atau membantu ia menemukan passion baru yang mungkin bisa menjadi sumber pemasukan sementara sembari menunggu mendapat pekerjaan baru.

    Do Something Fun Together


    Komunikasi dan saling menguatkan memang penting, tapi menikmati waktu bersama juga tak kalah penting. Ini juga bisa menjadi distraksi dan membantu ia rileks, dan tentunya bagi kamu juga. Lakukan aktivitas kencan favorit kalian dan untuk sejenak hindari percakapan mengenai kondisinya.

    Bantu Dia Kembali Percaya Diri




    Kehilangan pekerjaan dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Kamu bisa menguatkan pasangan dengan mengatakan kelebihan dan prestasinya di dunia kerja. Hal dapat jadi acuan ketika ia sedang membuat CV baru.

    Don’t Forget to Take Care of Yourself


    Meski pasanganmu sedang butuh perhatian lebih akan situasi sulit yang sedang dihadapinya, jangan lupa kamu juga perlu memperhatikan dirimu sendiri. Selain tetap menjalani aktivitas seperti biasa, kamu juga bisa tetap meluangkan waktu untuk me time atau bertemu teman-teman.

    (Malcolm Rei/Pexels-Diego Rezende/Freepik-Rawpixel/Freepik-master1305/Freepik-prostooleh/Freepik-haritanita)