Lifestyle

Rayakan IWD, Raffles Jakarta Berkolaborasi dengan JKT. Creative

  by: Redaksi       21/3/2022
  • Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD), Raffles Jakarta dan Veuve Clicquot berkolaborasi dengan JKT. Creative untuk memberdayakan para perempuan dalam membuat item fashion dari bahan daur ulang.

    Kolaborasi menarik ini berawal dari permasalahan sampah di mana dari 57% sampah di Jakarta ternyata 8,2% nya berasal dari limbah tekstil!






    JKT. Creative pun menawarkan solusi berkolaborasi dengan bisnis untuk daur ulang tekstil berupa upcycling fashion yang terbuat dari linen Raffles Jakarta yang dikerjakan oleh Ibu Rusun yang telah dilatih oleh JKT.Creative.

    "Tujuan kami saat ini adalah untuk mengatasi masalah limbah tekstil hotel di Jakarta sekaligus meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap upcycling fashion dengan proyek kolaborasi bersama ibu rusun dan JKT. Creative," jelas Iwet Ramadhan saat ditemui di The Dining Room, Hotel Raffles, Selasa (15/3).



    Setelah mendapatkan kualitas linen yang cocok untuk di upcycle, JKT.Creative bersama dengan ibu-ibu rusun menciptakan koleksi seperti kemeja putih sulaman tangan dan pouch yang akan diberikan untuk tamu yang menginap di kamar Raffles Jakarta.





    Penyiar radio sekaligus desainer batik ini aktif bekerja sama dengan 40 perempuan dari lima rumah rusun di Jakarta dengan melatih mereka menjahit dan membuat kerajinan.

    Beberapa produk seperti tas, kemeja, dan kerajinan tangan yang telah dijual secara eceran di toko terpilih keuntungannya akan digunakan kembali untuk ibu-ibu rusun tersebut dan keluarganya.




    Program ini juga kedepannya diharapkan dapat menjadi sesuatu yang bersifat berkelanjutan dan membantu menyelamatkan lingkungan. “Dengan berkolaborasi bersama JKT.Creative melalui program Sustainable Staycation, Rafless Jakarta ingin semakin memperkuat komitmennya dalam melibatkan pelanggan kami, lalu terus berinovasi dengan mitra kami dan bekerjasama dengan para komunitas lokal,” ujar Mirah Marhaendra, Director of Marketing Communications of Raffles Jakarta.


    What a great move!