Lifestyle

Ini 5 Tanda Kamu Alami Overwork!

  by: Redaksi       23/3/2022
  • Bekerja untuk sukses dan memiliki karier seperti yang diinginkan memang membutuhkan kerja keras dan perjuangan tersendiri. Namun bekerja terlalu keras dan memaksa diri terus-menerus juga sebenarnya berpotensi membahayakan diri sendiri, babes!

    Kamu akan lebih rentan merasakan stres dan burnout. Itu mengapa penting bagi diri kita untuk lebih memahami kapasitas tubuh dan pikiran. Tujuannya? Agar kita tahu kapan harus berhenti, beristirahat, dan mengelola waktu sebaik mungkin sehingga tidak mudah mengalami overwork.

    Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan kalau kamu mengalami overwork.




    1. Merasa pekerjaan tak ada habisnya




    Ketika kamu merasa pekerjaan kamu tak ada habisnya, bisa jadi ini merupakan tanda kamu sedang mengalami overwork. Biasanya kalau sudah di kondisi seperti ini berarti kamu mengalami stres yang diakibatkan kurang istirahat dan pola makan tak teratur.

    Sesibuk apapun usahakan selalu meluangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan apa yang kamu suka supaya kondisi fisik dan pikiranmu tetap bugar saat bekerja. Apabila sudah terlalu lelah jangan memaksakan diri, segera beristirahat dan tidur.


    2. Tak konsentrasi saat bekerja




    Melakukan kesalahan dalam bekerja memang merupakan hal yang biasa terjadi, namun jika kesalahan tersebut dilakukan secara terus-menerus bisa jadi kamu sedang mengalami overwork.

    Saking capeknya kerja dan lembur bisa membuat kamu kehilangan konsentrasi yang akan memengaruhi fokus dalam bekerja. Tentu saja hal ini akan menyebabkan performa kerja menurun. Be aware, girls!


    3. Tak ada waktu untuk me time




    Ketika kamu tidak memiliki waktu untuk me time, itu juga merupakan salah satu tanda kamu sedang mengalami overwork. Hal itu disebabkan karena semua waktu sudah kamu habiskan untuk bekerja sehingga kehidupan pribadimu menjadi berantakan.

    So.. cobalah untuk menata kembali time management-mu agar kamu bisa membedakan waktu untuk bekerja dan me time. Sesekali tidak ada salahnya juga kok mengambil jatah cuti yang kamu miliki untuk menyegarkan pikiran dan menjauh sejenak dari pekerjaan.




    4. Kelelahan secara emosional




    Jika saat bekerja, kamu sering merasa kesal, marah, sedih, atau pusing mungkin itu salah satu tanda kamu sedang mengalami kelelahan emosional. Apabila saat ini kamu merasa seperti itu, mungkin ini momen yang tepat untuk mempertimbangkan pergi beristirahat berlibur, atau menceritakan masalah tersebut kepada orang yang kamu percaya.


    5. Susah tidur




    Biasanya kamu akan merasa sulit tidur saat malam hari atau kamu suka terbangun di tengah tidur malam. Hal ini biasa terjadi akibat banyaknya pikiran dan stres akibat pekerjaan yang menumpuk. Kondisi tersebut juga ikut memengaruhi kondisi alam bawah sadarmu lho!


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by cottonbro on Pexels, Photo by Christina on Unsplash, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Victoria Heath on Unsplash, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash)