Better You

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

  by: Haninadhira Husaini       24/3/2022
  • Dengan adanya ojek dan taksi online memang mempermudah kita untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup, mulai dari berangkat ke kantor, pergi ke kafe, pesan makanan, hingga belanja kebutuhan rumah tangga. Tetapi apakah kamu sadar bahwa dengan kemudahan tersebut membuat kita menjadi lebih malas untuk jalan kaki, walaupun jaraknya itu sangat dekat? Jangan, dong! Jalan kaki itu manfaatnya banyak sekali, terutama untuk kesehatan tubuh kamu.

    Well, Cosmo sudah merangkum beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh kamu agar kamu lebih semangat untuk jalan kaki, psst, anggap saja sebagai pengganti olahraga untuk kamu ketika sedang menjalani hari yang sibuk. Simak, ya!

    Tulang yang kuat

    Menurut Better Health, jalan kaki dapat memperkuat tulang kamu sehingga meningkatkan keseimbangan tubuh kamu. Selain itu, kekuatan dan daya tahan otot kamu juga akan bertambah. Selain menambah kekuatan, membiasakan diri untuk jalan kaki juga dapat menghindari kamu dari nyeri atau kekakuan sendi dan otot.


    Mengurangi risiko penyakit

    Jalan kaki juga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit jantung dan stroke. Selain itu, jalan kaki juga dapat meningkatkan manajemen kondisi seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, dan diabetes.



    Berat badan sehat

    Dengan jalan kaki yang teratur dapat membantu kamu untuk memiliki berat badan yang seimbang dan sehat. Menurut Livestrong, kamu dapat membakar 90 hingga 200 kalori selama 30 menit berjalan kaki tergantung pada kecepatan kamu. Dan ini mungkin semua yang kamu butuhkan untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Sebuah studi oleh JAMA Internal Medicine menemukan bahwa jalan kaki 30 menit setiap hari dapat mencegah penambahan berat badan.


    Membuat kamu bahagia

    Coba kamu berpikir bahwa berjalan kaki sebagai cara meditasi dengan bergerak. Menurut Mayo Clinic, aktivitas fisik seperti berjalan membantu kamu untuk lebih rileks dan meningkatkan kadar endorfin perasaan-baik tubuh kamu yang pada akhirnya dapat menurunkan stres dan kecemasan. Kesehatan mental kamu itu dapat memengaruhi kesehatan tubuh kamu, lho!





    Membuat kamu hidup lebih lama

    It’s not a joke, girls! Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang hanya melakukan 10 hingga 59 menit olahraga sedang (seperti jalan cepat) per minggu memiliki risiko kematian 18% lebih rendah selama masa studi dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif. Sementara itu, orang yang menyelesaikan olahraga mingguan 150 menit yang direkomendasikan setidaknya dalam 10 menit memiliki risiko kematian 31% lebih rendah.


    Meningkatkan kekuatan otak

    Dalam sebuah penelitian, pemindaian otak orang yang berjalan cepat selama satu jam tiga kali seminggu menunjukkan area pengambilan keputusan di otak mereka bekerja lebih efisien daripada orang yang menghadiri seminar pendidikan. Penelitian lain menunjukkan latihan fisik, seperti berjalan kaki, dapat meningkatkan fungsi otak pada wanita yang lebih tua. Para ahli berpikir manfaat ini bisa jadi sebagian karena peningkatan aliran darah ke otak yang terjadi dengan olahraga. Girls, ini berarti kamu bisa berpikir dan mengambil keputusan lebih cepat. No more labil~


    Sistem pencernaan menjadi lebih baik

    Well, jika selama ini kamu selalu membanggakan kopi yang kamu minum setiap hari karena dapat menjaga sistem pencernaan kamu tetap kuat, bersiaplah untuk mulai berterima kasih pada jalan pagi kamu sebagai penggantinya! Karena rutinitas berjalan kaki yang teratur dapat meningkatkan pergerakan usus kamu. Itulah alasan salah satu hal pertama yang harus dilakukan pasien setelah operasi perut adalah berjalan karena menggunakan otot inti dan perut, sehingga mendorong gerakan dalam sistem pencernaan.



    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Emma Simpson on Unsplash)