Celebrity

Kenalan Yuk, sama 10 Leader K-pop Generasi Keempat!

  by: Redaksi       24/3/2022
  • Dalam satu grup k-pop, tentunya para penggemar sudah terbiasa mendengar per anggotanya ditempatkan di posisi tertentu. Ada yang menjadi bagian vokal utama, lead vocal, rapper, bahkan visual juga leader. Dan setiap posisinya punya peranan penting dalam grup tersebut. Termasuk untuk sederetan para leader yang kerap menjadi penghubung komunikasi antara para anggota lain dengan agensi, pemberi motivasi serta mengurus anggota lainnya, dan mewakili grup dalam banyak aspek ⏤ salah satunya tentu menjadi juru bicara saat menerima penghargaan.

    Bukan hanya itu, para leader pun biasanya dituntut sebagai sosok yang lebih dewasa dan berkharisma sehingga bisa mendapatkan kepercayaan anggota lainnya di grup mereka.





    exo-suho-suho




    Nah, berikut 10 leader dari grup generasi keempat di K-pop yang perlu kamu kenal! Siapa saja mereka? Ikuti Cosmo, yuk!


    1. Bang Chan (Stray Kids)




    Berada di bawah naungan JYP Entertainment, pemuda yang juga dikenal dengan nama Christopher Bang ini debut bersama ketujuh anggotanya dengan bendera Stray Kids sejak 2017. Namun, rupanya sebelum melakukan debutnya, Bang Chan sudah lebih dulu membentuk trio bersama dua anggotanya yang hingga kini dikenal dengan nama 3RACHA pada 2016. Ketiganya hingga kini masih menghasilkan karya melalui akun SoundCloud mereka.

    Dan, rupanya nih, Cosmo Babes, pemuda berzodiak Libra ini di masa kecilnya pernah tinggal di luar Korea Selatan, lho! Oleh karena itu kamu nggak perlu khawatir sulit berkomunikasi dengannya. Ditambah dengan aksen Australia yang kental, pesonanya jadi semakin 'wow', kan?"

    Namun, tentu saja bukan hanya ia pandai bicara dan menjadi leader yang baik untuk para anggotanya. Bang Chan juga seorang multitalenta! Ia rupanya sering berpartisipasi dalam penggarapan album grupnya sebagai komposer, penulis lirik, dan arrangement. Dan, dia juga jago banget menari. Sudah pernah menonton video dia melakukan cover untuk lagu 2PM belum? 




    2. Hongjoong (ATEEZ)




    Pemuda dengan nama asli Kim Hong Joong asal Korea Selatan ini nyatanya juga leader yang all-rounder alias serba bisa lho, Cosmo Babes! Dengan posisinya yang juga sebagai rapper, rupanya tidak memudarkan kemampuannya juga dalam bernyanyi serta sebagai komposer. Namun, tahukah kamu kalau ternyata sebelum bergabung dengan agensinya kini, KQ, ternyata Hongjoong belum pernah mendalami kemampuannya secara formal. Maka, keuletannya dalam mengasah bakat patut diacungi jempol!

    Pun, bukan hanya itu saja lho, yang rupanya menarik dari sosok leader ATEEZ ini, Cosmo Babes. Apabila kamu mengamati penampilannya, kamu pasti akan mendapati bagaimana Hongjoong mengecat kukunya. Rupanya, hal ini dilakukan karena punya makna berkaitan dengan kampanye anti kekerasan kepada anak. Kampanye yang dikenal dengan nama "Polished Man" ini dilakukan karena tingginya angka kekerasan pada anak dan Hongjoong berpartisipasi agar masyarakat awam menyadari hal ini juga selainnya.




    3. Taeyong (NCT)




    Menjadi leader saja tidak mudah. Nah, bagaimana kalau kamu harus mengawasi dua puluh dua anggota dalam satu grup? Yap! Itu yang diemban oleh Taeyong selaku leader NCT

    Diberi nama panggung TY, pemuda kelahiran Seoul ini juga mengisi posisi rap dalam grupnya. Dan, bukan hanya itu saja. Kemampuannya dalam menari bahkan sudah diakui bukan hanya oleh para idol tetapi juga koreografer ternama di Korea Selatan sana. Bahkan ia pernah menjadi juri untuk variety show yang diikuti oleh grup-grup tari dan koreografer, STREET WOMAN FIGHTER. Tonton yuk, salah satu video di mana Taeyong menunjukkan kemampuan koreografinya!




    4. Yeji (ITZY)




    Jika tadi sudah mengenal 3 leader dari grup laki-laki, maka ini waktunya kita berkenalan dengan salah satu leader dari grup perempuan yang tengah naik daun.

    Siapa tak kenal ITZY? Untuk penggemar k-pop, grup asal JYP Entertainment ini pastilah tidak asing di telinga. Dengan sederetan lagu yang seringkali viral, wajah anggotanya jadi cukup familiar, termasuk sang leader, Yeji. Perempuan cantik kelahiran Seoul ini rupanya telah sering muncul di layar kaca bahkan sebelum resmi debut dengan grupnya kini. Dari sebagai cameo di drama pada tahun 2015, lalu muncul di survival show "Stray Kids" di tahun 2017, hingga "The Fan" di 2018, di mana anggota 2PM, Junho, memujinya sebagai 'senjata rahasia' dari JYP Entertainment.

    Lihat bagaimana kemampuannya! Pasti bisa dimengerti kan, kenapa ia sampai mendapat julukan tersebut?




    5. Karina (aespa)




    Untuk penggemar grup-grup asal SM Entertainment, wajah Karina tentunya akrab atau pernah kalian lihat sebelumnya. Bukan hanya karena ia resmi debut di tahun 2021 lalu, tetapi juga karena ia pernah muncul di video bersama dua seniornya, Taemin SHINee dan KAI EXO. Dan rupanya, sebelum resmi bergabung dengan agensinya kini, ia juga sudah terkenal sebagai seorang ulzzang, lho! Para ulzzang ini di Korea Selatan adalah orang-orang yang wajahnya rupawan dan dibicarakan oleh orang-orang karena visualnya.

    Mengidolakan f(x), Taeyeon, IU, dan Park Soojin, kini Karina mengikuti jejak mereka dengan terjun ke dunia musik dan mengejar cita-citanya. Dan bukan hanya bersama aespa saja perempuan cantik asal Bundang ini menunjukkan kemampuannya. Dalam grup project besutan SM Entertainment, dengan anggota grupnya, Winter, ia menjadi bagian dari Girls on Top.







    6. Han Seungwoo (ex-leader of X1)




    Menjadi salah satu partisipan dari survival show PRODUCE X 101, pemuda yang juga anggota dari grup VICTON ini sempat menjadi leader berkharisma untuk grup yang debut dari program tersebut, X1. Meskipun hanya sempat bertahan beberapa bulan, pesona seorang Han Seungwoo sebagai leader kerap membuat penggemar X1, ONE IT terharu dan meleleh.

    Di belakang panggung, bersama anggota lain, Seungwoo menjadi sosok yang mengayomi dan pendengar yang baik. Sedangkan ketika ia harus unjuk gigi di atas panggung, kharisma yang ditunjukkan sama sekali tidak boleh dipandang sebelah mata.

    Namun sayangnya, karena ada kontroversi yang sempat menimpa program survival show di mana ia sempat berpartisipasi, X1 berakhir dibubarkan setelah lima bulan debut dan Seungwoo kembali ke grup asalnya, VICTON. BUT! Wherever he is now, we hope he's happy!




    7. Kwon Eunbi (ex-leader of IZ*ONE)




    Sama dengan Seungwoo, gadis cantik yang dikenal dengan nama Eunbi ini pun sempat menjadi grup hasil program survival show PRODUCE 48, IZ*ONE. Pun, sebelumnya ternyata Eunbi sudah pernah debut di grup Ye-A, lho! Namun, ia berakhir keluar dari grup untuk bergabung bersama Woolim Entertainment, agensi yang menaunginya sejak acara itu dimulai hingga kini.

    Berbeda dengan X1, IZ*ONE sempat menyelesaikan kontrak mereka sesuai perjanjian awal, dengan konser terakhir mereka di 2021 lalu, "ONE, THE STORY". Kini, setelah kegiatan promosi bersama IZ*ONE berakhir, di bawah naungan agensinya, Eunbi sudah kembali debut sebagai penyanyi solo dan akan melakukan comeback-nya di bulan April nanti!




    8. BX (CIX)




    Bukan hanya sebagai leader, BX rupanya juga mengambil posisi rapper dalam grupnya dan bernaung di bawah C9 Entertainment. Namun, sebelum itu, rupanya BX juga sempat menjadi kontestan untuk survival show lainnya, MIXNINE. Ia menduduki ranking 9 pada episode final dan seharusnya debut dengan grup yang direncanakan. Hanya, sayangnya semuanya batal, sehingga ia harus berjuang lagi di acara survival show lainnya di tahun 2018, yakni YG Treasure Box. Sayangnya, ia justru tereliminasi di episode terakhir.

    Kini, ia debut bersama CIX sejak 2019 dengan mini-album pertamanya, 'Hello' Chapter 1. Hello, Stranger.

    Nah, ada fakta menarik tentang BX nih, Cosmo Babes! Ternyata, selain sempat mengikuti dua survival show, pemuda asal Incheon ini pernah menjadi trainee di YG Entertainment dengan teman satu grupnya sekarang, Seunghun, lho! Dan karena kedekatannya bersama anggota lainnya, kelima pemuda yang berada dalam grup sama dengannya mendeskripsikan BX sebagai sosok yang selalu membuat mereka tertawa dan bahagia.





    9. Soobin (TXT)




    Anggota kedua yang dirilis oleh Big Hit Entertainment, Soobin menduduki posisi leader dalam grup yang beirisikan 5 pemuda tampan, TXT. Dan bukan hanya kepemimpinannya saja yang mencuri perhatian para penggemar dan media di Korea Selatan, Soobin juga memiliki pesona yang membuatnya mendapatkan banyak julukan, seperti: 'Shy Flower Boy/Flower Boy, Pure and Clear visual, Flower-Shaped Sunshine, serta Flower Prince.

    Tidak hanya rupawan, pemuda ini ternyata juga multi-talenta, CosmoBabes! Di luar kemampuannya menyanyi, rap, dan menari, Soobin pernah menjadi pembawa acara untuk salah satu acara musik di Korea Selatan juga! Dan, tahukah kamu kalau rupanya visual Soobin ini juga dipuji karena mirip sekali dengan Minhyuk, anggota grup BTOB.





    10. Jungwon (ENHYPEN)




    Menjadi leader di usia sangat muda menjadi pemandangan kurang biasa di industri musik k-pop. Biasanya, anggota yang menjadi seorang leader adalah anggota tertua, tetapi di ENHYPEN, anggota termuda kedua justru ditunjuk sebagai leader. Pemuda yang pernah menjadi trainee di 2 agensi besar ini memiliki nasib hampir serupa dengan Bang Chan, Seungwoo, Eunbi, dan BX ini memiliki image lucu nan cute saat pertama kali melihatnya.

    Namun, meski begitu, ia seolah jadi orang yang berbeda lho, saat di panggung! Pesonanya ketika bernyanyi, menari, menampilkan secara total di atas panggung sulit untuk ditolak! Terlebih dengan lesung pipit di kedua pipinya, Jungwon, bisa jadi oppa sekaligus dongsaeng kesayangan kamu di waktu bersamaan ⏤ walau lebih muda, if he's handsome then he's oppa, right? *wink*






    Images: Dok. Twitter, Youtube Stray Kids, ATEEZ, NCT Dance, Studio Choom, M2, CIX, SBS KPOP, KBS Kpop

    Teks: Saca F.