Better You

Simak 6 Tips Mengatur Waktu Kerjamu Agar Lebih Produktif!

  by: Redaksi       25/3/2022
  • Menjadi produktif saat bekerja merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun banyak yang menganggap produktif bekerja tandanya harus bekerja lebih lama atau kerja lebih keras dari biasanya. Nyatanya, tak harus demikian, girls!

    Kamu tak perlu mengorbankan waktu luangmu untuk bekerja dan agar menjadi produktif. Mereka yang produktif umumnya mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya mereka lakukan terlebih dahulu serta bagaimana menyelesaikan pekerjaannya.

    Berikut, ada 6 tips untuk mengatur waktu kerjamu agar menjadi semakin efektif dan produktif.




    1. Utamakan pekerjaan yang harus diselesaikan





    Kamu bisa menyusun skala prioritas dengan mencatat mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini membantu juga dalam mengatur waktu kerjamu semakin produktif dan efektif.

    Skala prioritas dapat memudahkanmu dalam membuat perencanaan dan juga mengasah kemampuanmu untuk fokus dalam bekerja. Ingat, kamu juga perlu memerhatikan skala prioritas tersebut, karena jika kamu salah dalam menyusunnya waktu kerjamu bisa jadi berantakan.


    2. Membuat to-do-list




    Selanjutnya buaatlah to-do-list pekerjaan yang akan kamu kerjakan agar waktu kerjamu agar semakin produktif. Dengan membuat perencanaan ini jelas akan mempermudah kamu dalam menentukan tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

    Kamu juga tidak akan merasa kebingungan atas apa yang harus dikerjakan setiap harinya. Biasakan untuk membuat perencanaan sebelum melakukan pekerjaan, ya, girls!


    3. Belajar untuk fokus




    Sekarang kamu harus belajar untuk fokus sehingga pekerjaanmu bisa diselesaikan tepat waktu. Jangan juga menunda-nunda pekerjaan yang telah ditetapkan.

    Buang semua pikiran-pikiran lain yang dapat menghambat kamu berpikir saat mengerjakan tugas. Dengan fokus menyelesaikan satu tugas, kamu bisa beralih ke tugas lainnya dan membuat waktu kerjamu menjadi lebih cepat selesai.


    4. Jangan lupa, motivasi diri sendiri




    Pastinya, saat mengerjakan semua tugas jangan lupa untuk memotivasi diri sendiri karena dalam sebuah pekerjaan, tentunya kamu akan menghadapi berbagai rintangan yang tak terduga dan bisa memengaruhi kinerjamu.



    Ketika kamu sudah dapat memotivasi diri sendiri, kamu bisa menjadi lebih semangat dalam menyelesaikan serta memotivasi orang-orang yang ada di sekitarmu.


    5. Tentukan batas waktu bekerja




    Jangan lupa untuk selalu menentukan batas waktu kamu dalam bekerja! Cara ini akan membantu kamu menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih maksimal. Poin positif lainnya, batas waktu juga akan membantumu melatih tanggung jawab terhadap sebuah pekerjaan.


    6. Luangkan waktu istirahat




    Pekerjaan yang menumpuk dan harus diselesaikan membuat tidak ada waktu untuk kamu beristirahat. Namun, cobalah luangkan waktu untuk beristirahat sekitar 15 menit untuk menyegarkan pikiranmu.

    Gunakan waktu istirahatmu untuk meregangkan badan atau sekedar ngemil makanan yang kamu sukai. Setelah segar, kamu bisa kembali melanjutkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Hindari terlalu lama beristirahat karena akan membuat kamu merasa malas melanjutkan pekerjaanmu.


    Semakin kamu pintar dalam mengatur waktu bekerja maka kamu akan semakin produktif dan efektif dalam bekerja yang nantinya kamu juga akan puas dengan hasil pekerjaanmu karena terselesaikan secara maksimal. Fighting!


    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Andrea Piacquadio by Pexels, Photo by cottonbro on Pexels, Photo by bruce mars on Unsplash, Photo by Ivan Samkov by Pexels, Photo by Brooke Cagle on Unsplash, Photo by Tran Mau Tri Tam on Unsplash, Photo by Ivan Oboleninov on Pexels)