Celebrity

K-pop Generasi ke Generasi. Kamu di Generasi ke Berapa, Nih?

  by: Redaksi       27/3/2022
  • Musik dari tahun ke tahun berkembang dengan begitu cepat, tidak terkecuali k-pop. Dimulai dari tahun 90an, rupanya k-pop telah mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dari masa ke masa. Hal ini tidak terkecuali bagaimana grup dibentuk ataupun konsep yang dirilis oleh masing-masing agensi. Dari yang awalnya sulit diterima oleh masyarakat setempat, kini musik-musik yang beredar kian variatif. Tak hanya menduduki tangga lagu, beberapa di antaranya justru viral karena penggemar.

    Dan, semakin banyak ragam grup, genre lagu, maka semakin banyak juga penggemar menyukai musik asal Korea Selatan ini. Dimulai dari generasi pertama hingga yang menjadi perdebatan hingga kini, generasi 4, k-pop tidak hanya dikenal di kalangan komunitas penggemar saja, tetapi juga masyarakat awam.




    treasure-kpop


    Cosmo sudah mengumpulkan perkembangan k-pop dari generasi ke generasi, nih! Kamu kenal k-pop sejak generasi ke berapa, Cosmo Babes?


    Generasi 1

    Generasi pertama di k-pop dimulai pada awal tahun 1990-an hingga 2000-an. Pun, Seo Taiji and Boys yang lagu debutnya berjudul "I KNOW" dikenali sebagai musik pop baru yang mengikutsertakan gaya pop barat rupanya mengubah bagaimana musik yang ada di Korea Selatan. Seperti membuka jalan kepada musisi lain untuk mencoba gaya baru dalam bermusik, style performa mereka, koreografi, bahkan cara menggubah lagu.




    Dan setelah lebih mudah diterima dengan genre baru, kebanyakan lagu yang dirilis pada generasi ini kemudian berubah menjadi pop dan hip-hop. Grup-grup yang dikenal dalam generasi ini hingga kini pun masih berkarya, bahkan sempat melakukan reuni, dan karya-karyanya kerap dibawakan oleh grup terkini, lho! Apa kamu pernah dengar Shinhwa, S.E.S, Sech Kies, Turbo, G.O.D, Fly to the Sky, H.O.T. Rain, Lee Hyori, termasuk BoA, Cosmo Babes? Yap! Mereka adalah sederetan nama musisi di generasi pertama k-pop yang lagu-lagunya tidak lekang oleh waktu.




    Generasi 2

    Generasi kedua dalam k-pop ini dimulai sejak tahun 2003 ketika TVXQ melakukan debutnya dan membawa generasi baru ke grup k-pop di waktu itu. Yang kemudian diikuti oleh BIGBANG, Super Junior, Wonder Girls, Girls' Generation, 2NE1, dan SHINee. Setelahnya, grup-grup seperti 2PM, 2AM, f(x), SISTAR, Epik High, T-ARA, KARA, After School, 4minute, Brown Eyed Girls, Miss A, UKISS, SS501, hingga Secret terus bermunculan sebagai bukti bahwa k-pop mulai diterima bukan hanya di dalam Korea Selatan saja, tetapi juga perlahan menduduki tangga lagu internasional.





    Dalam lingkar waktu ini, Hallyu atau the Korean Wave juga akhirnya meluas, tidak hanya di Korea, tetapi juga Asia hingga Australia. Keunikan yang dimiliki tiap grup, koreografi yang semakin beragam. melodi yang juga semakin variatif, serta lirik yang mencuri hati banyak pendengar, bahkan membuat lagu ballad serta lagu-lagu mellow diminati dan kian banyak pendengar. 





    Walau begitu, meski melodi yang terdapat dalam lagu termasuk lambat, k-pop tidak pernah mengecewakan dalam koreografi serta performances mereka. Aspek yang krusial dalam industri ini. Namun, tidak tahu persis kapan generasi ini berakhir. Nah, apa kalian kenal lagu-lagu di generasi ini, Cosmo Babes?






    Generasi 3

    Sedangkan untuk generasi 3 sendiri dimulai pada tahun 2011. Banyak orang mengatakan era ini berhenti di tahun 2018, tetapi lainnya juga mengatakan bahwa generasi ini masih ada hingga 2020 lalu. Namun, yang pasti dari generasi ketiga ini adalah bagaimana grup-grup yang debut pada rentang waktu tersebut tampak semakin kreatif, ekspresif, bahkan berani saat menyampaikan konsep atau lirik yang mengandung pesan tersendiri. Musik pada generasi ini pun sudah berubah cukup banyak; dikombinasikan dengan musik techno, rock, ada genre ballad juga, dan lain sebagainya.









    Setiap agensi pada generasi ini menjadi lebih terbuka dalam merencanakan satu grup dengan kewarnageraan dan etnis yang beragam; tidak seperti sebelumnya di mana kebanyakan anggota grup harus didominasi oleh anggota dengan kewarganegaraan Korea Selatan. Grup yang masuk dalam generasi ini bukan hanya EXO dan BTS, lho! Tetapi juga ada nama-nama lain yang pasti tak asing, seperti NU'EST, TWICE, GOT7, B.A.P, Blackpink, Red Velvet, G-Friend, dan masih banyak lainnya.

    Era ini terus berkembang dan memberikan dampak semakin nyata dalam industri musik k-pop; baik secara musik atau lagu yang dirilis, koreografi yang semakin signifikan gerakannya, hingga performa yang luar biasa.






    Generasi 3.5? Generasi 4? 

    Meski masih jadi perdebatan tentang ini, rupanya banyak penggemar yang sulit setuju lho, bahwa generasi di k-pop sudah berganti dari 3 ke 4. Pun, tidak sedikit yang mengaku bahwa grup yang debut belakangan ini memasuki era baru, karena k-pop sudah jauh lebih mudah diterima secara global dan setiap grup yang debut mempunya kemungkinan untuk mempromosikan grup di luar Korea Selatan, bahkan Asia.






    Meski begitu, yang sulit menerima ini rupanya pun punya alasan sendiri, seperti mempercayai bahwa generasi ketiga masih mendominasi, maka grup yang debut setelah tahun 2018 seharusnya masuk dalam kategori generasi 3.5. Dan, nama-namanya pasti sudah tidak asing lagi karena media sosial belakangan juga diwarnai oleh karya-karya mereka, seperti Stray Kids, ITZY, ATEEZ, TREASURE, TXT, ENHYPEN, LOONA, AESPA, dan masih banyak lagu. Nah, apakah kamu mengenal k-pop dari era ini, Cosmo Babes?




    Images: Dok. Youtube SM Entertainment, JYP Entertainment, 1theK, TREASURE

    Teks: Saca F.