Career

Iri Lihat Teman Sekantor Lebih Sukses? 3 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui

  by: Redaksi       28/3/2022
  • Siap atau tidak siap, dunia kerja penuh dengan persaingan. Berhasil memenuhi bahkan melampaui target yang diberikan perusahaan tentu adalah hal yang membanggakan. Apalagi jika kemudian diangkat naik jabatan.

    Namun bagaimana bila yang berada di posisi tersebut adalah rekan kerja kita? Akui saja kadang berat untuk ikut berbahagia dengan kesuksesan orang lain. Apalagi jika sudah berusaha maksimal namun tetap gagal.

    “Kita berpikir hal yang negatif tentang diri sendiri, karena menganggap kesuksesan orang lain sama dengan kegagalan yang kita alami,” ujar Dr. A.J. Marsden, seorang psikolog organisasi dan asisten profesor di Beacon College, Leesburg, Florida seperti dikutip dari Fast Company.



    Iri akan kesuksesan orang lain adalah hal yang wajar. Namun yang perlu diwaspadai rasa iri ini bisa jadi pemicu gangguan kecemasan, depresi, dan kemarahan. Hingga kesuksesan orang lain dianggap jadi ancaman terhadap karier.

    Meski begitu ada sejumlah mindset yang bisa kita tanamkan untuk menjadikannya motivasi.


    Fokus Pencapaian Diri Sendiri Bukan Orang Lain


    Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah sesuatu yang kadang tidak bisa kita cegah. Namun jangan lupa juga untuk menganalisis pencapaian diri sendiri. Coba amati dan ingat kembali pencapaian yang sudah kamu raih. Bahkan hal yang anggap kamu sepele atau tidak signifikan jika diamati dari perspektif yang berbeda, bisa jadi hal bisa membantu menaikkan kepercayaan dirimu. Sekaligus jadi bukti nyata bahwa kamu pun bisa berprestasi.

    Pemetaan untuk Mencapai Goal


    Rasa iri akan prestasi rekan kerja bisa kamu jadikan sebagai motivasi sekaligus evaluasi. “Iri memberikan informasi hal yang penting untuk kita,” terang Catherine Shea, assistant professor of organizational behavior and theory di Carnegie Mellon University seperti dikutip dari Fast Company. Jadikan bahan pemetaan strategi yang tepat untuk ke depannya.

    Tentukan Definisi Suksesmu




    Setiap orang memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Ada yang ingin naik jabatan dalam waktu kurang dari 2 tahun. Atau ada yang hanya ingin bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum jam pulang. And there’s nothing wrong with these. Sudah saatnya kamu yang menentukan sendiri arti sukses tanpa harus melihat pencapaian orang lain. “Kamu akan merasa sukses jika kamu menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai yang kamu pegang. Jika tidak, seberapa besar pencapaian yang kamu raih kamu tidak akan pernah puas,” ujar Sara Kurburic seorang psychotherapist dan peneliti akademis dari Kanada seperti dilansir dari Greatist.

    Remember Cosmo Babes, you’re good and enough. Jika kamu merasa sudah di titik cemas dan depresi, jangan ragu untuk menghubungi bantuan profesional ya.

    (Malcolm Rei/Freepik-fxquadro/freepik-fabrikasimf /freepik-lookstudio)



    tags: karier