Fashion

Gaun Pengantin Para Putri Kerajaan yang Stylish dan Mewah

  by: Redaksi       29/3/2022
  • Selain selebriti para bangsawan dan putri kerajaan juga jadi sosok lain yang berpengaruh di dunia fashion. Terutama dalam hal model gaun pengantin. Ekspektasi tinggi publik akan tampilan seorang putri kerajaan di hari pernikahannya memang tidak terlepas dari cerita dongeng di mana hari pernikahan yang megah dan tampilan karakter putri terlihat anggun jadi penutup cerita yang indah.

    Berikut sejumlah gaun pengantin para bangsawan dan putri kerajaan paling stylish.

    Kate Middleton






    Tentu membahas gaun pengantin keluarga kerajaan di era milenium ketiga tak lengkap bila tak dimulai dari Kate Middleton. Melangsungkan pernikahan dengan Pangeran William pada tahun 2011, Kate memakai gaun lengan panjang rancangan Sarah Burton untuk label Alexander McQueen. Sebelum Kate, gaun pernikahan lengan panjang kala itu kurang begitu populer. Namun setelahnya, model ini pun langsung kembali jadi referensi para calon mempelai hingga sekarang ini.

    Putri Diana



    Merupakan salah satu gaun pengantin paling berpengaruh. Putri Diana terlihat elegan dan mewah memakai kreasi rancangan David dan Elizabeth Emanuel di hari pernikahannya dengan Pangeran Charles pada tahun 1981. Selain desain puff sleeves yang ikonis terdapat sejumlah detail menarik pada gaun ini. Dilansir dari Royal UK, terdapat detail berupa bordir, sequins, dan 10 ribu mutiara membentuk motif hati. Dan disematkan pula sebuah tapal kuda emas 18 karat pada petticoats sebagai simbol pembawa keberuntungan.

    Grace Kelly



    Sebelum Kate Middleton, mendiang Grace Kelly jadi yang mempopulerkan gaun pengantin lengan panjang, kala melangsungkan pesta pernikahan dengan Pangeran Rainier III dari Monako pada tahun 1956. Gaun tersebut merupakan rancangan penata kostum Helen Rose yang bekerja untuk perusahaan film MGM. Serta jadi hadiah pernikahan dari MGM untuk sang aktris.

    Putri Charlene dari Monako



    Gaun pengantin model off-shoulder jadi pilihan Charlene Wittstock di hari pernikahannya bersama Pangeran Albert II dari Monako, putra dari Grace Kelly, pada tahun 2011. Giorgio Armani jadi desainer yang dipercaya untuk merancang gaun ini. Laman Town & Country melansir bahwa gaun ini berhiaskan 40 ribu kristal Swarovski, 20 ribu mother of pearl teardrop, dan 30 ribu batu emas.

    Countess Stephanie of Luxembourg





    50 ribu mutiara, 80 ribu kristal transparan, dan train hampir 4 meter! Well wajar jika gaun pengantin Countess Stephanie of Luxembourg jadi salah satu yang mencuri perhatian. Gaun tersebut merupakan rancangan Elie Saab.

    Meghan Markle



    It’s all about the neckline. Gaun rancangan Clare Waight Keller, yang kala itu masih menjabat sebagai creative director Givenchy, untuk Meghan Markle di hari pernikahannya dengan Pangeran Harry mencuri perhatian lewat desain yang bernuansa minimalis. Meski terlihat ‘sederhana’ namun terdapat detail menarik pada bagian veil berupa bordir membentuk bunga dari 53 negara anggota persemakmuran.

    Teks: Malcolm Rei/Foto: dok.Instagram