Love & Sex

Ini 6 Cara Mengurangi Rasa Clingy ke Pasangan

  by: Redaksi       30/3/2022
  • Dalam hubungan percintaan, terkadang kamu bisa sangat clingy alias selalu ingin bersama-sama di mana pun dan kapan pun dengan si dia. Terlihat romantis, namun nyatanya terlalu menempel dan bergantung pada pasangan bisa membuat si dia merasa risih, lho!

    Jika kamu cenderung tak memberikan ruang kebebasan untuk pasangan seperti beraktivitas dengan teman-temannya atau selalu cemburu, maka itu salah satu pertanda kamu sangat clingy. Well… sebelum hubunganmu berujung complicated, ada baiknya mulai mengubah perilakumu itu.

    Berikut, ada 6 cara untuk mengurangi rasa clingy pada pasanganmu:




    1. Cobalah percaya pada pasanganmu





    Seseorang yang menjadi clingy bisa saja dikarenakan mereka memiliki trust issue di masa lalu, sehingga kini ia tak mudah percaya dengan seseorang dan selalu meminta kepastian dari pasangannya.

    Kalau kamu memiliki trust issue, coba belajarlah untuk move on dari masa lalu tersebut. Karena kepercayaan merupakan kunci untuk menjaga sebuah hubungan. Biarkan pasanganmu tetap memiliki ruang bebasnya agar ia tak merasa terkekang.


    2. Tingkatkan kepercayaan dirimu




    Rasa clingy juga bisa muncul karena kamu merasa insecure dengan dirimu sendiri. Kamu merasa takut diabaikan oleh pasanganmu karena pikiran negatifmu yang selalu muncul di kepalamu.

    Mulailah membangun kepercayaan dirimu sendiri, girls! Dengan demikian kamu akan lebih percaya diri dan memiliki prinsip sehingga mengurangi sikap clingy kepada pacar.

    Kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan banyak hal misalnya: menambah skill diri, memperbaiki penampilan, berolahraga agar lebih sehat, serta bertemu dengan teman baru.


    3. Saling terbuka




    Saling terbuka satu sama lain bisa membantu untuk mengurangi rasa clingy-mu pada pasangan. Cobalah untuk saling bertukar cerita dan menjelaskan apa yang sedang dirasakan, agar pasangan mengerti dan tahu harus berbuat apa. Terlalu memendam segala hal sendirian hanya akan membuat hubungan percintaan menjadi berat sebelah.


    4. Fokus pada diri sendiri




    Luangkan waktu untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri. Memiliki waktu untuk me-time bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa clingy.

    Menggantungkan kebahagiaanmu pada pasangan hanya akan membuat hidupmu tak bahagia. Cobalah belajar mandiri dan bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri.


    5. Mencoba cari kegiatan atau teman baru




    Terkadang, seseorang menjadi clingy karena mereka tak punya kegiatan dan teman selain bersama pasangannya,

    Kamu juga bisa mencari kesibukan atau kegiatan baru untuk tidak hanya fokus pada pasanganmu saja. Keluarlah dari rumah dan lihat orang-orang di sekitarmu, banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti berolahraga di taman atau hangout bersama teman.


    6. Belajar mengurangi rasa takut dan cemas




    Jika kamu sering merasa cemas dan takut lalu kamu mencari pacar dengan tujuan untuk meredakannya, ini bisa membuat pasanganmu merasa bertanggung jawab atas kebahagiaanmu. Habit kamu satu ini juga bisa membuatnya tertekan.



    Mari belajar mengatasi cemas dan takut sendirian. Sebab terkadang apa yang kamu khawatirkan sebenarnya belum tentu terjadi kok. Dan apabila yang kamu rasakan benar-benar menganggu, mintalah bantuan profesional dalam menangani rasa takut atau kecemasan tersebut.



    (Margaretha Gabriella Ayudityas/ GIO / Images: Photo by Ryan Holloway on Unsplash, Photo by Emma Bauso on Pexels, Photo by Andrea Piacquadio on Pexels, Photo by Christin Hume on Unsplash, Photo by Jackson David on Unsplash, Photo by Elevate on Unsplash, Photo by cottonbro on Pexels)